Health Advice | HEALTH | 4 months ago
15 Selebriti Dengan Penyakit Kronis
Dengan bersikap terbuka tentang perjuangan kesehatan mereka, para selebriti telah memainkan peran dalam meningkatkan kesadaran akan banyak kondisi penyakit kronis.
28 June 2018 17:32
Text by Astri Suciati

Penyakit kronis adalah kondisi medis jangka panjang yang memerlukan perawatan dan manajemen dalam jangka waktu yang lama, biasanya bertahun-tahun.

Beberapa dari mereka adalah penyakit yang telah lama dikenal, seperti arthritis dan diabetes, tetapi ada banyak penyakit lain yang telah mendapat perhatian lebih dalam beberapa tahun terakhir karena seorang selebriti telah secara terbuka mengungkapkan bahwa ia mengidapnya. Ambil contoh Lady Gaga, misalnya, yang baru-baru ini mengungkapkan dia mengidap kondisi yang disebut fibromyalgia.

Sementara itu terserah kepada orang tersebut di mata publik apa yang mereka ungkapkan tentang kesehatan mereka, tidak dapat disangkal bahwa, terutama untuk kondisi penyakit yang kurang dikenal, mengetahui seseorang berbicara tentang hal itu dengan terus terang dan di depan umum dapat meningkatkan kesadaran, mengurangi stigma dan menjadi kekuatan yang mendukung untuk para penggemar yang mungkin sedang berjuang dengan sesuatu yang serupa.

Di bawah ini adalah beberapa selebritas yang telah berbicara secara terbuka tentang kondisi kesehatan kronis mereka:

 

Daisy Ridley - Endometriosis

Daisy RidleyDaisy Ridley


Endometriosis adalah kondisi medis yang kurang dipahami di mana lapisan rahim ditemukan di bagian lain dari tubuh, paling sering ovarium.

Aktris Star Wars Daisy Ridley secara terbuka berbagi perjuangannya dengan endometriosis dan PCOS. Menulis tentang dampak yang terjadi dalam hidupnya di posting Instagram, Daisy berkata: "8 tahun (setelah didiagnosis), rasa sakit itu kembali (kali ini lebih ringan!) dan kulit saya adalah yang paling buruk. Saya sudah mencoba semuanya: produk, antibiotik, lebih banyak produk lagi, lebih banyak antibiotik lagi) dan semua yang dilakukan produk obat-obatan tersebut membuat tubuh saya sedikit berantakan.

Akhirnya ditemukan bahwa saya mengidap ovarium polikistik dan itulah sebabnya kondisi saya memburuk. Saya bisa mengatakan bahwa perasaan sadar diri mengidap penyakit ini telah merobek kepercayaan diri saya. Saya benci memakai make up tapi saya saat ini tidak ingin meninggalkan rumah tanpa itu. NAMUN BAGAIMANAPUN KEMAJUAN HARUS TERUS BERJALAN!

Intinya adalah, bagi siapa saja yang menderita penyakit apa pun, pergilah ke dokter, bayarlah seorang spesialis, lakukan pengujian hormon Anda, lakukan tes alergi, jaga dan utamakan apa yang dirasakan tubuh Anda dan jangan khawatir bila Anda terdengar seperti hipokondriak. Dari kepala Anda sampai ujung jari kaki Anda, kita hanya memiliki satu tubuh, mari kita pastikan bahwa tubuh kita bekerja dalam kondisi prima, dan meminta bantuan jika diperlukan."

 

Lady Gaga - Fibromyalgia



Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh dan seseorang yang menderita penyakit ini mungkin juga mengalami kelelahan ekstrim, kekakuan otot, kesulitan berkonsentrasi dan masalah tidur. Menurut National Health Service, penyakit ini cenderung mempengaruhi wanita tujuh kali lebih banyak daripada pria. Tidak ada obatnya tetapi gejalanya dapat dikurangi melalui perawatan medis, terapi dan perubahan gaya hidup.

Penyanyi eksentrik tersebut telah terbuka tentang pengalamannya dengan penyakit ini untuk pertama kalinya dalam film dokumenternya yang akan datang. Dia juga terpaksa untuk membatalkan konser di Brasil karena dia harus dibawa ke rumah sakit dengan "rasa sakit yang parah".

 

Kim Kardashian-West - Psoriasis



Kesadaran tentang psoriasis benar-benar terangkat ketika terungkap bahwa salah satu wanita yang paling banyak difoto di dunia ini mengidapnya.

Setelah awalnya panik pada kondisi kulit - yang menyebabkan kerak, bercak merah dengan serpihan berwarna keperakan yang muncul - di episode lama Keeping up with the Kardashians, sejak saat itu dia mengambil pendekatan yang lebih tenang, dan baru-baru ini mengatakan dia bahkan tidak mencoba untuk menutupinya lagi.

