Training Tips | FITNESS | 1 year ago
5 Keuntungan Melakukan Stretching
Jika Anda merasa agak down, maka stretching atau peregangan akan sangat menguntungkan bagi tubuh dan pikiran Anda.
04 September 2017 15:31
Text by Astri Suciati

Sebuah  penelitian di Universitas Illinois menemukan bahwa saat orang tua  mengikuti program stretching, mereka mengalami peningkatan kepercayaan  diri. “Stretching melepaskan dopamin yang membantu seseorang merasa  lebih bahagia dan berpikir positif terhadap dunia,” kata Dr. Simon  Floreani, chiropractor dan duta besar untuk Allied Health and  Prevention.


Meredakan Sindrom Pramenstruasi

Perempuan  yang mengalami sindrom pramenstruasi, seperti sakit, kelabilan  emosional, dan kembung, melaporkan keuntungan-keuntungan dari peregangan  yoga. Tidak diketahui penyebabnya apa, tapi mengacu pada peneliti, Dr.  Ratna Sharma, setelah melakukan yoga, para penderita sindrom ini  memiliki allopregnanolone anti-depresan alami dengan tingkat lebih tinggi dalam tubuh mereka.


Dapat Berolahraga Lebih Lama

“Stretching  mengendurkan otot dan urat yang mengurangi kelelahan otot,” tutur  Floreani. “Seiring dengan bertambahnya usia, kita menjadi kurang  fleksibel, karena kita menghabiskan waktu begitu lama di meja atau di  sofa. Dengan peregangan, kita memanaskan area-area tersebut dan seperti  memperingatkan mereka bahwa ini adalah saatnya untuk bergerak.” Berita  terbaiknya? Semakin lama Anda berolahraga, semakin banyak kalori yang  terbakar.


Tidak Mudah Lelah

“Saat  otot tidak bergerak, darah menggenang di otot, yang membuat Anda lebih  mudah lelah dan lesu,” tutur Floreani. “Semakin cepat Anda bergerak,  Anda melatih otot dan meningkatkan tingkat konsentrasi karena otak  mendapatkan aliran darah yang tepat.” Dengan bergerak menjauh dari meja  tiap 20 menit sudah cukup untuk membantu menghilangkan kelelahan.


 Tidur Nyenyak

Berita  bagus bagi Anda yang memasuki masa post-menopause. Melakukan stretching  secara teratur di pagi hari dan olahraga ringan telah terbukti membuat  tidur malam menjadi lelap, dibandingkan dengan perempuan yang tidak  berolahraga atau berolahraga di malam hari.


Tidak Mudah Terkena Cedera

“Stretching  mengingatkan otak Anda kepanjangan otot yang seharusnya ketika Anda  berolahraga,” tutur Floreani. “Setelah 10 menit melakukan stretching  sebelum berolahraga, Anda akan memiliki koordinasi yang lebih baik dan  otot Anda tidak mudah cedera.”


Ada Waktu 30 Detik?

Berbaring  telentang, tarik lutut kanan Anda sampai ke dada dan rangkul lutut Anda  selama 5 detik. Lakukan hal yang sama pada lutut sebelah kiri. Duduk di  meja dan merasa lelah? Putar bahu Anda ke belakang sebanyak 10 kali.