Tips For Men | MEN | 8 months ago
3 Makanan Yang Harus Anda Makan Jika Anda Mantan Perokok
Penelitian baru menunjukkan bahwa makanan ini dapat melindungi paru-paru Anda.
07 March 2018 17:38
Text by Astri Suciati

Jika Anda ingin melindungi paru-paru Anda, berhenti merokok adalah cara terbaik. Tapi apa yang Anda masukkan ke piring Anda juga bisa membantu. Sebuah studi baru di European Respiratory Journal menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Dalam studi tersebut, para peneliti bertanya kepada 680 orang, termasuk yang tidak pernah merokok, mantan perokok, dan perokok aktif, tentang kebiasaan makan mereka, dan kemudian melakukan spirometri - tes yang mengukur fungsi paru-paru berdasarkan tarikan dan hembusan napas - pada mereka. Kemudian mereka mengulang tes fungsi paru-paru itu 10 tahun kemudian. Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak apel, pisang, dan tomat yang dikonsumsi mantan perokok, semakin lambat penurunan fungsi paru-paru mereka selama periode tersebut.

Itu penting, karena penuaan dan merokok merupakan faktor terbesar yang menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, kata para peneliti.

Jadi mengapa makanan ini sangat penting bagi kesehatan paru-paru Anda? Para peneliti percaya bahwa ini mungkin berasal dari antioksidan mereka. Ambil contoh tomat. Tomat adalah sumber makanan yang kaya akan lycopene, antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan saluran napas, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan paru-paru.

Kelompok antioksidan lain yang dikenal sebagai flavonoid mungkin juga bertanggung jawab. Senyawa ini ditemukan dalam jumlah tinggi pada banyak buah dan sayuran yang juga memiliki efek anti-inflamasi, sehingga membantu Anda bernapas lebih mudah. Ini bisa membantu menjelaskan mengapa apel dan pisang juga dikaitkan dengan berkurangnya penurunan fungsi paru-paru.

Hubungan antara menjaga kesehatan paru-paru dan konsumsi tomat, pisang, dan apel lebih terlihat pada mantan perokok, dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok. Ini menunjukkan bahwa antioksidan ini mungkin berkontribusi terhadap pemulihan paru-paru, membantu mengurangi kerusakan pada jaringan paru-paru yang disebabkan oleh merokok, kata para peneliti.

Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan menghubungkan apa yang Anda masukkan ke piring Anda terhadap kesehatan paru-paru Anda. Bulan Maret tahun lalu, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan mengandung karotenoid paling banyak - pigmen tumbuhan yang bertanggung jawab untuk warna oranye, merah, atau kuning – kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker paru-paru. Dan efeknya juga bahkan lebih terasa pada mantan perokok: Orang-orang yang merokok di masa lalu dan makan lycopene paling banyak, misalnya, mengurangi risiko mereka mengembangkan kanker paru-paru sebesar 52 persen.