Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
6 Cara Menghilangkan Kecanduan Makan
LATIH OTAK ANDA MENURUNKAN KECANDUAN MAKANAN YANG TIDAK DIINGINKAN DENGAN ENAM TIPS BERIKUT INI.
31 October 2017 12:45
Text by Webmaster

Jika makanan yang Anda pilih membuat lidah dan perut terasa tidak enak, Anda cenderung beralih ke makanan mengandung gula yang tidak sehat untuk menghilangkan rasa tidak enak itu. Inilah cara mengurangi rasa tidak enak tersebut.


PILIH MAKANAN RENDAH KARBOHIDRAT

“Makanan dengan 55 GI (indeks glikemik) lebih rendah akan lebih lambat dicerna, diserap, dan diolah dalam perut dan menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin lebih rendah dan lambat,” menurut Melanie McGrice, ahli diet terpercaya dan direktur klinik Nutrition Plus di Melbourne. “Makanan rendah karbohidrat juga membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi risiko naiknya berat badan dan diabetes.” Makanlah setidaknya lima sajian sayuran segar dan dua buah-buahan, juga gandum dan makanan berprotein rendah lemak setiap hari.


MAKANAN SIAP SAJI “MENYEHATKAN” YANG DIMASAK ULANG DI RUMAH

Siapkan burger dengan roti dari gandum dan sayur-sayuran. Siapkan pula ikan dan kentang yang dipanggang dengan sedikit minyak zaitun.


ALAT MAKAN YANG KECIL

“Memakan sup menggunakan sendok teh membuat Anda makan lebih perlahan. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan terpuaskan setelah menyantap makanan,” kata McGrice. Sumpit juga baik digunakan untuk membuat makanan yang masuk ke mulut lebih sedikit.


MENCAMPUR MAKANAN

Aturan makan yang ketat pada hakikatnya membuat kepuasan saat makan berkurang, nutrisi yang didapat tidak sehat, dan meningkatkan risiko kecanduan. Para ahli diet dari Association of Australia menyarankan untuk memakan 20 jenis makanan berbeda yang bernutrisi setiap harinya.


TINGGI KALORI DAN RENDAH KALORI

Roberts menyebut cara ini sebagai teknik ‘sandwich’. “Anda menyantap makanan berkalori tinggi di tengah-tengah waktu makan dengan makanan lebih rendah kalori yang kaya akan serat dan protein di awal dan akhir waktu makan,” menurutnya. Teknik ini membuat Anda merasa seperti berada di perjamuan makan mewah. Sup merupakan pilihan tepat untuk disantap di awal dan salad untuk penutupnya.


JANGAN LEWATKAN SARAPAN

Makanlah bubur atau telur dan roti gandum yang dipanggang. Orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki tingkat dopamin yang rendah, menurut penelitian dari University of Missouri. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa mereka juga cenderung untuk menginginkan makanan manis atau gurih di kemudian hari.