Training Tips | FITNESS | 11 months ago
10 Alasan Lari Lebih Baik Daripada Gym
Lebih suka menghabiskan waktu di gym daripada melaju dan menjejakkan kaki di tanah? Inilah alasan yang mungkin bisa membuat Anda ingin menjadi pelari.
16 November 2017 05:37
Text by Astri Suciati

Kita menyukai gym. Kita menyukai latihan kekuatan dengan dumbel atau barbel dan mesin latihan. Dan ada banyak alasan mengapa Anda harus melakukannya, apakah Anda ingin membangun otot, meluruhkan lemak dan kalori, atau hanya meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tapi, ada banyak manfaat khusus berlari yang membuat alasan yang cukup kuat bagi setiap orang untuk mempertimbangkan menjadi pelari, dari manfaat estetis hingga menunjang kondisi mental. Sementara kami tidak mengatakan bahwa Anda harus keluar dari gym, kami mengatakan bahwa Anda harus mempertimbangkan untuk berlari juga. Inilah 10 alasannya.

 

Berlari dapat membantu Anda hidup lebih lama

Pelari hidup lebih lama dari mereka yang tidak berlari. Dalam satu studi Archives of Internal Medicine, para peneliti mengikutsertakan sekitar 1.000 orang dewasa (usia 50 dan lebih tua) selama 21 tahun. Pada akhir penelitian, 85 persen pelari masih hidup dan bersemangat, sementara hanya 66 persen non-pelari yang masih hidup.

 

Berlari bisa membuat Anda bahagia dan bersemangat

Penelitian mendukung bahwa berlari membuat bahagia adalah benar adanya. Termasuk satu studi yang diterbitkan di Experimental Technology, menunjukkan bahwa ketika kita berlari, otak kita memompa keluar endocannabinoids, molekul mirip ganja yang membuat pelari tetap bahagia - dan ketagihan.

 

Berlari tidak memerlukan perjalanan pulang-pergi

Tentu, latihan olahraga Anda mungkin hanya membutuhkan waktu satu jam, tapi perjalanan ke dan dari gym memakan waktu 30 menit misalnya. Sedangkan jika berlari, begitu Anda keluar dari pintu depan rumah Anda, Anda bisa langsung berlari. Lagi pula, Anda menghabiskan cukup banyak waktu Anda di mobil. Terlebih lagi: Berlari bisa menjadi perjalanan pulang-pergi Anda!

 

Berlari dapat melawan perut buncit

Seiring bertambahnya usia, lemak bisa saja memiliki cara untuk menempelkan diri ke perut Anda. Namun, dalam satu studi Medicine & Science in Sports & Exercise yang melibatkan lebih dari 100.000 pelari, mereka yang berlari 56 km atau lebih per minggu memperoleh bobot lebih sedikit di perut mereka selama tahun-tahun pertengahan usia mereka daripada mereka yang berlari kurang dari 14 km.

 

Berlari bisa membantu Anda mendapatkan Vitamin D

Tubuh manusia mendapatkan sebagian besar vitamin D dari paparan sinar matahari, tapi karena orang menghabiskan seluruh waktunya di dalam rumah, nah, Anda tahu bagaimana kelanjutannya. Itu menjelaskan mengapa banyak orang kekurangan vitamin D. Berolahraga lari di luar dapat membantu meningkatkan mood Anda untuk mencegah depresi, mencegah diabetes tipe 2, dan menguatkan tulang Anda.

 

Berlari membakar kalori

"Olahraga latihan beban rata-rata satu jam di gym membakar sekitar 300 kalori. Berlari khusus selama berjam-jam membakar sekitar dua kali lipatnya," jelas pelatih pribadi bersertifikat dari American Council on Exercise, Tammie Dubberly, yang juga seorang pelatih lari di Whole Body Fitness di Portland, Oregon. Sementara itu, dalam sebuah studi dari Medical College of Wisconsin dan VA Medical Center, para peneliti menemukan bahwa treadmill (yang digunakan pada tingkatan yang "keras") membakar rata-rata 705 sampai 865 kalori dalam satu jam. Stair-climber, rower, dan stationary bike semuanya membakar jauh lebih sedikit kalori.

 

Berlari tidak memerlukan banyak peralatan

Jika Anda punya sepatu, celana pendek, dan kaos, Anda bisa mulai berlari. Anda tidak bisa seperti itu pada latihan lainnya. Tidak ada mesin, dumbel, atau bahkan tidak membutuhkan alas lantai.

 

Anda bisa berlari ke mana saja

Berlari akan membawa Anda lebih jauh dari pada ruangan gym Anda. Anda bisa berlari ke mana saja di dunia ini. Bahkan ada perlombaan lari sungguhan di Antartika dan Gurun Sahara. Oke, kebanyakan orang tidak akan pergi sejauh itu. Tapi pergi di akhir pekan tidak akan mengacaukan rutinitas latihan Anda.

 

Anda bisa lari kapan saja

Jalur untuk lari selalu terbuka. Entah Anda ingin berolahraga jam 2 siang atau 2 pagi, Anda bisa melakukannya, kata Erik Moen, P.T., pendiri Corpore Sano Physical Therapy di Washington.

 

Anjing Anda bisa berlari bersama Anda

Anjing biasanya tidak diperbolehkan di gym. Tapi mereka berguna saat di rumah sebagai teman berlari Anda. Mereka bahkan memiliki senyawa berbahan bakar endocannabinoid yang membuat pelari bahagia, serupa dengan pemilik mereka, menurut penelitian dari University of Arizona.