Training Tips | FITNESS | 3 months ago
7 Alasan Mengapa Yoga Wheel Begitu Populer Tahun Ini
Apa sebenarnya yoga wheel dan mengapa semua orang begitu bersemangat tentangnya?
08 August 2018 19:13
Text by Astri Suciati

Anda mungkin sering melihat para praktisi yoga di Instagram berpose menggunakan sebuah alat berbentuk lingkaran. Ya, itulah yoga wheel, yang kini menjadi alat yang wajib dimiliki setiap pegiat yoga.

Tapi apa sebenarnya yoga wheel dan mengapa semua orang begitu bersemangat tentangnya?

 

Apa itu yoga wheel dan apa kegunaannya?

Yoga wheel adalah alat yang berbentuk bulat atau lingkaran berongga yang dirancang untuk membantu peregangan, melepaskan ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas.

Menurut Lucy Arnold, instruktur yoga dan pelatih pribadi, yoga wheel adalah seperti versi baru dari foam roller.

"Yoga wheel adalah untuk semua orang, mulai dari pelaku yoga pro hingga pelari dan atlet olahraga pertandingan," katanya. “Tahun ini, alat ini menjadi sangat populer karena keserbagunaannya dan bagaimana itu dapat membantu kita untuk melakukan peregangan lebih dalam dan melepaskan ketegangan di tempat-tempat yang sulit diakses. Anda bisa berguling, berbaring dan bernapas di atasnya dan itu benar-benar membantu untuk membuka bahu Anda.”

 

Apa manfaat menggunakan yoga wheel?

"Yoga wheel adalah alat terbaik di pasaran sejauh ini," kata pelatih pribadi selebriti, Peter Maciver AKA PMac.

Tetapi selain juga membangun kekuatan dan stamina, ada banyak keuntungan lain dari menambahkan yoga wheel ke rutinitas latihan Anda.

 

Dapat membantu Anda melakukan peregangan yang sulit dengan aman

"Bagi saya, salah satu kegunaannya yang terbaik adalah bahwa ini cara yang sederhana dan aman untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan backbend (posisi kayang)," kata Peter.

Alat bantu yoga adalah kunci untuk membantu praktisi yoga mengembangkan latihan mereka, dan yoga wheel ini benar-benar membantu membebaskan punggung Anda. Ini sangat bagus jika Anda tidak merasa nyaman dengan melakukan backbend secara tradisional.

 

Dapat membantu mencegah cedera

 “Beberapa tahun yang lalu, alat-alat pendukung yoga dilarang,” ungkap Peter, “tetapi alat ini telah dikembangkan sedemikian rupa untuk bekerja dengan tubuh Anda, dan salah satu hal brilian tentang alat ini adalah bahwa mereka dapat membantu mencegah cedera.”

Anggap yoga wheel sebagai penyangga untuk tubuh Anda - itu dapat membantu Anda tetap tegak dan memberikan dukungan yang kurang selama pose tradisional tanpa alat bantu.

 

Membantu untuk meningkatkan fleksibilitas

Menurut para ahli, menyertakan yoga wheel ke dalam rutinitas yoga Anda akan memberi Anda kepercayaan diri untuk meregangkan tubuh lebih dari biasanya, yang akhirnya memungkinkan Anda untuk menggerakkan tubuh Anda dengan cara yang tidak pernah Anda bisa sebelumnya.

Bagaimana dengan split? Anda akan semakin menguasainya.

 

Dapat membantu meringankan pegal-pegal dan rasa sakit

Ketika Anda kesakitan, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menyelesaikan latihan Anda dan mungkin mengonsumsi obat pereda nyeri, tetapi Anda mungkin tidak harus melakukannya, karena Lucy percaya bahwa berlatih pose ringan dengan yoga wheel memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menenangkan dan menghilangkan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

“Pose tertentu dengan yoga wheel dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pegal di bagian depan tubuh termasuk perut, dada, bahu dan pinggul,” katanya.

