How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 10 months ago
7 Camilan Sehat Yang Membuat Anda Merasa Kenyang
7 makanan ringan yang akan membuat Anda merasa lebih gesit, positif dan kenyang.
18 December 2017 15:31
Text by Astri Suciati

Makanan ringan dianggap sebagai kesenangan yang salah atau guilty pleasure. Tidak harus seperti itu karena bisa ada cara sehat untuk memuaskan rasa lapar Anda. Tidak semua kudapan mengganggu kesehatan atau rencana penurunan berat badan Anda. Rasa lapar bisa menyerang Anda setiap saat sepanjang hari. Pada saat itu, Anda meraih kudapan atau apapun yang Anda temukan. Tidak apa-apa untuk menikmati ngemil sesekali, tapi tidak setiap hari. Anda tidak boleh membiarkan kebiasaan ngemil yang buruk menghalangi diet yang sehat bila Anda memikirkan makanan ringan sebagai makanan utama versi mini.

Kuncinya adalah memilih makanan ringan yang sehat saat Anda benar-benar lapar. Beberapa makanan ringan yang sehat adalah makanan dasar seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian serta yogurt. Jika Anda memilih kudapan, pilihlah camilan sehat berkalori rendah seperti popcorn, keripik dan cracker dari gandum utuh.

Berikut adalah 7 makanan ringan yang akan membuat Anda merasa lebih gesit, positif dan kenyang.

 

Apel

Apel dianggap sebagai buah yang paling sehat, makanya baik untuk camilan. Sebuah apel berukuran sedang mengandung sekitar 100 kalori dan sekitar 20 gram gula. Buah super ini membantu mempertahankan energi dan tingkat kelaparan Anda untuk waktu yang lama.

 

Popcorn

Popcorn adalah makanan ringan yang sangat baik yang memberi Anda banyak volume dan serat. Semangkuk popcorn membantu Anda menyelipkan protein selain antioksidan. Satu cangkir popcorn tanpa minyak bebas lemak mengandung sekitar 20 kalori.

 

Kacang

Apakah Anda sering berjuang untuk terus bertahan melawan rasa lapar sepanjang hari? Kalau begitu Anda harus menyediakan kacang yang siap Anda makan kapan saja! Kacang mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Campuran kacang-kacangan atau satu jenis kacang saja bisa memuaskan nafsu makan. Pastikan saja bahwa Anda memakannya sedikit-sedikit karena kandungan lemaknya yang tinggi.

 

Jus sayuran hijau

Sayuran hijau adalah penguat energi yang sangat baik, begitu pula jusnya. Jus sayuran hijau memberi antioksidan, fitonutrien, klorofil, magnesium dan potassium untuk mengembalikan kadar energi Anda. Hal terbaik tentang jus sayuran hijau adalah mudah dicerna dan membuat Anda merasa berenergi dan hidup.

 

Smoothies

Bagaimana dengan camilan yang mengandung buah kesukaan Anda di dalamnya. Milkshake dan smoothies adalah pilihan ngemil yang sangat baik. Campurkan buah dengan yogurt atau susu rendah lemak untuk membuat smoothie yang lezat. Smoothie di antara waktu makan akan membuat Anda kenyang.

 

Telur rebus

Telur rebus adalah sumber protein yang terjangkau dan mudah. Anda bisa membawanya ke tempat kerja atau memakannya saat Anda lapar. Selain kandungan gizinya yang berlimpah, telur juga merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah untuk dimasak.

 

Salad buah

Makan buah memberi manfaat kesehatan, dan makan lebih dari satu jenis buah memiliki lebih banyak manfaat. Salad dari irisan buah-buahan segar bermanfaat dengan baik sebagai camilan. Salad buah merupakan salah satu cara mudah untuk meningkatkan kadar energi.

 

Anda perlu waspada terhadap makanan ringan yang memiliki kalori tapi tidak banyak nutrisi. Makanan atau minuman seperti soda, minuman manis, makanan manis yang dipanggang (kue-kue, cake dan donat) memiliki sedikit nilai gizi dan berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Jadi, buang kebiasaan ngemil yang tidak sehat dan pikir dua kali sebelum Anda mengambil apa pun yang paling mudah tersedia untuk dikunyah.