Health Advice | HEALTH | 1 year ago
10 Alasan Mengapa Banyak Orang Mencintai Lavender
TIDAK HANYA WAJAH CANTIK, TUMBUHAN INI MENAWARKAN BANYAK MANFAAT KESEHATAN.
25 October 2017 21:06
Text by Webmaster

Lavender adalah sang bintang dalam dunia herbal. Dianggap sebagai salah satu tumbuhan paling bermanfaat dan serbaguna untuk terapi dan pembuatan kosmetik, rahasia kuno lavender telah terungkap. Berikut ini sepuluh alasan untuk mencintai lavender.


MEREMAJAKAN KULIT

Khasiat antiseptik dan anti-jamur dalam lavender telah digunakan untuk perawatan masalah kulit yang menggangu selama berabad-abad. Mereka membantu menghilangkan jerawat, mencegah regenerasi jaringan, meredakan penyakit kulit kronis, dan membantu pembentukan jaringan bekas luka. Mengandung tingkat linalool yang tinggi, para naturopath memanfaatkannya untuk menyembuhkan luka, luka sayatan, luka bakar, dan luka akibat terbakar matahari.


MENGUATKAN RAMBUT

Rambut mengkilat dan kantung rambut yang kuat dapat dimiliki dengan melakukan pijat secara teratur menggunakan minyak lavender. Lavender banyak ditemukan di produk perawatan rambut karena mampu menyeimbangkan minyak di kulit kepala dan meremajakan rambut dari akar hingga ujungnya. Penelitian membuktikan bahwa lavender dapat membantu menumbuhkan kembali rambut akibat Alopecia Areata, masalah rambut rontok yang mengakibatkan kegundulan separuh.


MENGHILANGKAN SELULIT

Kaki yang cantik dapat didapatkan dengan sedikit kekuatan bunga. Lavender meningkatkan sirkulasi darah, menyehatkan kulit, mencegah bekas garukan, dan menghilangkan pengendapan zat cair yang mengakibatkan selulit.


MEREDAKAN KECEMASAN DAN INSOMNIA

Fakta ilmiah berpendapat bahwa aromaterapi berbahan lavender sangat efektif untuk menenangkan sistem saraf sama seperti obat penenang. Ia juga meningkatkan ketenangan dan kualitas tidur, dan bahkan digunakan oleh herbalis untuk meredakan ketidakstabilan emosi dan depresi.


MERINGANKAN SAKIT KEPALA DAN RASA SAKIT

Lavender dikenal di kalangan aromaterapis sebagai minyak untuk meredakan rasa sakit. Pijatan yang lembut dengan olesan minyak lavender tidak hanya menghilangkan ketegangan tubuh, tetapi juga efektif untuk menghilangkan sakit kepala, otot lelah, sakit sendi, rematik, dan keseleo.


MEMBANTU MENGHILANGKAN MASALAH PERNAFASAN

Jangan lagi menghabiskan malam Anda tanpa tidur karena batuk. Lavender meredakan kejang otot, melawan infeksi, mengurangi rasa sakit, dan yang terpenting membantu Anda tertidur. Lavender secara luas digunakan untuk berbagai masalah pernafasan termasuk batuk, infeksi tenggorokan, asma, sinusitis, bronchitis, batuk berdahak, dan radang tenggorokan.


MELANCARKAN PENCERNAAN

Perut Anda memiliki banyak saraf seperti otak sehingga tidaklah mengejutkan jika lavender dapat menenangkan sistem pencernaan seperti ia dapat menenangkan pikiran. Sebagai antipasmodik dan zat penenang, lavender berfungsi menghilangkan kram perut dan juga melancarkan pencernaan dengan merangsang produksi asam lambung dan empedu.


MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Menggunakan minyak lavender secara teratur terbukti dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit dengan menurunkan laju hormon stress kortisol. Kortisol menurunkan daya tahan tubuh Anda, yang membuat Annda lebih mudah terkena pilek dan flu saat menghadapi tekanan.

Minyak lavender tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui.


MENYEGARKAN DAN MENENANGKAN

Harum lavender memberikan rasa tenang. Penelitian menunjukkan bahwa lavender memiliki efek menenangkan ketika dihirup. Produk-produk yang mengandung lavender seperti Natural Instinct Baby Bath Wash sangat baik untuk menenangkan bayi.