Training Tips | FITNESS | 10 months ago
10 Hal Yang Tidak Harus Dilakukan Pelari Di Tahun Baru
Menetapkan tujuan dan resolusi melibatkan pembuatan daftar semua hal yang akan Anda lakukan sepanjang tahun. Namun, penting untuk mempertimbangkan daftar hal-hal yang tidak seharusnya Anda lakukan juga.
05 January 2018 21:52
Text by Astri Suciati

Menetapkan tujuan dan resolusi melibatkan pembuatan daftar semua hal yang akan Anda lakukan sepanjang tahun. Namun, penting untuk mempertimbangkan daftar hal-hal yang tidak seharusnya Anda lakukan juga.

 

Mulai menghitung kalori

Sementara menghitung kalori bisa menyebabkan penurunan berat badan dalam jangka pendek, itu bukan strategi jangka panjang yang berkelanjutan. Cara terbaik untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat dan makan secara intuitif adalah dengan berfokus pada penambahan pilihan yang lebih sehat daripada menghilangkan makanan (atau kalori) dari makanan Anda.

 

Memutuskan untuk lari maraton karena ingin menurunkan berat badan

Untuk mempertahankan latihan maraton, Anda perlu mengisi bahan bakar pada tubuh Anda dengan benar. Diet sambil berlatih untuk maraton adalah resep untuk gejala overtraining dan potensi cedera.

 

Menyelesaikan tujuan lari tahunan sekaligus

Anda punya daftar untuk tujuan dan resolusi Tahun Baru, mungkin Anda ingin mencapai PR (Personal Record) - rekor pribadi yaitu catatan waktu terbaik Anda dalam perlombaan, atau mencoba trail run atau berlatih untuk maraton pertama Anda. Apapun tujuan lari Anda, selesaikan mereka sepanjang musimnya dan pastikan untuk menyertakan istirahat di antara setiap musim.

 

Mengusahakan PR tanpa latihan yang memadai

Jika PR adalah tujuan Anda untuk Tahun Baru, pastikan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk membangun dasar sebelum menambahkan latihan interval khusus perlombaan. Dan bahkan jika Anda berharap untuk PR dalam jarak yang lebih pendek tidak ada salahnya Anda melakukan lari pelan jarak jauh setiap akhir pekan.

 

Lari sampai sakit dan nyeri kronis

Jika Anda memiliki rasa sakit dan nyeri yang konsisten yang tidak hilang, tidak peduli berapa banyak Anda melakukan peregangan dan menggunakan foam roll maka saatnya untuk melakukan kunjungan ke terapis fisik Anda. Ketegangan kronis sering terjadi sebelum cedera.

 

Peregangan sebelum berlari

Peregangan statis (dimana Anda menahan posisi peregangan selama 20-30 detik) sebelum berlari adalah tidak dianjurkan. Sebagai gantinya, gabungkan pemanasan dinamis sebelum berlari dengan mengayunkan kaki ke depan dan belakang atau ke samping kiri dan kanan, lunge (posisi tubuh dimana satu kaki diposisikan ke depan dengan lutut ditekuk dan kaki rata di tanah sedangkan kaki lainnya diposisikan di belakang), dan lari di tempat sampai tumit menyentuh pantat atau angkat kaki ke belakang ke arah pantat.

 

Mengganti total pilihan sepatu Anda

Dengan begitu banyak pilihan di pasaran dan sepatu baru yang terus dirilis (atau dihentikan produksinya) maka kita bisa dengan mudah mencoba sepatu baru. Jika Anda memang ingin menggantinya, pastikan bahwa mereka memiliki heal-toe drop (selisih antara tinggi sol tumit dan tinggi sol kaki depan) yang serupa, karena beralih dari sepatu yang lebih tradisional ke sepatu minimal bisa menyebabkan cedera.

 

Selalu menjalani rutinitas lama yang sama

Jika Anda berlari dengan jarak yang sama pada hari yang sama setiap minggu dan selalu berpartisipasi dalam lomba yang sama, cobalah mengkombinasikannya. Mendaftarlah untuk perlombaan yang membuat Anda berada di luar zona nyaman Anda atau bergabung dengan klub lari lokal dan temukan beberapa teman baru untuk berlari.

 

Menjadi kritis saat Anda melihat di cermin

Sangat mudah mengkritisi diri kita sendiri, apakah Anda merasa tidak terlihat "cukup fit" atau Anda tidak berlari "cukup cepat" dalam balapan terakhir Anda. Apa pun itu yang mengatakan bahwa Anda tidak cukup saat melihat di cermin, hentikan suara itu dan fokus pada apa yang membuat Anda unik.

 

Menyimpan tujuan dan aspirasi Anda untuk diri sendiri

Bagikan tujuan Anda untuk tahun ini dengan beberapa teman dekat. Bertanggung jawab dan menyuarakan tujuan Anda dengan lantang adalah langkah pertama untuk mewujudkannya.