How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
10 Tips Menakjubkan Menurunkan Berat Badan
Kita tidak perlu lagi berdebat mengenai fakta-fakta berikut ini.
17 October 2017 13:57
Text by Webmaster

Munculnya trend dan mode diet yang bisa ditemukan hampir setiap minggunya membuat Kita semakin sulit memiliki cara mana yang sebenarnya paling efektif. Jadi untuk menggali faktanya secara langsung, Kita bisa mencarinya melalui orang-orang yang sudah melakukan penelitian mengenai hal ini selama bertahun-tahun dan hasilnya ada 10 tips cerdas yang bisa Kita gunakan untuk menurunkan berat badan.


Jangan melewatkan sarapan

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting karena penelitian membuktikan bahwa makan siang hari akan membuatmu ingin makan lebih banyak lagi. Jadi usahakan untuk tidak melewatkan sarapan meskipun Kamu tidak terbiasa makan pagi. Konsumsi makanan yang rendah indeks glikemik atau kaya akan protein bisa membuat Kamu merasa kenyang lebih lama.


Minum air putih

Minum air putih sebelum makan mungkin terdengan aneh, tapi penelitian terbaru yang diterbitkan di Journal Obesity menyebutkan bahwa minum beberapa gelas air, kurang lebih 500 ml sebelum makan bisa mencegahmu makan terlalu banyak dan menambah berat badan.


Tulis apa yang kamu makan

Tulis apa yang ingin Kamu makan bisa membantu menurunkan berat badan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Preventative Medicine. Dengan begitu Kamu bisa berusaha memilih makanan yang rendah kalori untuk menjaga berat badanmu.


Hindari makan sambil berjalan

Banyak dari Kita yang terbiasa makan sambil berjalan. Kenapa? Karena seringkali Kita tidak punya waktu untuk duduk dan makan dengan tenang. Ternyata tidak makan sambil duduk bisa membuat berat badanmu bertambah. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan di Journal of Health Psychology, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan sambil berjalan cenderung makan lebih banyak di waktu makan yang berikutnya sehingga berat badan pun bertambah dan resiko obesitas pun meningkat.

Menurut penulis utama penelitian tersebut, Profesor Jane Ogden, hal ini bisa disebabkan karena berjalan dapat secara signifikan menghambat kemampuan tubuh memberikan rasa kenyang dari makanan yang Kita makan. Namun bisa juga ini disebabkan karena berjalan meskipun hanya di sekitar koridor saja, sudah merupakan suatu bentuk olahraga yang pada akhirnya akan membuat Kamu makan lebih banyak nantinya.


Makan yang pedas

Kalau Kamu merasa sudah mencoba berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan namun masih belum merasakan hasil yang signifikan, sudah coba makan yang lebih pedas? Penelitian baru mengungkapkan bahwa cabe dapat mengurangi berat badan dengan cara membuat perut merasa kenyang.

Saat kenyang perut akan melebar dan mengaktifkan saraf-saraf di perut untuk mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa perut sudah kenyang. Makan pedas bisa memicu terjadinya proses tersebut.


Kunyah lebih pelan

Pernahkan Kamu makan sangat cepat sampai Kamu lupa apa yang barusan Kamu makan? Jika iya, saatnya Kamu makan lebih pelan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan lebih pelan bisa membuat kalori yang terserap lebih sedikit dan perut merasa lebih kenyang. Semakin cepat Kita makan, maka semakin sedikit waktu yang tubuh dapatkan untuk merasa kenyang. Coba kunyah makanan sebanyak 10 hingga 20 jali sebelum ditelan. Kamu bisa nggak?


Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup memang mudah dikatakan, namun sulit dilakukan. Akan tetapi kalau Kamu ingin menurunkan berat badan, biasakan untuk tidur yang cukup. Para pengarang Canadian Medical Association Journal mengatakan bahwa tidur merupakan salah satu faktor yang penting untuk menurunkan berat badan jadi perlu ditambahkan ke dalam perencanaan dietmu. Kurang tidur bisa memicu hormone yang mengatur nafsu makan meningkat dan membuat tubuh ingin makan lebih banyak.

Jadi solusi sederhana untuk menurunkan berat badan adalah banyaklah istirahat dan bergerak. Namun untuk para penderita obesitas yang sedang menjalani program penurunan berat badan tidak dianjurkan memperbanyak tidur. Tidur hanya perlu diikutsertakan sebagai salah satu bagian gaya hidup yang sudah diimbangi dengan aktifitas fisik dan diet.


Kurangi stress

Meskipun Kamu sudah makan dengan benar dan berolahraga, stress kronis bisa menghalangi tubuh menurunkan berat badan. Saat Kamu stress, otak mengirimkan sinyal ke sel-sel di tubuh untuk mengeluarkan kortisol, dimana zat ini membuat tubuh memulihkan energy bahkan jika Kamu belum menggunakan banyak kalori. Hal ini tentu saja memicu rasa lapar bahkan rasa ingin makan makanan yang manis.


Konsumsi protein

Menurunkan berat badan bisa dilakukan semudah mengkonsumsi lebih banyak protein. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa protein dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa membuat perut merasa kenyang. Jadi pastikan untuk pilih makanan berprotein.


Kunyah permen karet

Sebenarnya tidak ada bahan khusus di dalam permen karet yang bisa mengurangi lemak di dalam tubuh, tapi permen karet bisa membantu membatasi nafsu makan dengan membuat mulut tetap sibuk. Penelitian juga membuktikan bahwa mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa ingin makan cemilan yang asin dan manis disamping mengurangi rasa lapar diantara waktu makan.