Training Tips | FITNESS | 2 weeks ago
14 Olahraga Indoor Di Kala Hujan
Jika Anda bukan penggemar gym dan lebih suka olahraga outdoor, jangan biarkan hujan merusak niat baik Anda untuk berolahraga. Ketika cuaca tidak mendukung, cobalah rangkaian latihan sederhana bebas peralatan ini yang dapat Anda lakukan di rumah agar jantung Anda terpompa dan otot-otot Anda tetap bekerja meski hari hujan.
31 October 2018 09:17
Text by Astri Suciati

Musim hujan telah tiba. Biasanya udara dingin dan cuaca di luar yang tidak memungkinkan Anda untuk pergi ke mana-mana membuat Anda cenderung bermalas-malasan dan melewatkan waktu berolahraga. Anda mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di balik selimut hangat sambil ngemil. Akibatnya, selama musim hujan kemungkinan otot-otot Anda akan mengendur dan berat badan Anda bertambah.

Jika Anda bukan penggemar gym dan lebih suka olahraga outdoor, jangan biarkan hujan merusak niat baik Anda untuk berolahraga. Ketika cuaca tidak mendukung, cobalah rangkaian latihan sederhana bebas peralatan ini yang dapat Anda lakukan di rumah agar jantung Anda terpompa dan otot-otot Anda tetap bekerja meski hari hujan.

 

Jumping jacks

 

Jumping jacks adalah latihan kardio yang bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Mulailah dengan kedua tangan Anda di samping Anda dan kaki sejajar. Sambil melompat di udara, lebarkan lengan dan kaki Anda, lalu akhiri dengan kedua tangan kembali ke samping dan kaki rapat sejajar saat Anda mendarat lagi.

 

Lari di tempat

 

Tidak ada treadmill? Tidak masalah! Jika Anda seorang pejogging, atau bahkan jika bukan, Anda bisa mendapatkan beberapa latihan kardio yang bagus dengan lari di tempat. Lari di tempat memperkuat jantung, paru-paru, dan merupakan cara yang sangat bagus untuk membakar kalori.

 

Crunches

 

Crunches bekerja di otot perut bagian atas. Ini mirip dengan sit-up biasa, tetapi bukan bangun ke posisi duduk, hanya bangkit dari lantai untuk mengangkat dada Anda.

 

Bicycle

 

Jika Anda tidak bisa bersepeda di luar, maka bersepedalah di dalam. Berbaring di lantai dengan kaki di udara, dan gerakkan kaki Anda seperti mengayuh sepeda selama 30 menit. Ini mungkin tidak menyenangkan seperti bersepeda sungguhan, tetapi Anda mendapatkan latihan yang sama bagusnya.

 

Shoulder touch

Shoulder Touch 

Jangan lupakan lengan Anda. Anda dapat membantu menjaga lengan Anda tetap kencang dengan latihan shoulder touch. Mulai dengan posisi push up, kemudian sentuh bahu kiri Anda dengan menggunakan tangan kanan dan bahu kanan dengan tangan kiri secara bergantian. Ulangi 20-25 kali. Anda juga bisa melakukan variasi gerakan ini dalam posisi berdiri dengan bantuan dumbbell.

 

Push up

 

Push up mengencangkan otot dada, trisep dan bahu Anda. Lakukan seperti biasa, wajah menghadap ke lantai dan kaki sejajar, dorong tubuh Anda ke bawah dengan menekuk siku Anda, lalu naikkan tubuh Anda kembali.

 

Squats

Related imageRelated image 

Jika Anda ingin mendapatkan pantat dan kaki yang kencang, Anda akan menyukai apa yang bisa dilakukan squat untuk kedua bagian tubuh tersebut. Mulai dalam posisi berdiri dengan kaki selebar bahu. Jongkoklah sampai sebatas lutut, lalu berdiri lagi.

 

Lunges

 

Lunges membantu menguatkan dan mengencangkan paha bagian atas. Mulai dengan kaki sejajar, lalu langkahkan satu kaki lebar-lebar ke depan dan tekuk kedua kaki hingga kaki belakang hampir menyentuh lantai, lakukan bergantian. Anda juga dapat melakukannya dengan mundur dan mengulang langkah yang sama.

 

Leg lifts

 

Leg lifts mengencangkan paha bagian depan Anda. Berbaring telentang dengan kedua lengan di samping, dan kaki terentang lurus, lalu angkat kedua kaki dari lantai dan tahan posisi ini selama 5-10 detik.

 

Stepping

 


Jika Anda memiliki tangga di rumah Anda, ubah mereka menjadi latihan olahraga yang bagus untuk mengencangkan pantat dan kaki. Menggunakan satu anak tangga atau seluruhnya, lakukan naik dan turun tangga selama 15-30 menit.

 

Scissor kick

 

Untuk bentuk paha yang lebih indah, berbaringlah di lantai dengan kaki Anda menggantung di udara. Buka kaki dengan lebar dan mulai gerakan menyilang seperti gunting secara bergantian antara kaki depan dan belakang selama 15 menit.

 

Windmill

 

Jika ingin pinggang Anda berbentuk, lakukan gerakan windmill. Berdiri dengan kaki Anda terbuka lebar lalu membungkuk dengan tangan terentang, lakukan secara bergantian di kedua sisi.

 

Calf raises

 

Dengan kaki rapat, lakukan gerakan jinjit yang bertumpu pada jari-jari kaki Anda untuk meregangkan dan mengencangkan betis Anda. 20-25 kali calf raises dapat memberikan proses pembakaran yang baik.

 

Menari

 

Tentu saja Anda bisa sehat dan bugar sambil bersenang-senang. Coba nyalakan musik dan menari atau berjoget di sekeliling ruangan untuk latihan kardio yang bagus. Anda dapat membakar banyak kalori dengan menari hanya selama 30 menit.