Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Sarapan
PASTIKAN HAL-HAL BERIKUT INI TIDAK ADA DALAM RUTINITAS SARAPANMU.
30 October 2017 13:34
Text by Webmaster

Seperti yang Kita tahu, sarapan dikatakan sebagai waktu makan yang paling penting dalam sehari, tapi sudah benarkah sarapan Kita? Hanya sekedar sarapan saja tidaklah cukup untuk memastikan bahwa tubuh Kita sudah mendapatkan nutrisi dan energi yang dibutuhkan agar bisa beraktivitas sepanjang hari.


JANGAN MELEWATKAN SARAPAN

Kita perlu mengisi tubuh dengan nutrisi yang tepat untuk menunjang metabolisme, memberi asupan pada otak dan mengendalikan berat badan. Tanpa sarapan tubuh bisa kekurangan energi. Itulah saat dimana Kita biasanya terjebak mengkonsumsi cemilan yang manis di pertengahan pagi.


JANGAN MENGKONSUMSI TERLALU BANYAK KARBO

Biasanya sarapan cenderung diisi dengan karbohudrat tinggi: roti panggang dan/atau sereal manis. Mengkonsumsi makanan seperti itu setiap hari saat sarapan hanya akan meningkatkan level gula darah dalam waktu singkat, dimana hal ini pun juga akan membuatmu merasa lapar dan kurang berenergi.

Pilihlah makanan berprotein tinggi atau pelajari cara menggabungkan karbo dengan protein yang seimbang untuk memberikan asupan energi yang tahan lama pada tubuh. Mulailah harimu dengan telur rebus atau orak-arik dikombinasikan dengan roti panggang dan dilengkapi dengan irisan alpukat. Pilihan lainnya adalah smoothie yang kaya nutrisi.

Tambahkan: pisang, dicampur dengan biji-bijian berprotein tinggi seperti chia, teff dan biji rami, yogurt penuh lemah, minyak flaxseed atau minyak kelapa dan psyllium.


JANGAN MINUM KOPI

Kita cenderung lebih menyukai minum kopi atau teh di pagi hari dibandingkan air putih. Kopi dan teh sama-sama mengandung kafein yang tidak hanya membuatmu sering buang air kecil tapi juga dehidrasi. Minum segelas kopi dapat mengurangi lebih dari dua cangkir air dari tubuhmu. Cara terbaik untuk memulai harimu adalah dengan minum segelas air putih hangat dicampur dengan perasan air lemon dan tinggalkan kafein.


JANGAN MINUM JUS

Buah bisa kehilangan vitamin, mineral dan serat penting yang terkandung di dalamnya saat diproses menjadi jus. Selain itu, minum jus juga bisa meningkatkan level gula dalam tubuh. Jadi cara terbaik mengkonsumsi buah adalah dimakan secara langsung, bukan dijadikan jus.


JANGAN MAKAN BISKUIT

Biskuit yang secara khusus dibuat untuk sarapan mulai memiliki banyak penggemar. Jangan tertipu dengan biskuit semacam itu dan pastikan untuk membaca panel nutrisinya terlebih dahulu karena kandungan gula dalam biskuit tersebut pun cukup banyak, sama seperti bisukuit-biskuit lainnya! Yang paling mengkhawatirkan adalah biskuit semacam itu memberikan persepsi yang salah pada anak-anak. Mereka akan berpikir bahwa biskuit itu cocok dikonsumsi untuk sarapan padahal sama sekali tidak.


TIPS SARAPAN YANG TEPAT

Dengan memahami konsep sarapan yang baik dan beberapa manfaatnya, Kita akan melihat apa saja yang berguna dan tidak berguna untuk tubuh karena itu Kita bisa mengubah makanan yang dikonsumsi. Selama Kamu tidak meninggalkan sarapan, itu saja sudah bagus.