Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
5 Cara Meningkatkan Kreativitas Di Dalam 5 Menit
KREATIVITAS MUNGKIN TERLIHAT SEBAGI KEMAMPUAN BAWAAN LAHIR, TAPI ADA BEBERAPA CARA MUDAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANDA.
20 October 2017 08:46
Text by Webmaster

Saat kita berpikir tentang orang-orang genius, esentrik, dan kreatif yang menginspirasi di tengah malam, hal-hal tersebut hinggap di pikiran kita.

Memang, media sering mengabadikan mitos bahwa orang jenius dan kreatif seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan Elon Musk itu lahir, bukan dibuat. Namun, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kreativitas dapat ditingkatkan dengan metode yang relatif sederhana.

Berikut lima cara yang dapat meningkatkan kreativitas secara signifikan – kurang dari lima menit!


kreativitasKreatif


MENONTON STAND UP COMEDY

Suasana hati kita memiliki dampak besar pada kemungkinan datangnya wawasan dan inspirasi. Dan jika kita sedang merasa bahagia, ide-ide kreatif akan berlimpah. Dalam sebuah penelitian, peserta diminta untuk menonton Bloopers Reel selama lima menit, yang membuat peserta memiliki suasana hati yang riang. Para peserta yang tertawa mampu memecahkan teka-teki yang jauh lebih sulit dibandingkan dengan mereka yang telah menonton klip pendek tentang matematika.


MENGANGKAT ALIS

Kita tahu bahwa kreativitas dikaitkan dengan pengalaman – lebih luas pengalaman yang kita miliki, semakin banyak bermunculan kombinasi ide-ide yang ada di dalam otak kita. Sekelompok peneliti di University of Maryland mengambil langkah lebih jauh – mereka berpikir bahwa ekspresi wajah yang terkait dengan pelebaran persepsi visual kita bisa meningkatkan kreativitas.

Mereka meminta peserta dalam studi untuk memperluas bidang visual mereka dengan mengangkat alis mereka dan meminta kelompok yang lainnya untuk mengerutkan alis mereka, yang mempersempit bidang visual mereka. Peserta dalam penelitian ini diminta untuk melakukan salah satu dari ekspresi ini selama dua menit, sambil menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan berpikir kreatif.  Kelompok yang mengangkat alis menghasilkan ide-ide yang lebih orisinil dan lebih banyak.


CARILAH YANG PALING ANEH

Meningkatkan kemampuan kita untuk menciptakan solusi baru dan asli untuk berbagai permasalahan dapat menjadi sesederhana menatap gambar yang menggambarkan gagasan “menjadi berbeda”. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Psychology, membandingkan ide-ide yang dihasilkan oleh orang-orang yang melihat sebuah poster menggambarkan ‘sesuatu yang aneh’ dengan orang yang melihat gambar yang mewakili suatu kelaziman selama dua menit, sambil menyelesaikan tugas berkaitan dengan kreativitas. Kelompok yang melihat poster ‘sesuatu yang aneh’ mendapatkan ide-ide yang lebih banyak. Selain itu, ide-ide mereka dinilai 25% lebih kreatif.

MEMANDANGI LOGO APPLE

Gavan Fitzsimons dari Duke University juga tertarik pada dampak dari gambar pada kreativitas dan dalam studinya, ia melihat dampak dari beberapa logo merek terkenal – seperti Apple atau IBM. Yang satu terkenal karena berpikir secara berbeda, dan yang lainnya menyediakan box beige komputer. Peserta diwajibkan memandangi logo Apple atau IBM. Mereka kemudian diminta untuk menyelesaikan tugas berkaitan dengan ide. Individu yang memandangi logo Apple menyelesaikan tugas lebih baik daripada kelompok IBM. Mereka menghasilkan lebih banyak ide unik, dan secara keseluruhan, ide-ide mereka dinilai lebih kreatif. Para peneliti menjelaskan bahwa karena mayoritas orang mengasosiasikan Apple dengan inovasi dan berbeda dari norma, melihat logo Apple dapat memicu otak kita. Hal ini kemudian menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam perilaku kreatif.


NAIKKAN VOLUME

Pernah menyadari bagaimana keheningan atau kebisingan dapat membuat konsentrasi terganggu dan lebih sulit untuk menjadi kreatif? Sebuah studi dari University of British Columbia menemukan bahwa ada tingkat kebisingan optimal yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir – 70 desibel. Tingkat moderat kebisingan ini setara dengan duduk di sebuah kafe atau jalan kota.

Jadi, pada saat Anda mempertanyakan kemampuan kreatif Anda, menonton beberapa film komedi, mengangkat alis Anda, menatap gambar yang aneh, masuk ke kafe dan melihat bagian belakang iPhone Anda – ide-ide kreatifitas harusnya mulai mengalir.