Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
8 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Setiap Wanita Hamil
Kesalahan umum dalam kehamilan dan cara menghindarinya.
25 October 2017 16:03
Text by Astri Suciati

Meskipun Anda tahu segalanya tentang kebiasaan makan, olahraga dan serba-serbi kehamilan yang benar, masih ada kemungkinan Anda akan menjadi korban kesalahan paling umum yang dilakukan setiap ibu hamil (kebanyakan yang menjadi ibu untuk pertama kali), walaupun tanpa sadar. Namun, jangan khawatir tentang hal-hal tersebut, masih ada waktu bagi Anda untuk memperbaiki kesalahan Anda dan kembali ke jalur semula. Berikut adalah beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan wanita saat hamil.


Makan untuk dua orang

Kebutuhan kalori harian Anda kira-kira antara 1800 sampai 2000 kalori. Apakah Anda benar-benar berpikir bahwa janin kecil yang tumbuh di dalam perut Anda akan membutuhkan banyak kalori harian untuk tumbuh dan berkembang? Jawabannya adalah tidak. Apa yang dibutuhkan bayi Anda adalah nutrisi yang tepat. Aturan praktis di sini adalah bahwa Anda hanya membutuhkan 300 kalori lebih banyak daripada asupan kalori normal Anda. Ingatlah bahwa mengalami kelebihan berat badan selama kehamilan dapat membuat Anda berisiko mengalami kondisi seperti pre eklampsia, diabetes gestasional dan dapat mengharuskan Anda untuk menjalani operasi Caesar saat Anda melahirkan. Hal ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya pasca persalinan. Ketahuilah berapa berat badan yang terlalu banyak selama kehamilan dan bagaimana cara mengatur berat badan.

Apa yang harus Anda lakukan: Jika Anda telah melakukan hal tersebut selama ini sambil menyebut kehamilan sebagai alasan, periksa diet Anda dengan segera. Tetap berpegang pada tiga porsi buah-buahan, sediakan sayuran hijau dan sayuran mentah dan simpan kacang-kacangan dan telur untuk protein yang tepat. Idenya adalah untuk mendapatkan enam makanan kecil seimbang sepanjang hari dan menjaga diri agar tetap terhidrasi. Memenuhi rasa lapar dengan makan yang benar akan membantu Anda membatasi diet Anda hanya dengan apa yang benar-benar diperlukan dan mengurangi hasrat Anda.


Pengobatan sendiri

Tahukah Anda bahwa Anda seharusnya menahan diri untuk tidak menggunakan antasida, parasetamol atau bahkan krim jerawat setelah Anda hamil? Pengobatan yang dilakukan sendiri dapat berdampak buruk pada kehamilan Anda. Menggunakan obat bebas, melakukan pengobatan sendiri atau menjalani perawatan kecantikan yang keras dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi Anda.

Apa yang harus Anda lakukan: Ingat Anda tidak dapat melakukan pengobatan sendiri dengan alasan apapun selama kehamilan Anda. Hanya minum pil yang diresepkan oleh dokter Anda. Jika Anda memperhatikan bahwa dosis vitamin dan zat besi prenatal Anda membuat Anda merasa mual, berbicaralah dengan dokter Anda untuk mengganti merek. Suplemen vitamin dan zat besi ini diresepkan untuk memenuhi persyaratan dan Anda tidak dapat mengonsumsinya tanpa resep. Jika kadar asam, sakit kepala dan jerawat mengganggu Anda, carilah bantuan dari seorang profesional.


Kurang tidur

Jika Anda berpikir bahwa mengorbankan tidur bisa membantu Anda mendapatkan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, ketahuilah bahwa kehamilan bukanlah saatnya untuk menjadi superwoman. Perubahan hormon dan fisik yang terjadi di dalam tubuh Anda selama kehamilan menuntut lebih banyak istirahat. Kurang tidur sebenarnya akan menambah kelelahan Anda karena kehamilan. Juga, cobalah untuk menebus semua defisit tidur Anda, karena tubuh Anda akan membutuhkan Anda agar cukup fit secara fisik untuk melalui usaha keras dan persalinan. Sementara beristirahat dan cukup tidur adalah suatu keharusan, berolahraga juga sangat penting agar tubuh Anda siap menjalani perjalanan yang melelahkan dalam persalinan.

Apa yang dapat Anda lakukan: Jika Anda telah tidur kurang dari lima atau enam jam dalam sehari, saatnya Anda tidur lebih banyak. Usahakan tidur satu jam lebih awal dan bangun satu jam kemudian. Untuk membereskan pekerjaan rumah, pekerjakan seorang pembantu rumah tangga atau mintalah keluarga Anda untuk menyumbangkan tenaga dan ikut membantu. Periksa apakah atasan Anda mengizinkan Anda tidur siang saat jam istirahat. Jika tidak, maka jangan lewatkan tidur siang selama akhir pekan. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara istirahat cukup dan tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama cenderung membuat tubuh Anda mendambakan lebih banyak tidur. Ini bisa menimbulkan masalah pasca kelahiran, saat bayi Anda mengalami siklus tidur yang tidak menentu dan tubuh Anda menginginkan tidur lebih banyak.


Tidak berbicara dengan bayi Anda

Kehamilan bisa membuat stres dan membuat Anda capek dan kelelahan. Semua kelelahan ini bisa menghilangkan perhatian terhadap bayi Anda - kecuali jika Anda merasakan bayi Anda menendang. Tapi itu bukan cara yang sehat untuk diingatkan tentang bayi Anda. Para ahli mengatakan bahwa sangat penting untuk terikat dengan bayi Anda sebelum Anda menerima kehadirannya yang sebenarnya.

