How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
7 Cara Untuk Membuat Rutinitas Jalan Kaki Anda Lebih Efektif
BERJALAN KAKI MEMILIKI BANYAK MANFAAT FISIK DAN MENTAL. INI MENGURANGI STRES, MENGONTROL KADAR GULA DARAH, MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH, MEMBAKAR LEMAK, DAN MASIH BANYAK LAGI.
20 October 2017 20:19
Text by Webmaster

Bahkan, Anda bisa kehilangan kelebihan lemak tubuh dan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus karena berjalan. Sayangnya, kebanyakan orang berjalan setiap hari untuk menurunkan lemak tetapi tidak pernah mendapat hasil yang mereka harapkan. Dan saya tahu mengapa hal ini terjadi – orang mengikuti latihan rutin yang sama berulang-ulang. Studi ini menunjukkan bahwa ketika kita ulangi latihan untuk waktu yang lama, tubuh beradaptasi untuk itu dan mulai membakar kalori lebih sedikit dari sebelumnya.
Pada artikel ini, saya akan menunjukkan berbagai cara yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas Anda saat berjalan untuk membuatnya menyenangkan dan lebih efektif.


MEMAKAI RANSEL

Mengenakan ransel akan membantu membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Cukup isi ransel dengan buku-buku untuk membuatnya lebih berat dan Anda siap untuk pergi. Jika Anda memiliki rompi berbobot, gunakanlah itu daripada ransel. Sebagai permulaan, masukan barang yang ringan. Setelah terbiasa tambahkan sedikit demi sedikit bebannya karena jika tidak terbiasa memikul barang yang berat, tubuh akan cedera. Terakhir, jangan gunakan ransel yang beratnya lebih dari 20% dari berat tubuh Anda saat berjalan. Jangan juga menaruh beban di pergelangan kaki karena dapat menimbulkan cedera.


BERJALAN MENANJAK

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan menanjak melibatkan tubuh bagian atas lebih banyak dan membakar lebih banyak kalori. Jadi carilah daerah perbukitan di lingkungan Anda dan gunakanlah sebagai track untuk berjalan kaki. Jangan khawatir jika tidak ada bukit di tempat Anda tinggal. Berjalan di atas pasir atau di tangga membakar lebih banyak kalori daripada berjalan di tanah datar. Jika Anda memiliki masalah punggung, Anda dianjurkan untuk menggunakan tongkat ketika berjalan ke atas bukit.


BERJALAN LEBIH CEPAT

Berjalan pada kecepatan yang biasa adalah cara yang bagus untuk bersantai. Tetapi jika tujuan Anda adalah untuk membakar lebih banyak kalori, Anda perlu berjalan lebih cepat. Gunakan monitor detak jantung untuk membantu Anda mempertahankan kecepatan. Pertahankan detak jantung di 75% dari detak jantung maksimum Anda. Tingkatkan kecepatan Anda agar Anda menjadi lebih bugar.


MENINGKATKAN GERAKAN LENGAN

Mengayunkan lengan saat berjalan akan mengaktifkan otot-otot tubuh bagian atas dan membakar lebih banyak kalori. Ayunkan lengan ke atas sampai setinggi dada kemudian ayunkan mereka mundur melewati pinggul.


INTERVAL BERJALAN

Anda dapat menggabungkan pendekatan yang juga digunakan oleh HIIT (High Intensity Interval Training) saat berjalan. Berjalan pada intensitas tinggi selama 30 detik kemudian berjalan normal selama 30 detik berikutnya dan ulangi. Atau gunakan jarak untuk menentukan interval Anda. Berjalan pada intensitas tinggi selama 50 meter kemudian berjalan normal di 50 meter berikutnya dan ulangi.


MENGHITUNG LANGKAH ANDA

Gunakan pedometer untuk mengetahui jumlah langkah yang Anda lakukan dalam sehari. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang bisa membakar hingga 500 kalori dengan berjalan 10.000 langkah sehari. Untuk pertama kali, jangan mencoba untuk berjalan 10.000 langkah. Mulailah dengan target 5.000 langkah kemudian tingkatkan dengan cara Anda sendiri hingga 10.000 langkah.


CARI TEMAN BERJALAN

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan mitra latihan menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang berjalan sendiri. Seorang teman akan membuat Anda berjalan bahkan ketika Anda tidak ingin. Dan mereka bisa menjadi pendukung untuk memotivasi Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan pasangan berjalan – berjalan dengan anjing juga bisa dilakukan. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus. Tapi mereka hanya berlaku jika Anda tetap konsisten dan terus maju.

Jadi, berjalanlah setiap hari dan buat itu menantang dan tentu saja menyenangkan.