Health Advice | HEALTH | 11 months ago
7 Tips Alami Untuk Gigi Lebih Putih
Tujuh metode alami untuk mendapatkan gigi yang lebih putih.
13 December 2017 16:37
Text by Astri Suciati

Sebelum memulai topik ini, mari mengutip Dr. Arthur Glosman, seorang dokter gigi kosmetik di Beverly Hills, yang mengatakan, "Jika seseorang itu sehat, maka ia akan terlihat baik. Jika ia sakit, maka gigi putih pun bahkan tidak akan membuatnya terlihat baik."

Perawatan kimia seperti bleaching atau pemutihan gigi memang efektif untuk mendapatkan gigi putih dan berkilau, namun memiliki efek samping sensitivitas dan nyeri pada gigi. Bagi mereka yang ingin menghindari cara ini, ada beberapa teknik yang bisa membuat gigi terlihat cantik dengan senyuman yang mempesona, secara alami.

Berikut tujuh metode alami untuk mendapatkan gigi yang lebih putih.

 

Buah dan sayuran renyah

Buah dan sayuran yang garing dan renyah seperti apel, seledri, wortel memiliki kemampuan abrasif yang cukup untuk berperan sebagai sikat gigi alami dan membantu memutihkan gigi dengan mengangkat noda dari permukaan gigi tanpa membahayakan email. Efeknya meningkat jika buah atau sayuran yang digunakan lebih segar dan garing.

 

Flossing

Flossing atau benang gigi adalah penggunaan filamen tipis dari nilon atau pita polyethylene yang disisipkan dengan lembut di antara gigi untuk menghilangkan partikel makanan dan plak dengan menggores sepanjang sisi terutama di dekat gusi. Ini menghilangkan banyak noda dan membuat gigi terlihat lebih putih. Gusi bengkak yang kemerahan tidak sedap dipandang dan dokter gigi merekomendasikan untuk menyikat gigi lebih lanjut setidaknya dua kali sehari sebelum flossing.

 

Makan keju

Mengonsumsi keju adalah cara memutihkan gigi yang menyenangkan. Semakin banyak bukti menunjukkan fakta bahwa mengonsumsi sedikit keju setelah makan dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan membantu remineralisasi email gigi. Keju dan produk susu seperti yogurt dan susu itu sendiri mengandung kalsium dan fosfor yang memutihkan gigi dengan efeknya pada email gigi.

 

Permen karet bebas gula dengan xylitol

Permen karet bebas gula dengan xylitol yang merupakan pemanis bebas gula yang mencegah pembentukan plak ini mempertahankan tingkat pH di mulut dan meningkatkan produksi air liur. Air liur adalah pembersih alami karena bisa masuk di antara gigi dan area lain di mulut untuk menjaganya agar tetap bersih. Namun itu juga dapat menyebarkan bakteri di mulut dari sisa-sisa makanan dan gula sehingga menyikat gigi dua kali sehari penting untuk menjaga kesehatan dan putihnya gigi.

 

Stroberi dilapis cokelat

Stroberi yang dilapis cokelat dapat membantu memutihkan gigi berdasarkan anggapan bahwa stroberi membuat gigi terlihat lebih putih. Di sisi lain, cokelat dapat bertindak sebagai agen yang melawan bakteri karena adanya kulit biji kakao. Tapi metode ini memiliki kekurangan yaitu bisa menambahkan gula ke dalam tubuh dan kita tidak boleh menggunakan metode ini secara berlebihan.

 

Baking soda

Baking soda memiliki sifat yang bisa menghilangkan noda di permukaan, namun sifatnya yang abrasif bisa merusak email gigi sehingga membuatnya terlihat lebih gelap. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang disetujui oleh dokter gigi, yang memiliki jumlah zat abrasif yang tepat, yang tidak merusak email dan mempertahankan gigi putih.

 

Cuka dan lemon atau sari apel

Cuka dan lemon atau cuka dan sari apel telah digunakan oleh orang-orang untuk memutihkan gigi. Tapi dokter gigi tidak merekomendasikan metode ini karena asam yang dikandungnya dapat merusak email gigi.

Kesimpulannya, putihnya gigi merupakan bagian tak terpisahkan dari keindahan manusia. Oleh karena itu orang bersusah payah menjaga putihnya warna gigi ini.