Apa yang harus Anda lakukan: Letakkan tangan di perut Anda dan saat membelainya dengan lembut, seringlah berbicara dengan bayi Anda. Memperhatikan bayi Anda membantu Anda mengikatkan diri dengan bayi Anda dan juga merangsang sensitivitas indera. Tapi tidak akan pernah terlambat, bahkan jika Anda telah mencapai trimester ketiga Anda, Anda masih bisa mengalami saat-saat yang bahagia ini.


Menghindari makanan enak

Jika Anda penyuka makanan manis, ada baiknya Anda membatasi asupan makanan manis sedikit setelah trimester kedua. Memperhatikan asupan makanan manis Anda akan membantu Anda mencegah kemungkinan menderita diabetes gestasional dan masalah sejenis lainnya, namun jika Anda merasa stres karena tidak menikmati makanan manis favorit Anda hanya akan meningkatkan tingkat kecemasan di dalam diri Anda, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan bayi Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan: Ambil sebatang coklat saat Anda mendambakannya, tapi ingatlah untuk makan secukupnya. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan pedas dan gorengan. Jika Anda tidak yakin bahwa Anda bisa berhenti hanya dengan makan satu batang coklat atau beberapa cemilan, mintalah suami, ibu atau teman Anda untuk duduk bersama Anda dan memantau asupan Anda. Berhenti saat mereka memberi isyarat. Kecurangan tidak akan merugikan orang lain tapi Anda.


Tidak berolahraga

Jika Anda tidak suka berolahraga, Anda akan cenderung mencari alasan untuk duduk santai dan rileks. Kebanyakan wanita akan mengatakan bahwa perjalanan pulang mereka sehari-hari, naik tangga di kantor atau tempat tinggal mereka, atau melakukan pekerjaan rumah tangga biasa merupakan latihan yang cukup dan membantu membakar kalori ekstra. Tapi tidak berolahraga selama kehamilan bisa membahayakan tubuh Anda tidak seperti yang lainnya. Olahraga membantu memerangi hormon stres, meningkatkan sirkulasi, mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan dan melahirkan dan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Ingat bahwa lelah karena pekerjaan sehari-hari bukanlah pengganti olahraga.

Apa yang harus Anda lakukan: Mulailah berolahraga sejak awal kehamilan Anda. Jika Anda seorang pemula, diskusikan rencana Anda dengan dokter Anda dan bagaimana Anda harus melakukannya. Jika Anda sudah mulai berlatih di gym, berdiskusilah dengan pelatih Anda mengenai bagaimana Anda dapat mengubah aturan latihan yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda. Ingatlah untuk tidak melakukan sesuatu yang drastis atau melakukan tantangan baru selama kehamilan Anda. Yang terpenting hindari tekanan pada otot inti Anda (otot perut). Jika Anda merasa kehamilan Anda baik-baik saja dan belum cukup berolahraga, mulailah meluangkan waktu untuk itu. Berjalan-jalan setelah makan malam atau di pagi hari dan perlahan-lahan lakukan yoga untuk kehamilan, tapi carilah pelatih atau praktisi untuk membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.


Memutuskan perawatan kesehatan dengan tergesa-gesa

Sebelum Anda memutuskan di rumah sakit atau klinik, tanyakan pada diri Anda jenis kelahiran yang Anda inginkan dan apakah dokter dan rumah sakit Anda memiliki sarana untuk mendukung keputusan Anda. Melahirkan adalah pengalaman emosional pribadi dan Anda tidak ingin hal itu berantakan karena tidak mengungkapkan keinginan Anda. Bacalah berbagai jenis persalinan dan pilih apa yang Anda inginkan untuk diri Anda sendiri. Jika hipnobirthing atau water birth yang Anda inginkan, periksa apakah rumah sakit Anda dapat membantu Anda dengan hal-hal tersebut. Jika tidak Anda pastinya harus mencari tempat lain.

Apa yang harus Anda lakukan: Tuliskan rencana kelahiran yang rapi dan jelas tentang apa yang Anda butuhkan dan bagaimana memenuhi kriteria. Bahkan jika Anda berada di trimester terakhir Anda, jangan putus asa. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda merasa nyaman dengan dokter Anda, jika Anda merasa nyaman di rumah sakit atau jika pertanyaan tentang kelahiran dan persalinan telah dijawab dengan tepat oleh staf rumah sakit. Jika tidak, bicaralah dengan teman Anda dan cari pilihan lain. Buat janji temu dengan praktisi lain dan bersikaplah tegas saat diskusi tentang mengapa Anda mencari perubahan.


Tidak bergabung dengan kelas antenatal

Semua orang mengatakan kepada Anda bahwa tidak ada yang bisa dipelajari dari kelas antenatal Anda, dan Anda akan belajar lebih banyak tentang kehamilan dengan mengalaminya sendiri. Tapi tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah Anda cukup tahu tentang perawatan pasca persalinan?' 'Bagaimana cara menyusui dengan benar?' 'Apa yang harus dimakan untuk menyusui dengan baik?' 'Latihan apa yang harus Anda lakukan selama kehamilan?' 'Bagaimana mengelola persalinan?'. Tentu akan ada keluarga untuk membantu Anda. Tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukannya sendiri dan di sinilah kelas antenatal sangat berguna. Kelas antenatal akan memberi Anda semua informasi tentang kehamilan dan perawatan anak dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi tanda-tanda persalinan.

Apa yang harus Anda lakukan: Ambil kelas selama trimester pertama saat kehamilan masih dalam tahap awal. Dengan cara ini, Anda akan memiliki banyak waktu untuk belajar dan melakukan hal yang benar untuk Anda dan bayi Anda. Jika Anda telah ketinggalan, carilah kursus kilat dalam program antenatal. Anda pasti tidak akan kecewa.