Nutrition Tips | NUTRITION | 10 months ago
5 Jenis Buah Yang Bisa Melawan Pilek Dan Flu Lebih Baik Daripada Obat-obatan
Lima jenis buah yang bisa membantu Anda menangkal semua gejala pilek dan flu.
12 January 2018 13:24
Text by Astri Suciati

Buah membawa sifat membunuh kuman dan secara efektif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sarat dengan vitamin, buah menjaga tingkat kekebalan yang tinggi dan menjauhkan tubuh Anda dari pilek dan flu. Selain itu, mengonsumsi buah secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Berikut adalah lima jenis buah yang bisa membantu Anda menangkal semua gejala pilek dan flu.

 

Apel

Apel adalah sumber antioksidan yang paling umum. Satu buah apel mengandung efek antioksidan 1.500 mg vitamin C. Sarat dengan flavonoid yang melindungi, apel dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.


 

Pepaya

Mengandung 250 persen kebutuhan vitamin C harian yang disarankan, satu buah pepaya dapat menjauhkan pilek dan flu. Beta-karoten dan vitamin C dan E yang ditemukan dalam pepaya mengurangi peradangan di seluruh tubuh, yang pada akhirnya mengurangi efek asma.


 

Cranberry

Cranberry mengandung lebih banyak antioksidan daripada buah atau sayuran lainnya. Satu kali penyajian buah ini memiliki manfaat lima kali lipat dari jumlah brokoli. Sebagai probiotik alami, cranberry dapat meningkatkan tingkat bakteri baik di usus dan melindunginya dari penyakit bawaan makanan.


Grapefruit

Senyawa alami yang disebut limonoids dapat ditemukan dalam grapefruit. Senyawa ini bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain mengandung sumber vitamin C yang kaya, grapefruit merupakan sumber lycopene, yaitu zat yang ampuh membunuh kanker.


 

Pisang

Salah satu sumber vitamin B6 terkaya, pisang bisa mengurangi kelelahan, depresi, stres dan insomnia. Sarat dengan magnesium, pisang juga bisa menjaga tulang tetap sehat dan kuat dan kandungan kaliumnya bisa membantu Anda mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.