Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
7 Manfaat Super Sinar Matahari
TERNYATA SINAR MATAHARI BANYAK MANFAATNYA UNTUK TUBUH KITA.
19 October 2017 13:11
Text by Webmaster
TERNYATA SINAR MATAHARI BANYAK MANFAATNYA UNTUK TUBUH KITA.


MEMBERSIHKAN KULIT

Gangguan kulit seperti eczema dan psoriasis bisa lebih buruk hanya dengan sedikit saja paparan sinar UV, tapi sebaliknya ada manfaat kesehatan yang bisa didapatkan selama Kamu tidak secara langsung berjemur dibawah sinar matahari. Berjalan kaki di pagi atau sore hari bisa menjadi solusi, tapi perhatikan cara yang tepat mendapatkan manfaat sinar matahari di bagian lain artikel ini.

Dr Chris Kearney dari Sidney Specialist Dermatology mengatakan, sinar matahari memiliki efek menekan sistem immun, dimana dapat mengurangi aktivitas sel-sel imun yang ada pada kulit dan bersikulasi melalui darah.  Tapi sinar matahari juga memiliki efek antimicroba sehingga dapat membunuh atau menekan bakteri dan jamur.


benefits-of-vitamin-d


MEMBUNUH TUNGAU DEBU

Jemur kasur, selimut dan karpet di sore hari selama tiga hingga empat jam setiap bulan dapat membunih tungau debu. Cara ini tidak akan menghilangkan gejala alergi yang disebabkan oleh endapan tungau yang tertinggal- tapi endapan tersebut sangat larut air. Cuci saja secara teratur dengan air hangat dan detergent bisa menghilangkan sebagian besar endapan tersebut.


PEMUTIH PAKAIAN

Nanti saat Kamu ingin memutihkan pakaian, pilih saja zat pemutih natural, matahari. Jemur pakaian yang baru saja dicuci dibawah sinar matahari siang yang terik bisa membantu karena cahayanya nya mengurai ikatan kimia pada kain, yang kemudian pudar karena tekanan panas. Cara ini juga dapat membantu mengatasi noda pakaian.

Semprot noda dengan campuran lemon jus dan air kemudian jemur dibawah sinar matahari sampai kering. Cuci seperti biasa dan noda akan hilang.


MENINGKATKAN VITAMIN D

Kita membutuhkan vitamin D untuk tulang dan otot yang kuat serta keseluruhan kesehatan, tapi lagi-lagi, mengatur paparan sinar matahari adalah kuncinya. Craig Sinclair, ketua Dewan Kanker di Public Helath Committee Australia mengatakan bahwa jumlah yang dibutuhkan tergantung dari lokasi, waktu, gaya hidup dan lingkungan disamping kondisi kesehatan yang sudah ada.

Terkena sinar matahari hanya pada bagian wajah dan telapak tangan saja sudah cukup apalagi saat matahari sedang terik.


MENGURANGI JAMUR

Jamur suka dengan tempat yang lembab dan gelap, jadi membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dapatmemperlambat pertumbuhan spora. Buka tirai dan jendela untuk membasahi furniture, karpet dan permukaan lain dengan sinar matahari. Jika ada pakaian atau kain yang juga terinfeksi jamur, ahli restorasi jamur merekomendasikan untuk mencucinya dengan detergent pemutih dan dikeringkan dibawah sinar matahari.


MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Terpapar sinar matahari sebentar bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit kardivaskular, menurut sebuah penelitian dari University of Southampton di Inggris. Para peneliti menemukan bahwa sinar matahari memicu simpanan alami oksida nitrat pada kulit yang memperluas urat nadi kecil dan mengurangi tekanan darah.


MENINGKATKAN SEMANGAT

Sifat yang ceria bisa dipengaruhi oleh sinar matahari karena dapat meningkatkan level serotonin dan mengurangi tingkat stress dan depresi yang bisa meningkat saat cuaca dingin.