Ini juga sangat baik untuk mengurangi sakit punggung dan bekerja luar biasa untuk memijat sepanjang tulang belakang Anda, jadi tidak diperlukan pemijat profesional.

 

Akan membuat Anda lebih kuat

Mengandalkan yoga wheel adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat otot inti Anda.

"Melakukan yoga tanpa alat, beberapa orang dapat merasakan ketidakseimbangan atau tidak stabil, tetapi yoga wheel dapat bertindak seperti sistem pendukung," Peter menjelaskan.

Menggunakan yoga wheel di belakang punggung Anda akan membantu Anda merasa lebih percaya diri untuk melakukan lebih banyak gerakan dengan punggung Anda, dan akhirnya, Anda akan merasa lebih kuat sebagai hasilnya.

 

Akan menghentikan Anda dari membungkuk

Berada di belakang meja dari jam 9 - 5 menyebabkan kerusakan menyeluruh pada punggung dan bahu Anda, tetapi Anda tidak memerlukan pijatan, karena yoga wheel sama menakjubkannya untuk meluruskan urat dan melemaskan otot serta melepaskan ketegangan tersebut.

"Sebagai pelatih pribadi saya melihat begitu banyak contoh klien datang kepada saya dengan bahu yang membungkuk karena cara mereka duduk di tempat kerja," kata Lucy, "tetapi penelitian menunjukkan bahwa menggunakan yoga wheel adalah cara yang fantastis untuk membantu membalikkan efek ini. Ini membantu klien yang belum pernah berlatih yoga sebelumnya dan membantu meregangkan seluruh tubuh. Tidak hanya alat ini mendapatkan popularitas di dunia yoga, tetapi juga di olahraga atletik, karena caranya yang dapat menetralkan urat dan otot yang kaku.”

 

Dapat membantu Anda berangsur rileks

Jika sesi HIIT malam membuat Anda merasa benar-benar lelah tapi tidak bisa tidur, Lucy menyarankan menukarnya dengan gerakan yoga menggunakan yoga wheel. “Ini sempurna untuk meredakan lelah setelah bekerja dan mendorong perasaan rileks.”

Sebuah penelitian di Harvard University bahkan menyimpulkan bahwa latihan-latihan yoga tertentu dapat mengurangi dampak respon stres yang berlebihan dan mungkin membantu dalam memerangi kecemasan dan depresi, serta membantu kita tidur dengan mudah.

 

4 pose sederhana untuk dapat menguasai yoga wheel

 

Spinal Stretch

Mungkin ini pose yang paling mudah untuk dikuasai, ini memberikan tulang punggung Anda sedikit lebih banyak dukungan saat melakukan posisi kayang.

“Posisikan yoga wheel di tengah punggung Anda dan berbaring di atasnya,” kata Lucy. “Posisikan lengan Anda ke samping dan kemudian biarkan kepala Anda menggantung ke belakang. Ini benar-benar peregangan yang sangat baik setelah hari yang berat di kantor.”



 

Forward Fold

Bungkuk yang serius? Pose ini akan meluruskan simpul-simpul urat dan melonggarkan serta merilekskan bahu Anda.

“Ketika Anda dalam posisi duduk, letakkan yoga wheel di bawah otot betis Anda. Jangkau dan letakkan tangan Anda di atas yoga wheel untuk menarik diri Anda lebih dalam,” saran Lucy.



 

Child's Pose

 “Masuk ke child's pose dengan lutut terbuka lebar dan letakkan kedua tangan di sisi-sisi yoga wheel di depan matras Anda,” kata Lucy. “Jaga agar kepala Anda tetap menghadap ke bawah, putar yoga wheel ke depan perlahan dan tekan dada Anda ke lantai. Peregangan ini benar-benar membuka bahu.”



 

Open Your Sides

 “Cukup berlutut di sebelah yoga wheel, gantungkan sebelah kaki Anda di atasnya dan rasakan ruang yang tercipta,” kata Lucy. “Jika Anda sudah berlatih yoga, cobalah menguji pose standing favorit Anda di atas yoga wheel. Itu akan meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.”