Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
6 Alasan Kenapa Memanggang Kopi Sendiri Itu Lebih Baik
Seiring dengan berkembangnya teknologi,  masyarakat lebih suka mengkonsumsi kopi kemasan dibanding memanggang  kopi sendiri di rumah.
20 September 2017 18:04
Text by Webmaster

Padahal memilih kopi yang tepat juga berpengaruh terhadap kesehatan karena Kamu tidak tahu apa saja yang ada di dalam kopi tersebut dan sudah berapa lama kopi tersebut dipanggang. Memanggang kopi memang membutuhkan latihan yang cukup, namun mengkonsumsi kopi yang segar jauh lebih memuaskan. Bukan hanya nikmat, biayanya juga lebih murah. Inilah 6 alasan kuat agar Kamu bisa mulai memanggang biji kopi sendiri.


Cepat dan Mudah!

Memanggang kopi sendiri memang kelihatannya merepotkan, namun sebenarnya Kamu bisa melakukannya dengan mudah selama Kamu tahu cara dasarnya. Cukup siapkan alat pembuat popcorn, thermometer, saringan dan timbangan lalu Kamu bisa memanggang kopi hanya dalam waktu kurang lebih 20 menit. Kedengarannya menarik bukan?


Lebih Fresh

Biji kopi yang masih hijau dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa merusak rasanya. Kopi yang sudah dipanggang biasanya akan kehilangan rasa aslinya dan manfaat kesehatannya jika tidak segera dikonsumsi setelah dua minggu sejak kopi dipanggang. Rasa kopi menjadi lebih hambar dan biasanya bisa sangat jelas dikenali perbedaannya jika dikonsumsi tanpa tambahan bahan lainnya. Jadi dengan memanggang kopi sendiri Kamu bisa pastikan kopinya tetap fresh saat diminum. Sebaiknya biji kopi segera digunakan 30 hari dari saat kopi dipanggang, jadi diingat baik-baik.


Lebih Ramah Lingkungan

Dengan memanggang kopi sendiri, Kamu bisa lebih tahu darimana kopi yang Kamu konsumsi itu berasal. Dengan kata lain Kamu membantu mendukung pemberian upah yang adil dan lingkungan kerja yang baik untuk para petani yang peduli terhadap kualitas biji kopi mereka. Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi penggunaan transportasi serta proses pengemasan kopi yang sudah dipanggang, yang tentunya memberikan pengaruh baik untuk lingkungan.


Lebih Murah

Kalau Kamu membeli kopi organik berkualitas tinggi, harganya pasti akan lebih mahal daripada biji kopi hijau organik yang diproduksi dengan metode yang ramah lingkungan. Harganya bisa bervariasi tergantung dari jenis kopinya. Jadi cukup luangkan waktu 20 menit untuk memanggangnya Kamu bisa mendapatkan harga kopi yang lebih murah.


Lebih Nikmat

Memanggang kopi sendiri di rumah memudahkan Kamu untuk mengontrol kualitas biji kopi serta tingkat kematangannya. Kamu bisa beli biji kopi hijau dari para penjual yang mengutamakan kualitas serta keramahan lingkungan produknya. Pastikan bahwa kopi yang Kamu beli organik (karena kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak disemprot dengan pestisida di dunia), jadi pilihlah tempat membelinya dan rasa kopi yang Kamu suka, kemudian Kamu bisa sepenuhnya mengendalikan tingkat kematangan kopi sendiri. Hanya dengan melakukan sedikit latihan Kamu bisa membuat secangkir kopi yang sempurna. Kalau Kamu memang suka minum kopi, tidak ada cara lain yang lebih baik dari ini.


Lebih Sehat

Sama halnya dengan membuat keripik kentang sendiri di rumah sehingga Kamu bisa makan secukupnya saja, memanggang kopi sendiri pun dapat membantu membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi. Bukan hanya itu saja, namun Kamu juga bisa meningkatkan kadar antioksidan dari secangkir kopi. Antioksidan di dalam kopi dapat hilang jika tidak segera dikonsumsi setelah di kopi digiling, jadi kalau Kamu membeli kopi kemasan tentunya manfaat kesehatan di dalamnya sudah banyak yang hilang. Untuk mengoptimalkan kesegaran dan kesehatannya, panggang kopi sendiri, giling hanya pada saat Kamu akan menyeduhnya dan simpan kopi tersebut tidak lebih dari 20 hari. Selain itu, ingat jangan simpan kopi di dalam freezer!


Sebenarnya tidak ada salahnya kok membeli kopi yang sudah dipanggang untuk mendukung para usaha lokal di sekitarmu, namun kalau Kamu ingin menikmati kopi berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, memanggang kopi sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Apa yang Kamu konsumsi sangat mempengaruhi kinerja tubuhmu. Tentunya Kamu boleh saja membeli kopi yang sudah digiling, namun untuk menikmati kopi yang nikmat, lebih hemat, mendukung para petani kopi organik dan mengkonsumsi biji kopi dengan kualitas paling baik, caranya tentu saja dengan memanggang kopi sendiri.