Training Tips | FITNESS | 11 months ago
5 Tips Untuk Pelari Saat Dalam Perjalanan
Melakukan perjalanan sambil tetap mempertahankan jadwal lari reguler atau berlatih untuk persiapan maraton adalah hal yang menyenangkan dalam menggabungkan dua hasrat sekaligus.
30 November 2017 00:16
Text by Astri Suciati

Lari adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit saat Anda sering bepergian. Anda dapat memenuhi hasrat berkelana Anda, melihat-lihat dan mendengar berbagai suara di manapun Anda berada sambil juga melakukan olahraga kardio Anda. Plus, berlari tidak membutuhkan pengepakan alat olahraga yang banyak, dan Anda dapat melakukannya kapan pun Anda dapat menemukan waktu dalam jadwal Anda.

 

Kemasi barang Anda seperti seorang pro

Pelancong yang sering bepergian mengetahui bahwa tas carry-on merupakan satu-satunya cara yang paling efisien untuk bepergian. Syukurlah, perlengkapan untuk berlari sebagian besar terdiri dari pakaian berlapisan tipis sehingga tidak memakan banyak ruang.

Untuk sepatu Anda, bawalah sepatu ringan yang Anda tahu bisa diandalkan agar nyaman. Kini banyak model dan variasi dari merek sepatu ternama khusus untuk lari yang bisa Anda pilih. Bonus: sepatu ini cukup bergaya sehingga Anda bisa mengenakannya tidak hanya untuk berlari tapi juga dengan athleisure outfit Anda untuk berwisata. Kemasi kaus kaki Anda ke dalam setiap sepatu untuk memanfaatkan ruang di dalamnya. Namun, jika Anda tidak menemukan tempat di tas Anda untuk sepatunya, kenakan sepatu tersebut untuk hari-hari perjalanan Anda atau ikat ke bagian luar tas Anda.

 

Bijaksanalah mengenai perlengkapan yang Anda bawa

Kemasi perlengkapan dengan seksama sehingga Anda siap menghadapi sedikit perubahan cuaca karena Anda mungkin kurang terbiasa dengan iklim tempat Anda menginap (terutama bila Anda bepergian ke luar negeri, dimana di beberapa kota, cuacanya bisa berubah dalam sekejap, misalnya tiba-tiba hujan atau badai es padahal hari itu hangat dan cerah!). Bawalah beberapa potong pakaian yang bisa Anda gunakan untuk pelapis sehingga Anda bisa mengenakan atau melepasnya saat Anda mengalami cuaca panas atau dingin (satu t-shirt, satu lengan panjang, outerwear seperti jaket atau cardigan dan sepasang celana ketat bagus untuk cuaca musim gugur).

Jika Anda ingin lari saat hari gelap misalnya pagi-pagi sekali atau malam, Anda harus memastikan bahwa Anda juga aman dan terlihat jelas, jadi jaket tahan air dan angin dengan elemen reflektif merupakan keharusan yang mutlak. Juga, Anda pasti menginginkan sepatu yang bisa Anda andalkan untuk kenyamanan. Pilihlah sepatu yang dirancang dengan bantalan yang empuk dan nyaman serta memberikan responsif optimal sehingga kegiatan lari Anda akan terasa mudah dan ringan.

 

Berikan diri Anda kesempatan untuk keluar dan berlari

Terkadang bahkan dengan niat terbaik, sulit untuk mencari kesempatan untuk bisa berlari saat ada banyak hal yang harus dilakukan dan dilihat saat Anda berada di kota yang baru. Tapi akan membantu jika memasukkan jadwal lari Anda ke dalam itinerary Anda. Anda ingin berkunjung ke toko roti yang terkenal untuk melihat dan mencicipi roti yang sering dibicarakan orang-orang? Jadikan itu titik akhir untuk lari Anda.

Alih-alih mengemudi untuk menjelajah keindahan di sekitar kota, parkirlah mobil dan jejakkan kaki di trotoar sebagai gantinya sambil Anda melihat-lihat toko pakaian vintage yang lucu dan unik, tepi pantai atau pelabuhan, dan pasar tradisional. Dan, tentu saja, untuk tujuan terakhir dari kombinasi lari dan perjalanan Anda: mendaftar untuk lomba lari yang diadakan di tempat tujuan. Setelah selesai melewati garis finish, berilah penghargaan pada diri Anda dengan waktu untuk menjelajahi kota. Kenangan dan makanan yang Anda jumpai di tempat-tempat tersebut menjadikannya souvenir terbaik (bersama dengan medali, tentunya!).

 

Jadwalkan lari Anda ke dalam itinerary perjalanan Anda

Jika Anda menunggu sampai Anda benar-benar berada dalam perjalanan Anda untuk merencanakan kapan Anda akan lari, Anda berisiko jatuh ke mode liburan dan kemungkinan akan berakhir dengan tidak berlatih sama sekali. Lihatlah daftar semua yang harus Anda lihat dalam agenda Anda dan cari tahu hari-hari mana saja yang paling sesuai untuk lari. Jika Anda bepergian dengan non-pelari, biasanya paling mudah untuk menyelesaikan lari Anda pagi-pagi sekali sebelum Anda dan teman Anda pergi keluar di hari itu. Dengan cara ini maka tidak memengaruhi waktu Anda menjelajahi tempat tujuan bersama.

Meskipun misalnya Anda secara pribadi bukan manusia pagi, Anda akan menemukan bahwa berlari di awal pagi di kota yang baru adalah saat yang menakjubkan karena suasananya begitu damai dan sepi dan Anda bisa mengambil beberapa foto tempat-tempat yang luar biasa tanpa ada pemandangan orang-orang yang lalu lalang bergegas ke tempat kerja saat hari mulai siang atau keramaian wisatawan yang mengerumuni sebuah landmark.

 

Mencari rute yang baik

Bila Anda tidak begitu mengenal kota tempat Anda berada, sulit untuk merencanakan rute berlari yang baik dan aman. Anda mungkin akan berakhir di suatu daerah terpencil di tempat yang asing ketika Anda hanya mencoba berimprovisasi dengan rute tanpa persiapan. Lakukan penelitian online untuk menjangkau komunitas lari lokal, periksa aplikasi untuk rute yang direkomendasikan oleh pelari lain, atau mintalah hotel Anda jika mereka memiliki rute yang dapat mereka sarankan.