How To Beauty | BEAUTY | 1 year ago
4 Hal Yang Rambut Anda Bisa Katakan Tentang Kesehatan Anda
Sebagian besar dari kita memandang rambut kita terpisah dari bagian tubuh lainnya, tapi seperti kuku kita, rambut merupakan perpanjangan tubuh kita yang bisa memberi kita petunjuk mengenai kesehatan kita secara keseluruhan.
20 October 2017 14:12
Text by Webmaster

Berikut empat tanda pada rambut yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah.


  • Jika Anda pernah memiliki rambut tebal dan berkilau yang tampak halus dan lemas, lihat dulu apa yang telah Anda lakukan pada rambut Anda akhir-akhir ini. Apakah Anda sering berenang di air yang mengandung klorin? Apakah Anda mewarnai rambut Anda baru-baru ini? Hal-hal ini, antara lain, bisa menyebabkan rambut Anda kehilangan kilaunya. Tapi rambut kering dan lemas juga bisa menjadi tanda hipotiroidisme, atau tiroid yang kurang aktif, di mana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon, menyebabkan metabolisme Anda melambat. Tanda lain dari hipotiroidisme dapat menyebabkan kenaikan berat badan mendadak, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, dan kedinginan sepanjang waktu. Jika Anda menduga hipotiroidisme menjadi penyebabnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang pengujian tingkat tiroid Anda. Jika Anda memiliki tiroid kurang aktif, Anda dapat sering minum obat untuk melengkapi kadar hormon Anda.


  • Banyak orang memiliki ketombe yang mudah diobati dengan sampo anti ketombe, tapi jika ketombe Anda mulai berubah menjadi lapisan kerak bersisik tebal, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda memiliki psoriasis, penyakit autoimun di mana kulit menjadi terlalu cepat beregenerasi, sehingga mempercepat proses pergantian sel kulit. Jika Anda memiliki penyakit autoimun lain, seperti multiple sclerosis atau penyakit Crohn, besar kemungkinan Anda akan terkena psoriasis, jadi sangat waspadalah jika Anda memiliki kondisi autoimun lain.


  • Rata-rata orang kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Rambut rontok ini normal dan tidak membuat rambut Anda terasa lebih tipis. Tapi jika rambut Anda mulai terasa lebih tipis atau rambut Anda mulai rontok dalam gumpalan, itu mungkin pertanda ada sesuatu yang tidak beres. Terkadang kerontokan rambut dapat disebabkan oleh stres yang baru dialami, seperti perceraian atau kehilangan pekerjaan. Dalam kasus lain, rambut rontok juga bisa menjadi tanda lain hipotiroidisme atau pertanda ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan PCOS, sindrom ovarium polikistik. Masih ada beberapa obat, termasuk beberapa pil KB dan antidepresan, yang bisa menyebabkan rambut rontok sebagai efek samping.

Ya, rambut rontok bisa berhubungan dengan beberapa hal, jadi dalam kasus ini, sebaiknya bicara dengan dokter Anda tentang semua gejala Anda. Juga, jika Anda mencurigai obat Anda sebagai penyebabnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang alternatif sebelum menghentikan pengobatan sama sekali.


  • Akhirnya, tanda lain dari masalah yang lebih serius bisa jadi rambut kering dan rapuh yang mudah patah. Rambut Anda terdiri dari protein yang disebut keratin, dan jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan Anda, itu bisa melemahkan rambut Anda. Ini juga bisa menjadi tanda lain dari masalah tiroid, jadi pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda jika ini masalahnya.