Health Advice | HEALTH | 1 year ago
7 Penyakit Orang Tua Yang Dapat Menyerang Lebih Dini
Penyakit seperti stroke dan osteoporosis biasanya diderita oleh orang yang lebih tua, tetapi ternyata orang yang lebih muda dapat pula menderita penyakit tersebut. Alasannya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat sejak muda.
20 September 2017 18:29
Text by Webmaster

Berikut adalah 7 penyakit yang juga dapat menyerang orang di usia muda, antara lain:


Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang serius dan ini biasanya didiagnosis pada orang usia lebih dari 50 tahun. Tetapi penyakit ini dapat terjadi lebih dini yaitu pada usia remaja atau pada awal usia 20-an tahun.

Menurut jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, kebiasaan remaja yang berusaha menghitamkan kulit dengan tanning di salon dapat meningkatkan risiko melanoma hingga 3 kali lipat. Anda juga tidak mungkin menghindari paparan sinar matahari, maka selalu gunakan pelembab yang memberikan perlindungan terhadap matahari.

Kenakan tabir surya sebelum Anda keluar rumah dan kurangi frekuensi kegiatan di luar ruangan antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang, ketika sinar yang paling terik. Ada juga beberapa bukti bahwa suplemen vitamin D harian dapat membantu mencegah penyakit melanoma


Osteoporosis

Biasanya osteoporosis diderita pada orang dengan usia lebih dari 65 tahun, tetapi penyakit ini juga dapat datang lebih awal dan menyerang orang pada usia 50-an tahun. Alasannya adalah karena Anda tidak memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang penting untuk menguatkan tulang.

Selain itu, Anda perlu berolahraga secara teratur untuk membentuk otot dan memperkuat tulang, seperti jogging, berjalan, atau hiking. Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol karena tidak baik untuk kesehatan tulang.


Stroke

Stroke biasanya menyerang orang yang lebih tua dari 65 tahun, tetapi dapat pula terjadi pada orang dengan usia 20-an atau 30-an tahun. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat meski masih di usia muda.

Hindari kebiasaan merokok dan atasi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi sejak dini. Penyakit-penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko stroke.

Anda juga perlu mengurangi asupan garam dan lemak trans, makan ikan dua kali seminggu, dan berolahraga. Bahkan hanya dengan berjalan selama 30 menit per hari, dapat memberikan perubahan pada risiko penyakit stroke.


Kanker payudara

Kanker payudara umumnya menyerang wanita di usia lebih dari 45 tahun, tetapi ternyata dapat juga menyerang remaja. Kebanyakan wanita melupakan pentingnya berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, dan menerapkan pola hidup sehat yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.


Alzheimer

Penyakit gangguan memori ini biasanya terjadi pada orang dengan usia lebih dari 65 tahun, tetapi dapat juga datang lebih awal pada orang dengan usia 40-an tahun. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak dapat menyeimbangkan fungsi otak. Gunakan bagian otak yang jarang Anda gunakan misalnya dengan mempelajari bahasa baru atau belajar memainkan alat musik, dapat membantu untuk melawan penurunan kognitif. Selain itu, Anda perlu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah, karena semua hal yang baik untuk jantung juga baik untuk otak Anda.


Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang di usia 40-an dan 50-an tahun. Tetapi kini penyakit ini bahkan dapat menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko diabetes yang lebih besar. Pastikan untuk menghindari glikemik tinggi, makanan dengan pemanis buatan, rendah serat dan yang mengandung nitrat. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 menemukan hubungan antara penyakit diabetes tipe 2 dengan paparan nitrat, nitrit dan nitrosamin melalui makanan olahan dan yang diawetkan.


Asam urat

Asam urat sering terjadi pada orang usia 50-an dan 60-an tahun, tetapi Anda juga dapat berisiko menderita asam urat sejak usia 30-an tahun. Alasannya adalah karena obesitas dan minum minuman beralakohol.

Orang muda yang obesitas dan minum minuman beralkohol dapat mengembangkan asam urat sejak dini. Tapi penurunan berat badan yang terlalu cepat karena diet ketat juga dapat meningkatkan kadar asam urat.

Source:Detik.com