Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
5 Kebiasaan Sehat Yang Harus Diajarkan Kepada Buah Hati
Sebagai orangtua Kita memiliki banyak tanggung jawab dalam merawat buat hati.
20 September 2017 17:58
Text by Webmaster

Hal penting yang perlu  diajarkan kepada anak-anak adalah cara menjaga dan mengoptimalkan  kesehatan. Meskipun kebanyakan hal ini bisa dilakukan dengan cara  memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari kepada mereka, ada  beberapa hal yang juga perlu diajarkan secara langsung, seperti lima hal  berikut ini.


Makan Sehat

Berikan  contoh sehat pada buah hati dengan menyediakan makanan serta cemilan  yang bernutrisi dan lezat secara teratur baik untuk makan di rumah  maupun di sekolah. Selain itu penting bagi orangtua untuk tidak memaksa  anak makan saat mereka memang sedang tidak lapar atau memaksa mereka  menghabiskan makanan yang ada di piring sampai habis padahal mereka  sudah kenyang. Anak pun juga sebaiknya tidak disuruh menunggu lama  hingga waktu makan tiba saat mereka sudah merasa lapar dan ingin segera  makan. Makan dengan porsi yang wajar pada waktu jeda yang sesuai setiap  hari dengan tetap memperhatikan rasa lapar dan kenyang sangat diperlukan  untuk mengendalikan berat badan serta mencegah munculnya permasalahan  berkaitan dengan kebiasaan makan sehat untuk jangka panjang.


Melakukan Aktifitas Fisik

Sebenarnya  memaksa anak untuk melakukan aktifitas fisik dengan peraturan yang  ketat tidak terlalu diperlukan, tapi yang lebih ditekankan disini adalah  memberikan mereka kesempatan untuk tetap aktif dengan melakukan hal-hal  yang menyenangkan dan menantang. Menggunakan halaman belakang untuk  berlari merupakan ide yang cukup sederhana, namun Kamu juga bisa  menambahkan taman, kolam, trampolin, net basket, trek sepeda atau bahkan  dengan menyediakan bola dan membuat trotoar kecil untuk bermain bola  tangan atau main jingkat. Beberapa anak mungkin tidak memerlukan dorongan untuk berolahraga namun banyak juga yang perlu didesak untuk melakukannya. Batasi  penggunaan komputer dan televisi mungkin diperlukan kalau buah hatimu  sudah terlalu sering menggunakan peralatan tersebut dalam waktu yang  lama.

 

Memiliki Pola Pikir yang Sehat

Menyadari  dan mengetahui perasaan, pemikiran dan kebiasaan orang lain memberikan  dampak dalam hidup Kita dan hal ini dapat berkembang seiring berjalannya  waktu. Perkembangan alami dalam hal ini bervariasi satu antara orang  dengan yang lainnya. Intinya, penting bagi Kita untuk bersikap positif  guna mendorong buah hati dalam mengembangkan pola pikir mereka sambil  memperhatikan hal-hal negative yang mungkin sudah menjadi kebiasaan.  Berikan pujian di saat yang tepat dan lebih spesifik untuk menghargai  hal-hal positif yang mereka lakukan lebih bermanfaat daripada pujian  lembut namun kosong dan tidak spesifik pada aktivitas tertentu.