"Saya tentu saja selalu berharap untuk sembuh, tetapi sementara itu, saya belajar untuk menerimanya sebagai bagian dari diri saya," tulisnya di situs webnya.

 

Nick Jonas - Diabetes



Salah satu anggota Jonas Brothers ini didiagnosa menderita diabetes tipe 1 ketika dia berumur 13 tahun yang dia gambarkan sebagai "salah satu momen paling menakutkan dalam hidupku".

Tipe 1 hanya menyumbang sekitar 10 persen dari semua orang yang menderita diabetes. Ini adalah gangguan autoimun, yang tidak disebabkan oleh faktor gaya hidup, di mana kadar glukosa darah terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin.

Jonas memakai pompa insulin untuk mengobati kondisinya dan tahun lalu ia mengadakan kegiatan amal untuk penderita diabetes.

 

Bella Hadid - Penyakit Lyme



Penyakit Lyme disebabkan oleh gigitan dari kutu. Ketika tidak terdeteksi sejak dini itu dapat menyebabkan gejala yang bertahan lama seperti nyeri pada persendian, masalah yang mempengaruhi sistem saraf, kelelahan ekstrim dan masalah jantung.

Ibu Bella, Yolanda, yang juga mengidap penyakit tersebut, mengungkapkan bahwa putrinya mengidapnya pada 2015. Model itu kemudian mengatakan kepada majalah Porter bahwa penyakitnya sangat buruk sehingga dia tidak bisa bangun dari tempat tidur selama enam hari.

 

Sarah Hyland - Displasia Ginjal



Displasia ginjal adalah suatu kondisi sejak lahir di mana ginjal belum berkembang dengan baik ketika bayi berada di dalam rahim. Bintang sitcom Modern Family itu mengatakan kepada majalah Seventeen di tahun 2015: "Saya dilahirkan dengan begitu banyak masalah kesehatan yang dokter katakan kepada ibu saya bahwa saya tidak akan pernah memiliki kehidupan normal. Dan ibu saya berkata, Anda benar, dia tidak akan pernah memiliki kehidupan normal - tapi itu bukan karena kesehatannya."

Hyland melakukan transplantasi ginjal pada tahun 2012 di usia 21 tahun yang disumbangkan dari ayahnya.

Awal tahun ini, dia membalas orang-orang yang mengkritiknya di media sosial karena kehilangan berat badan, dengan mengatakan kepada mereka itu karena masalah kesehatannya.

 

Lil Wayne - Epilepsi



Sang rapper ini menderita epilepsi, suatu kondisi yang mempengaruhi otak dan sebagian besar dikenal karena menyebabkan sawan atau kejang.

Pada 2013, Lil Wayne mengatakan kepada Radio Power 106 bahwa ia menderita epilepsi dan rentan terhadap kejang: "Ini bukan kejang saya yang pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam, atau ketujuh. Saya sudah mengalami banyak kejang, hanya saja kalian tidak pernah mendengarnya."

Sejak itu dia keluar masuk rumah sakit karena sawan. Baru-baru ini dia membatalkan pertunjukan di Las Vegas setelah beberapa kali sawan dan berakhir di rumah sakit.

 

Jack Osbourne - Multiple Sclerosis



Multiple Sclerosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi otak dan seringkali sumsum tulang belakang. Kondisi ini terwujud dalam masalah dengan penglihatan, gerakan lengan atau kaki dan keseimbangan, menurut National Health Service.

Putra Ozzy dan Sharon Osbourne, Jack, mengungkapkan bahwa dia mengidap kondisi ini pada tahun 2012 ketika dia didiagnosis setelah kehilangan 60% penglihatannya pada satu mata.

Sejak itu, Jack telah menghimpun kegiatan amal dan tahun ini dia telah menyadari bahwa penyakitnya "bukan hukuman mati".

 

Selena Gomez - Lupus



Pada 2015, Gomez mengungkapkan dia telah didiagnosis menderita lupus - kondisi autoimun yang menyebabkan ruam, kelelahan, dan nyeri sendi - yang mana dia menjalani kemoterapi untuk itu.

Dia berbicara setelah beberapa anggapan keliru bahwa dia menderita kecanduan, dan mengatakan kepada Billboard: "Itulah yang membuat saya benar-benar istirahat. Saya bisa saja mengalami stroke. Saya sangat ingin mengatakan, Kalian tidak tahu apa-apa. Saya sedang dalam kemoterapi. Jadi diamlah."

Komplikasi dari lupus berlanjut untuk Selena yang akhirnya membutuhkan transplantasi ginjal, yang ia dapatkan musim panas ini dari temannya, Francia Raisa.

