How To Beauty | BEAUTY | 8 months ago
10 Keadaan Darurat Perihal Kecantikan Dan Cara Mengatasinya
Kami telah mengumpulkan daftar keadaan darurat perihal kecantikan yang paling umum, dan apa yang harus dilakukan bila itu terjadi.
20 February 2018 19:00
Text by Astri Suciati

Entah itu jerawat yang tiba-tiba muncul, maskara yang berantakan, atau saat Anda membentuk eyeliner yang sempurna dan tiba-tiba tangan Anda merusaknya secara tidak sengaja adalah hal-hal yang kadang membuat Anda frustrasi, apalagi jika Anda harus pergi ke suatu acara yang mengharuskan Anda tampil sempurna. Kesalahan dalam menggunakan make-up dan keadaan darurat lain yang menyangkut kecantikan bisa saja terjadi pada diri kita meskipun kita sudah sangat berhati-hati, dan hal-hal seperti itu bisa membuat Anda sangat kesal jika Anda tidak tahu bagaimana menanganinya. Kami telah mengumpulkan daftar yang paling umum, dan apa yang harus dilakukan bila itu terjadi.

 

Maskara yang berantakan

Ok, jadi tangan Anda tidak sengaja bergerak tepat pada saat Anda menarik tongkat maskara Anda menjauh dari bulu mata Anda dan katakanlah maskara sekarang ada di hidung Anda. Jangan panik. Anda mungkin tergoda untuk segera menggosok noda hitam yang mengotori bagian wajah Anda yang terkena maskara, namun menggosoknya pada tahap ini hanya akan lebih memperburuk penampilan. Pilihan terbaik Anda adalah melanjutkan sisa make-up Anda, membiarkan maskara kering, dan kemudian ambil cotton bud yang bersih dan kering. Bersihkan noda maskara dengan lembut sebelum mengoleskan foundation Anda kembali. Sempurna!

 

Lipstik di gigi

Setelah berjam-jam di depan cermin dan yakin bahwa penampilan Anda sudah sempurna, Anda pun meninggalkan rumah dengan percaya diri. Namun tiba-tiba Anda menemukan bahwa ada lipstik di gigi Anda. Untuk menghindari hal ini, ada sebuah trik yang perlu dicoba, yaitu memasukkan jari Anda ke mulut setelah selesai mengoleskan lipstick, dengan kondisi mulut seperti menghisap jari Anda. Setelah Anda mengeluarkan kembali jari Anda, lipstik di bibir bagian dalam akan menempel di jari Anda, sehingga gigi putih Anda bebas dari lipstik. Cuci tangan Anda dan Anda bisa pergi.

 

Bibir kering dan pecah-pecah

Punya bibir yang kering, pecah-pecah, dan tidak punya waktu banyak? Ambil sikat gigi dan lip balm, dan gunakan dengan lembut untuk mengelupas bibir Anda. Bulu sikat gigi akan melepaskan kulit kering dengan lembut, dan lip balm akan membantu mengembalikan kelembaban yang sangat dibutuhkan. Jika Anda dalam keadaan darurat dan tidak ada sikat gigi, waslap juga bisa Anda gunakan untuk melakukan hal serupa.

 

Lelah?

Jika Anda melewatkan tidur dan tubuh Anda merasa lelah, darah beredar ke organ vital, membuat Anda tampak pucat dan mata bengkak. Menambahkan make-up tebal di wajah bisa membuat Anda merasa seperti lapisan cake, jadi hal terbaik yang harus dilakukan saat Anda terlihat seperti zombie adalah fokus pada re-hidrasi. Oleskan pelembab terbaik Anda, gunakan beberapa tetes mata, lip gloss, dan pakailah kacamata hitam.

 

Kulit belang akibat tanning buatan

Jika Anda melakukan kesalahan saat melakukan tanning buatan dan berakhir dengan kaki yang terlihat belang, gunakan sedikit pasta gigi pemutih khususnya di area yang bermasalah. Bagian belakang siku dan tempurung lutut adalah daerah yang cenderung menjadi lebih kering dimana warna tanning buatan melekat, jadi perhatikan bagian ini dan gunakan pasta gigi untuk mengelupas dengan lembut. Elemen pemutih dengan lembut akan menghilangkan kelebihan warna.

 

Serangan jerawat

Jika Anda menemukan jerawat yang tumbuh pada hari dimana Anda harus menghadiri sebuah acara besar, bungkus es batu dengan handuk kecil atau serbet dan tempelkan pada jerawat selama beberapa menit. Jika Anda bisa menahan dingin, gosokkan es batu dengan gerakan melingkar secara perlahan selama beberapa detik setiap jam. Hal ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan, dan membuat area tersebut lebih mudah ditutup dengan concealer.

 

Jika foundation Anda terlalu gelap

Sebaik-baiknya pencahayaan di counter kosmetik, tidak akan sebaik cahaya alami. Jika Anda membawa pulang foundation baru Anda dan menemukan bahwa warnanya terlalu gelap, jangan putus asa dulu. Campurkan sekitar 2/3 foundation dengan 1/3 pelembab di punggung tangan Anda sebelum dioleskan dengan kuas foundation atau beauty blender Anda. Formulanya akan sedikit lebih terang, dan Anda bisa membuatnya sedikit lebih gelap dengan bronzer jika perlu.

 

Cat kuku yang berantakan

Saat Anda memakai cat kuku, terkadang cat kuku Anda bisa berantakan di luar batas garis kuku, terutama saat Anda mengecat dengan tangan yang biasanya tidak Anda gunakan. Jika Anda mengalaminya saat menerapkan cat kuku Anda, jangan dihapus dan memulainya lagi. Sebagai gantinya, cukup celupkan cotton bud ke dalam nail polish remover dan gosok ke bagian di sekitar kuku Anda yang terkena cat.

 

Kehabisan dry shampoo?

Jika Anda terbangun tanpa punya waktu untuk mencuci rambut dan tidak ada dry shampoo, jangan panik. Taburkan beberapa bedak talcum (atau tepung beras) di akar rambut Anda dan pastikan untuk memijatnya dengan baik. Bedak menyerap minyak berlebih dan menjaga rambut Anda sepanjang hari. Jika Anda kehabisan bedak talc, sebagai upaya terakhir Anda juga bisa menggunakan bedak wajah, bedak tabur, bedak translucent untuk menghilangkan sedikit area yang berminyak di bagian depan garis rambut Anda.

 

Gigi yang menguning

Jika Anda adalah peminum teh dan kopi yang rajin, Anda mungkin memperhatikan warna enamel gigi Anda yang berubah menjadi sedikit lebih kuning seiring berjalannya waktu. Ini juga terjadi jika Anda seorang perokok, dan ini bisa menjadi noda yang sulit untuk dihilangkan. Seminggu sekali, celupkan sikat gigi Anda ke dalam soda bikarbonat dan sikat seperti biasa. Soda bikarbonat dengan lembut akan menghapus noda tersebut dan membantu mengembalikan gigi Anda ke warna putih alaminya.