Health Advice | HEALTH | 1 year ago
10 Alasan Mengapa Anda Selalu Lelah
Berusaha keras untuk bisa bangkit dari kasur di pagi hari? Hal ini bisa menjadi penyebab anda tidak menyangka bahwa sebenarnya kesulitan tersebut bisa ditangani dengan sangat mudah.
07 September 2017 17:18
Text by Astri Suciati

Stress

Kita semua tahu percis bahwa keadaan stress bisa membuat kita mudah lelah, namun beberapa penelitian pun menunjukan bahwa terlalu banyak baring dengan keadaan terlentang pun bisa membuat anda cepat lelah. Secara singkatnya, keadaan stress bukan hanya merangsang, namun juga meningkatkan sistem imun. Cobalah lakukan kegiatan yang keluar dari zona nyaman anda.


Telinga mendengung

Beberapa peneliti dari Swedia menemukan sebuah fakta bahwa menggunakan telepon genggam sebelum pergi tidur bisa menggangu jam tidur anda dan mengurangi waktu tidur nyenyak anda. Profesor Dleyn Barlett menyarankan untuk jauhi barang elektronik dari kasur anda.


Deihidrasi

Dehidrasi bisa mengurangi volume darah anda, mebuat jantung anda bekerja lebih keras dan akan membuat anda menjadi letih. Dr. Simon Floreani mengatakan bahwa anda seharusnya meminum 3 liter air setiap harinya.


Kehilangan keseimbangan

Allan Mourad, seorang direktur The Wellness Club mengatakan bahwa disaat tubuh anda kehilangan keseimbangan, hal ini akan membuat anda menjadi stress. Area stress tersebut akan menekan hati dan ginjal dan menyebabkan kekeringan. Jadi pastikan gaya hidup anda sehat.


Hati tidak bekerja dengan baik

Seorang ilmuan dan naturopath, Annalies Corse mengatakan bahwa hati yang tidak bekerja dengan baik bisa menyebabkan keletihan tanpa sebab. Hati adalah orang detoksifikasi utama dalam tubuh kita. Jika bagian tersebut bekerja secara tidak baik atau berlebihan, tubuh anda akan terasa lambat, pegal dan juga lesu. Makanan yang bisa membuat liver anda menjadi lebih baik adalah artichokes, bit, brokoli, bawang putih dan bawang merah.


Kekurangan vitamin C

Corse mengatakan bahwa vitamin C sangatlah penting disaat anda letih, dan kekurangan vitamin C bisa menyebabkan anda stress dan juga sakit. Kelenjar andrenal bekerja sebagai bagian yang bisa mengurangi stress, namun bagian tersebut membutuhkan vitamin C untuk menyembuhkan keletihan dan stress tersebut. Jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 45 miligram (60 miligram untuk ibu hamil dan 85 miligram untuk ibu menyusui.) Makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah apel, brokoli, telur ikan, asparagus, cabai, bunga kol, sayuran berwarna hijau gelap dan juga tomat. Sebagai contoh, konsumsilah satu pisang (10.3 miligram), satu apel (12 miligram), dan satu tomat (25 miligram) setiap harinya.


Anda perlu magnesium

Corse mengatakan bahwa kekurangan magnesium adalah salah satu pertanda akan kekurangan nutrisi dan menjadi salah satu penyebab sindrom mudah lelah. Kandungan magnesium pada tubuh bisa habis dengan terlalu banyaknya asupan alkohol dan obat kontrasepsi. Orang dewasa memerlukan 320 sampai 420 miligram magnesium setiap harinya. Cobalah untuk mengkonsumsi kacang Brazil (107 milligram), 100 gram tuna (64 miligram), segelas yoghurt polos (42 miligram), setengah gelas brokoli (16 miligram), jagung (31 miligram) dan segelas kacang hijau (99 miligram)


Jam pada alarm anda salah

Profesor Barlett mengatakan bahwa memiliki waktu bangun tidur di jam yang sama jauh lebih penting dari pada jam anda pergi tidur. Hal ini lah yang menyebabkan anda merasa pusing apabila terbangun satu jam lebih lama di hari weekend. Waktu bangun tidur paling ideal, menurut penelitian adalah pukul 7:22 AM.


Kelenjar tidak berfungsi dengan baik

Kelenjar anda mempengaruhi sistem kerja metabolisme (jumlah pembakaran makanan pada tubuh anda). Jika anda lelah, sensitif pada cuaca dingin, pelupa dan mudah naik berat badan, anda perlu melakukan cek thyroid atau kelenjar pada dokter.


Latihan terlalu keras

Pete Tansley mengatakan bahwa latihan bisa mengurangi serotonin dan adenosin, yang bisa mempengaruhi waktu tidur anda. Terlalu sedikit berlatih memiliki efek yang buruk, namun terlalu banyak berlatih, terlebih lagi pada malam hari, bisa menyebabkan stress pada level yang tinggi. Latihan bisa mengurangi hormon cortisol dan menyebabkan keletihan. Kurangi mengkonsumsi alkohol dan lakukan latihan secara teratur agar waktu tidur anda tidak terganggu.


Letih secara berlebihan? Bisa jadi itu karena….

  • Sindroma mudah letih yang sudah akut

Jika anda sering berkeringat tanpa melakukan apapun dalam jangka waktu lebih dari 6 bulan, anda perlu mengecek GP anda. Dr. Ronald McCoy, representatif untuk Royal Australian College of General Practitioners menambahkan bahwa gejala lainnya dari penyakit ini adalah sakit tenggorokan, sakit pada otot dan juga sakit kepala.


  • Penyakit coeliac

Cobalah untuk pastikan bahwa gejala tersebut bukanlah gejala coeliac, karena gejala ini sering disalah artikan sebagai penyakit mudah letih pada level akut.


  • Anemia

Dr. McCoy mengatakan bahwa penyakit anemia muncul disaat level hemoglobin pada sel darah merah turun dibawah normal. Hal ini mengakibatkan tubuh anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan oksigen masuk ke dalam oragn. Cobalah untuk cek dengan mengikuti tes darah.


  • Depresi

Salah satu gejala dari depresi adalah keletihan pada level yang tinggi. Cobalah untuk berkonsultasi dengan GP anda atau konseling yang mengerti akan penyakit depresi.


  • Apnoea

Apakah anda mendengkur setiap malam? Apnoea terjadi disaat anda berhenti bernafas dan dinding pada tenggorokan anda menyempit di waktu yang bersamaan, lalu menutup akses keluarnya udara—hal ini adalah faktor paling besar akan keletihan. Hal ini pun tidak dipengaruhi dengan berapa jam anda tidur. Anda bisa mengecek gejala ini di klinik terdekat.