 

Michael J Fox - Parkinson



Aktor Back to the Future ini menemukan bahwa dia menderita Parkinson, suatu penyakit yang secara tradisional dikaitkan dengan orang yang lebih tua, ketika dia berusia 29 tahun pada tahun 1991.

Parkinson adalah suatu kondisi di mana otak menjadi semakin rusak dan ditandai dengan gemetar.

Tahun lalu, dia memberi tahu Haute Living: “Saya didiagnosis 25 tahun lalu, dan saya seharusnya bisa bekerja selama 10 tahun lagi. Saya seharusnya mengalami cukup disabilitas sekarang. Tapi saya jauh dari itu. Ini sudah seburuk yang saya dapat, dan saya masih bisa pergi ke toko dan bekerja.”

 

Gigi Hadid - Penyakit Hashimoto



Kondisi ini juga dikenal sebagai thyroiditis limfositik kronis dan merupakan penyakit tiroid yang dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, rambut rontok, kelelahan dan kenaikan berat badan.

Gigi mengatakan tahun lalu bahwa penyakit itu sebenarnya berarti dia berjuang untuk menjaga berat badan.

"Metabolisme saya benar-benar berubah gila-gilaan tahun ini," katanya kepada Elle. "Saya mengidap penyakit Hashimoto. Ini adalah penyakit tiroid, dan sekarang sudah dua tahun sejak melakukan pengobatan untuk itu, jadi untuk acara Victoria’s Secret saya tidak ingin kehilangan berat badan lagi.”

 

Charlie Sheen - HIV



Aktor Two and a Half Men ini secara terbuka mengungkapkan status HIV positifnya dalam sebuah wawancara pada Today Show di tahun 2015 setelah situs-situs gosip dan tabloid menyiarkan bahwa seorang aktor A-list akan membuat pengumuman tentang penyakit yang dideritanya tersebut.

“Ini adalah tiga huruf yang sulit untuk dimengerti. Ini adalah titik balik dalam kehidupan seseorang,” katanya.

Aktor itu mengatakan bahwa dia akan mempublikasikan penyakitnya untuk mengakhiri fitnah dan eksploitasi yang dia alami karena status HIV-nya.

HIV merusak sel-sel dalam sistem kekebalan yang berarti sulit bagi seseorang yang terinfeksi untuk melawan infeksi dan penyakit. Saat ini tidak ada obatnya tetapi perawatan medis memungkinkan seseorang dengan kondisi tersebut untuk hidup normal dan sehat.

 

Venus Williams - Sindrom Sjogren



Meskipun menjadi seorang superstar tenis, Venus Williams mengungkapkan dia memiliki sindrom autoimun Sjogren pada tahun 2011.

Kondisi ini mempengaruhi bagian tubuh yang menghasilkan cairan seperti air mata dan ludah, sering kali mengakibatkan penderita mengalami mata kering, mulut kering, kelelahan dan nyeri sendi.

Kondisi tersebut memaksa atlet ini untuk keluar dari US Open pada tahun 2011 namun ia segera kembali ke lapangan dan tahun ini menjadi runner up di Wimbledon.

 

Sam Faiers - Crohn's



Crohn's adalah suatu kondisi yang menyebabkan sistem pencernaan menjadi meradang. Gejalanya termasuk sakit perut yang parah, diare, muntah dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Meskipun kondisi ini bisa diringankan, dalam beberapa kasus di mana gejalanya menjadi sangat parah, maka dapat menyebabkan operasi dan orang yang menderitanya harus menggunakan kantong ileostomy.

Bintang TOWIE Sam Faiers didiagnosis dengan penyakit itu segera setelah mengalami sakit di Celebrity Big Brother pada tahun 2014.

"Secara efektif tubuh saya tidak berfungsi dan saya baru saja berhasil menyelesaikan akhir (Big Brother)," kata Sam. "Saya menangis karena rasa sakit, rasa sakit yang hebat setelah makan apapun, dengan rasa panas di wajah saya, tidak ada energi dan rasa sakit sendi yang begitu parah di pergelangan kaki saya hingga saya hampir tidak bisa berjalan."

 

Julia Louis-Dreyfus – Kanker Payudara

Julia Louis-Dreyfus


Bintang Seinfeld dan Veep ini mengumumkan pada 28 September 2017, bahwa dia didiagnosis menderita kanker payudara. "1 dari 8 wanita terkena kanker payudara. Hari ini, saya adalah salah satunya," wanita berusia 56 tahun itu berbagi di media sosial. "Kabar baiknya adalah saya memiliki sekelompok keluarga dan teman-teman yang paling mendukung dan penuh perhatian, serta asuransi yang fantastis melalui asosiasi saya. Berita buruknya adalah bahwa tidak semua wanita sangat beruntung, jadi mari kita melawan semua penyakit kanker dan membuat perawatan kesehatan universal terwujud nyata."