Health Advice | HEALTH | 1 year ago
10 Cara Mengatasi Diabetes
MARI MEMBACA TIPS TERBAIK UNTUK MENGATASI MASALAH SERIUS INI.
07 November 2017 20:49
Text by Webmaster

Sekitar satu dari 12 orang dewasa Indonesia hidup berdampingan dengan diabetes. Sebuah buku baru, The Diabetes Diet and Lifestyle Plan, menawarkan cara-cara mudah untuk mencegah dan mengatasi kondisi ini.

MEMBUAT POLA MAKAN SEHAT

Pola makan Anda haruslah melibatkan makanan rendah indeks glikemik; roti dan sereal kaya serat; makanan berprotein rendah lemak seperti daging rendah lemak, tahu, kacang-kacangan; dua porsi buah-buahan dan lima porsi sayuran; dan yang mengadung lemak sehat seperti minyak sayur, kacang, biji-bijian, dan alpukat.

MAKANAN RENDAH KARBOHIDRAT

Makanlah makanan sehari-hari dan jagalah penyebaran dari asupan karbohidrat untuk mencegah kenaikan kadar gula darah. Perhatikan simbol GI (Indeks Glikemik) yang dapat ditemukan di makanan sehari-hari seperti roti, sereal, buah-buahan, pasta, dan beras.

BELANJA PINTAR

Sebelum pergi ke supermarket, tulislah daftar belanjaan. Jangan berbelanja ketika Anda lapar dan carilah makanan yang segar. Belanjalah di waktu yang lebih sepi pengunjung, seperti pagi hari sekali atau larut malam sekali, hingga Anda bisa berbelanja lebih tenang dan benar-benar memikirkan apa yang harus Anda beli.

MEMAKAN CEMILAN TIDAK BERLEBIHAN

Batasi konsumsi cemilan Anda di angka 500 kalori atau kurang. Pilihan yang baik adalah buah-buahan, yoghurt rendah lemak, kacang-kacangan, dan roti gandum. Buatlah daftar cemilan sehat dan tempelkan di kulkas hingga Anda tidak akan salah pilih cemilan ketika terburu-buru.

PILIHLAH DENGAN BIJAK SAAT MAKAN DI LUAR

Mengidap diabetes bukan berarti Anda tidak dapat makan di luar selamanya. Anda hanya perlu memilih makanan yang sehat. Menyukai ikan dan keripik? Pesanlah ikan panggang dengan sedikit sajian kentang. Penikmat makanan Itali? Pesanlah hidangan utama dan hindari saus krim atau saus susu. Berbagi makanan pencuci mulut dengan teman Anda.  

KETAHUI SATUAN ALKOHOL ANDA

Rekomendasi untuk orang yang terkena diabetes adalah satu gelas untuk perempuan dan dua gelas untuk pria dalam sehari. Anda juga harus memiliki setidaknya dua hari tanpa alkohol dalam seminggu.

AKTIF

Tambahkan sedikit gerakan dalam aktivitas harian Anda dengan misalnya berjalan mengitari rumah atau berdiri saat berbicara di telepon. Lakukan juga setidaknya olahraga selama 30 menit, lima kali dalam seminggum seperti berjalan, berenang, bersepeda, menari, atau berlari. Kunjungi situs-situs di internet untuk mendapatkan informasi tentang grup fitness dan fasilitas olahraga.

PERIKSA MATA ANDA

Diabetes adalah penyebab terjadinya kebutaan, namun pemeriksaan rutin dapat membantu Anda menjaga pandangan yang baik. Periksa mata Anda setidaknya sekali dalam setahun ke dokter mata dan jangan abaikan jika terjadi sedikit saja perubahan pada daya pandang Anda.

TIDUR CUKUP

Kurang tidur dapat menyebabkan naiknya berat badan dan membuat tubuh sulit mengatur kadar tekanan darah, kolesterol, dan gula. Miliki pola tidur dengan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya, bahkan di akhir pekan sekalipun. Hindari mengkonsumsi kafein lewat dari pukul 2 siang dan jangan menyimpan televisi atau computer di kamar tidur. Kunjungi seorang ahli jika Anda mengidap insomnia.

OTAK HARUS AKTIF

Orang yang mengidap diabetes memiliki resiko terkena demensia lebih tinggi. Jadi, sangatlah penting untuk membuat otak tetap aktif. Bergabunglah dengan klub sosial dan bersosialisasilah agar mental tetap aktif. Lakukan aktivitas yang menantang otak seperti bermain catur, sudoku, atau yang lainnya.