Health Advice | HEALTH | 11 months ago
4 Langkah Untuk Menghindari Stres Karena Sakit Saat Liburan
Langkah sederhana untuk menangani penyakit saat berlibur.
08 December 2017 20:57
Text by Astri Suciati

Bayangkan ini: Anda telah merencanakan liburan yang sempurna selama berbulan-bulan tapi segera setelah Anda mendarat, Anda jatuh sakit.

Para ahli mengatakan penyebabnya terkait dengan stres ekstra yang dialami orang-orang sebelum liburan: tetap terjaga sampai larut untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan atau kelebihan beban kerja yang bisa mengacaukan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Plus, traveling itu sendiri menghadirkan tempat berkembang biak kuman.

Seperlima penumpang pesawat terserang flu saat penerbangan dan tempat baru dapat mengekspos Anda ke berbagai jenis bakteri dan virus yang mungkin Anda tidak resisten terhadapnya.

Berikut adalah langkah sederhana untuk menangani penyakit saat berlibur:


Jangan lupa perlengkapan obat-obatan

Biarkan dokter meresepkan obat-obatan dasar (berdasarkan tujuan perjalanan Anda) untuk penyakit umum termasuk keracunan makanan, demam, diare, malaria, dll.

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Perbanyak tidur dan pastikan Anda mencuci tangan secara teratur. Anda bahkan dapat mengonsumsi beberapa makanan probiotik seperti yogurt, yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

 

Sindrom hari ke-3

Penyakit umumnya cenderung menyerang pada hari ini karena manfaat terapeutik dari liburan belum terasa dan tekanan perjalanan membuat Anda rentan dan membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda. Pada beberapa hari pertama perjalanan Anda, rileks dan bersantailah.

 

Bantuan dokter

Jika Anda menderita penyakit serius, kunjungi dokter di dekat hotel tempat Anda menginap. Juga, bicaralah dengan biro perjalanan atau maskapai dimana Anda memesan tiket Anda sebelumnya, untuk mengetahui apakah mereka akan mengembalikan biaya perjalanan Anda jika Anda harus kembali seandainya menderita penyakit parah.