Training Tips | FITNESS | 4 months ago
5 Cara Untuk Kembali Bugar Setelah Libur Lebaran
Kami memiliki beberapa ide tentang bagaimana kembali bugar setelah libur lebaran dengan melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.
21 June 2018 17:32
Text by Astri Suciati

Liburan Idul Fitri telah berlalu, dan kita telah menghabiskan waktu yang menyenangkan untuk bersantai dan berkumpul bersama teman dan keluarga, dan juga menikmati cukup banyak makanan, tapi sekarang saatnya untuk kembali ke jalur yang benar.

Kami memiliki beberapa ide tentang bagaimana kembali bugar setelah libur lebaran dengan melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.

 

Berenang

Berenang adalah olahraga yang bagus dan juga bentuk meditasi yang aktif. Berenang penting untuk melatih pernapasan dan bertindak sebagai bentuk kardio low impact untuk menjaga tubuh tetap kencang dan lentur. Tergantung pada bagaimana Anda berlatih, berenang bisa menjadi latihan yang cukup intensif, atau bisa juga berupa relaksasi dan rehabilitasi dari cedera dalam beberapa kasus. Jika daya tahan adalah tujuan Anda berolahraga, maka menambah alat beban pada latihan di kolam renang ini adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan, karena Anda bekerja melawan resistensi air dan berat alat beban itu sendiri.

Tips: Untuk setiap lima kali jarak yang Anda tempuh saat berenang, lakukan satu kali berenang dengan cepat untuk menaikkan denyut jantung sebagai bentuk latihan interval yang efektif.

 

Berlari

Berlari adalah olahraga kardio, dan kebanyakan orang menyukainya atau membencinya sebagai olahraga, karena dibutuhkan dedikasi untuk mengarah pada peningkatan yang membutuhkan kesabaran, waktu, dan pakaian lari yang bagus selalu membantu. Kuncinya adalah mengatur kecepatan dan mencari tahu apa yang sesuai dan berhasil untuk Anda - memulai dengan lambat dan kemudian menambahkan lebih banyak jarak, kompleksitas dan tantangan, termasuk tingkat kemiringan dan rintangan.

Tips: Pelajari tentang teknik berlari Anda melalui analisis gaya berjalan yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda berlari, mendarat, termasuk pronasi, supinasi dan lengkungan kaki Anda saat Anda berlari - yang penting untuk diketahui sehingga Anda dapat memilih sepasang sepatu lari yang sempurna.

 

Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga untuk melatih kaki Anda. Tetapi hal bagus tentang bersepeda adalah olahraga ini cukup low impact (tergantung di mana Anda bersepeda tentunya), jadi tidak akan ada banyak tekanan pada tubuh dibandingkan dengan berlari misalnya. Bersepeda adalah cara yang bagus untuk membangun stamina, dan Anda dapat mengkombinasikan intensitasnya dengan mengganti persneling dan medan di mana Anda bersepeda. Anda juga dapat memilih lokasi Anda bersepeda - apakah dalam ruangan di gym, atau di luar ruangan sambil menikmati pemandangan yang indah, atau sebagai bagian dari kompetisi di kelas spin.

Tips: Cobalah bersepeda jika Anda mengalami sedikit masalah dengan ingatan. Aktivitas ini memiliki kaitan untuk meningkatkan kekuatan otak, yang akan membantu Anda kembali ke rutinitas kerja Anda setelah liburan Idul Fitri!

 

Olahraga studio

Hal yang bagus tentang olahraga studio adalah bahwa ada banyak pilihan jenis kelas olahraga untuk dipilih, jadi Anda tidak pernah terjebak dalam rutinitas latihan lama yang sama. Ada juga sisi sosial dan persaingan karena pengaturan grup - yang baik untuk memotivasi Anda agar bekerja lebih keras sepanjang sesi. Anda dapat memilih dari rutinitas kardio energi tinggi, ke fokus membakar lemak, atau sesi relaksasi, apakah itu HIIT, yoga, Pilates, TRX, menari atau latihan beban yang membuat Anda suka. Buatlah gym bekerja untuk Anda dan lihat hasilnya dalam waktu singkat.

Tips: Kombinasikan rutinitas latihan Anda untuk fokus pada kelompok otot yang berbeda di setiap sesi yang Anda lakukan, dan rasakan manfaat keseluruhan secara lebih menyeluruh dalam pikiran dan tubuh. Mengkombinasikannya juga akan membuat Anda lebih terlibat dan lebih termotivasi untuk berolahraga saat Anda kembali berolahraga setelah libur lebaran.

 

Latihan beban dan otot inti

Ketika mengangkat beban dan fokus pada latihan otot inti, sangatlah penting untuk melakukannya dengan benar - teknik adalah segalanya untuk mendapatkan keselarasan postur yang benar dan manfaat optimal dari latihan Anda. Penting untuk memulai dari sisi yang lebih ringan dan secara bertahap menambah bobot, seiring tubuh Anda terbiasa dengan beban yang Anda angkat. Penting juga untuk mengambil beban dari sudut dan posisi yang benar, untuk menghindari tekanan dan cedera. Mengambil pendekatan pelatihan yang dinamis akan menargetkan kelompok otot yang berbeda, dan menambahkan unsur kardio - seperti squats atau lunges akan membantu membangun otot yang ramping, daripada membangun otot yang sangat besar.

Tips: Bangun kekuatan otot inti Anda sebelum memulai latihan beban, karena ini adalah titik awal untuk aktivitas fisik Anda setelah liburan Idul Fitri, dan mempertahankan kekuatan otot inti akan memberi Anda perlindungan alami pada tulang belakang dan menyelaraskan postur Anda saat mengangkat beban – ini penting untuk menghindari ketegangan otot dan potensi cedera.