Training Tips | FITNESS | 1 year ago
5 Trik Untuk Tetap Aktif
Jika Kamu masih suka mencari-cari alasan  untuk tidak berolahraga, coba beberapa cara mudah dan cepat berikut ini  agar tubuh aktif setiap hari.
04 September 2017 15:36
Text by Astri Suciati

Berapa kali dalam sehari Kamu duduk?

Mulai dari duduk di bis, di mobil, duduk di tempat kerja, duduk di sofa saat malam, Kita menghabiskan banyak waktu hanya untuk duduk. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kurang aktif dapat meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung, kanker dan obesitas. Jadi bagaimana Kita bisa berolahraga sedangkan Kita selalu diharuskan untuk duduk? Berusahalah! Banyaklah bergerak dengan bantuan beberapa trik berikut ini.


Bergerak di Pagi Hari

Dengan berolahraga di pagi hari, Kamu bisa menghindari alasan kenapa Kamu tidak punya waktu untuk berolahraga. Olahraga di pagi hari saat tubuh masih segar dapat mencegah rasa malas yang timbul saat Kamu sudah lelah bekerja dan tidak ingin berolahraga. Selain itu, Kamu juga bisa lebih berenergi untuk melakukan aktivitas lainnya.


Menghindari Penggunaan Teknologi

Kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi memang membuat manusia menjadi semakin malas bergerak. Banyak hal yang bisa dilakukan secara online sehingga Kamu cenderung duduk di depan komputer untuk melakukan beragam aktivitas yang berbeda. Sekali-kali cobalah tinggalkan kemajuan teknologi tersebut agar tubuh lebih sering bergerak. Misalnya saat Kamu perlu transfer uang, jangan gunakan online banking, namun gunakan saja ATM. Berjalan ke ATM bisa membuat tubuh lebih aktif.


Aktif Bergaul

Hentikan kebiasaan nongkrong di café dan ajaklah teman-temanmu lebih aktif. Kamu bisa ngumpul bareng teman sambil berjalan-jalan, hiking atau bergabung klub olahraga bersam-sama. Jadi selain bergaul Kamu juga punya kesempatan untuk berolahraga.


Berolahrga Selama Perjalanan

Lakukan beberapa latihan sederhana dalam perjalanan ke kantor misalnya dengan berhenti di tempat yang agak jauh dari kantor sehingga Kamu bisa berjalan sebentar untuk sampai ke tempat kerja. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama saat membawa kendaraan pribadi, parkir saja beberapa blok sebelumnya. Saat berada di dalam bis, berdirilah agar tubuh tidak terus menerus duduk. Untuk latihan yang lebih maksimal, cobalah naik sepeda dan stop menggunakan mobil.


Berolahraga Sambil Menonton TV

Di hari libur Kamu mungkin senang menghabiskan waktu menonton TV dan bersantai di rumah. Selingi kegiatan tersebut dengan melakukan beberapa gerakan seperti sit up, melompat atau squats selama jeda iklan. Jadi selama menonton TV Kamu tidak hanya duduk selama berjam-jam.