How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 10 months ago
11 Makanan Yang Harus Dimakan Saat Diet Ketogenik
Jika Anda berencana mengikuti diet ketogenik dan tidak tahu makanan mana yang harus disertakan, maka berikut adalah daftar 11 makanan yang harus dimakan saat diet ketogenik.
09 January 2018 14:40
Text by Astri Suciati

Berada dalam diet ketogenik tidak begitu mudah, terutama bila Anda tidak tahu apa yang harus Anda makan. Diet ketogenik telah menjadi sangat populer, karena banyak orang mengikuti diet ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak, yang efektif untuk menurunkan berat badan, diabetes dan epilepsi. Orang yang telah mengikuti diet ketogenik akan tahu bahwa diet ini membatasi karbohidrat hingga 20-50 gram asupan per hari.

Ketosis adalah proses metabolisme dimana tubuh membakar lemak untuk energi dan bukannya karbohidrat. Mereka yang memiliki masalah dalam menyingkirkan lemak yang tidak diinginkan bisa mendapatkan keuntungan dari diet ketogenik.

Jika Anda berencana mengikuti diet ketogenik dan tidak tahu makanan mana yang harus disertakan, maka berikut adalah daftar 11 makanan yang harus dimakan saat diet ketogenik.

 

Makanan laut

Makanan laut, yang meliputi ikan, kepiting dan udang, sangat ramah diet keto. Salmon dan ikan lainnya yang kaya akan vitamin B, potasium dan selenium bebas dari karbohidrat. Juga, udang dan kebanyakan kepiting tidak mengandung karbohidrat di dalamnya, yang bisa menjadi bagian dari diet keto.

 

Sayuran rendah karbohidrat

Sayuran yang tidak bertepung rendah kalori dan karbohidrat, namun kaya nutrisi. Sebagian besar sayuran mengandung sedikit karbohidrat. Sayuran cruciferous seperti kale, brokoli dan kembang kol bisa dimakan dalam diet rendah karbohidrat.

 

Keju

Ada ratusan jenis keju yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak, yang menjadikan mereka makanan enak untuk diet ketogenik. 28 gram keju cheddar menyediakan 1 gram karbohidrat, 7 gram protein dan 20 persen RDI untuk kalsium.

 

Alpukat

Alpukat itu sehat dan satu buah alpukat ukuran sedang mengandung sekitar 9 gram karbohidrat. Mereka mengandung banyak vitamin dan mineral dan kaya akan potasium yang dapat membantu peralihan ke diet ketogenik menjadi lebih mudah.

 

Daging dan unggas

Mereka dianggap sebagai makanan pokok untuk diet ketogenik karena mengandung karbohidrat rendah dan kaya akan vitamin B dan beberapa mineral. Daging dan unggas juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang telah terbukti membantu mempertahankan massa otot selama diet rendah karbohidrat.

 

Telur

Telur adalah salah satu makanan serbaguna dan paling sehat yang sesuai dengan diet ketogenik. Satu butir telur ukuran besar mengandung 1 gram karbohidrat dan 6 gram protein, menjadikan telur sebagai makanan ideal untuk gaya hidup ketogenik. Telur membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga menyebabkan asupan kalori lebih rendah hingga 24 jam.

 

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki khasiat unik yang membuatnya cocok untuk diet ketogenik. Minyak ini mengandung trigliserida rantai menengah, yang diambil langsung oleh organ hati dan diubah menjadi keton atau digunakan sebagai sumber energi yang cepat. Minyak kelapa membantu orang gemuk untuk menurunkan berat badan.

 

Plain Greek yogurt

Greek yogurt adalah makanan sehat dan berprotein tinggi. Meski mengandung sedikit karbohidrat, namun masih bisa disertakan dalam diet ketogenik. 150 gram Greek yogurt menyediakan 5 gram karbohidrat dan 11 gram protein. Yogurt dapat dikombinasikan dengan kacang yang dicincang dan kayu manis untuk sajian keto yang cepat dan mudah.

 

Buah berry

Kebanyakan buah tidak bisa dimasukkan dalam diet ketogenik karena karbohidratnya tinggi. Tapi buah berry rendah karbohidrat dan tinggi serat. Blackberry dan raspberry mengandung banyak serat sebagai karbohidrat yang mudah dicerna.

 

Mentega

Mentega adalah lemak yang baik untuk dimasukkan dalam diet ketogenik, karena hanya mengandung sedikit jumlah karbohidrat. Konsumsilah mentega dalam jumlah sedikit dan seperti produk susu berlemak lainnya, mentega kaya akan asam linoleat terkonjugasi, yang meningkatkan hilangnya lemak.

 

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan berlemak tinggi dan termasuk dalam kategori makanan rendah karbohidrat. Mereka tinggi serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan menyerap lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Anda bisa memasukkan kacang almond, kacang mede, pistachio, biji chia / chia seeds, biji rami / flax seeds, dan lain-lain, dalam diet ketogenik.