Wellbeing | WELLBEING | 11 months ago
5 Kebiasaan Sehat Yang Salah Anda Lakukan
Beberapa rutinitas yang kita anggap sehat, bisa jadi malah menimbulkan masalah.
22 November 2017 17:17
Text by Astri Suciati

Rutinitas tertentu yang kita jalani setiap hari begitu sederhana sehingga kita tidak pernah berhenti sejenak untuk memikirkan apakah kita melakukannya dengan benar atau salah. Kita melakukannya secara otomatis tanpa menyadari efek yang bisa menimbulkan masalah.

 

Terburu-buru menjalani rutinitas Anda

Ini adalah kebiasaan sehari-hari untuk terburu-buru menjalani seluruh rutinitas agar sampai ke kantor tepat waktu. Kebiasaan itu bisa menimbulkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Otak Anda tidak sempat melakukan dekompresi atau mempersiapkan diri pada hari itu. Anda juga menekankan semua tugas kecil yang harus Anda selesaikan dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Inilah saatnya berhenti memuji diri Anda untuk sampai ke kantor tepat waktu dalam waktu 30 menit sejak bangun tidur. Cobalah bangun lebih awal sehingga Anda bisa berangkat setidaknya setengah jam lebih awal untuk menyisihkan waktu bagi Anda untuk menyelesaikan semuanya dalam kerangka waktu yang masuk akal.

 

Mencuci tangan Anda setelah mengoleskan tabir surya

Ini adalah kebiasaan sehat untuk mengoleskan tabir surya, tapi bukan pilihan bagus untuk mencuci tangan setelahnya. Ini meninggalkan permukaan krusial yang terkena sinar UV yang berbahaya. Apalagi sebaiknya jangan lupakan kuku Anda. Mereka adalah sel mati, namun jaringan di bawahnya aktif dan rentan terhadap melanoma dan kanker kulit lainnya.

 

Bersantai di sofa

Setelah hari yang sibuk, ada baiknya bersantai di sofa. Ini membuat Anda rileks. Tapi jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di sana, itu juga salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Ini meningkatkan kekakuan pada otot punggung Anda dan seiring waktu membuat otot-otot itu lemah. Bersantai di sofa terlalu lama hanya mengundang cedera dan rasa sakit.

 

Menjauhkan diri dari makanan

Jika Anda tidak diet tapi membuat diri Anda kelaparan, Anda tidak melakukan hal yang benar. Melaparkan diri dari makanan yang enak dapat membuat hormon dan tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Bila keseimbangan hormonal terganggu, bisa jadi ada lebih banyak lagi kerusakan. Jika Anda melaparkan diri dari makanan-makanan yang Anda sukai, Anda jadi tidak dapat menjaga pola makan. Jadi, nikmati saja makanannya!

 

Tidak menggunakan bantuan profesional

Ini hanya sakit kepala, mengapa saya harus mendapat pertolongan? Sakit kepala yang terjadi setiap hari atau dalam pola tertentu memerlukan perhatian medis. Sebaiknya Anda mengikuti gaya hidup sehat, atau sadar akan perawatan dan pengobatan alami. Menemui seorang dokter bisa menjaga kondisi medis agar tidak bertambah parah.

Ada banyak hal yang Anda lakukan dengan salah dan mungkin tidak menyadarinya. Membuat perbaikan kecil terhadap kesalahan tersebut dapat memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan.