Training Tips | FITNESS | 2 weeks ago
Alder Fitness Boutique: Mendorong Orang Untuk Berolahraga Dengan Studio Kebugaran Yang Nyaman, Kekinian Dan Customer Oriented
Alder adalah butik kebugaran yang berupaya menciptakan kembali pengalaman berolahraga. Karena berolahraga haruslah menyenangkan, memuaskan, dan pada akhirnya memberdayakan. Kalimat perkenalan yang tertera di situs Alder Fitness Boutique ini cukup membuat penasaran, semenyenangkan apa pengalaman berolahraga yang bisa didapat dari studio kebugaran ini? Simak ulasan dan obrolan kami dengan founder-nya berikut ini.
02 February 2019 00:21
Text by Astri Suciati


Apa yang terbayang di kepala Anda bila mendengar kata gym atau fitness studio? Suasana mengintimidasi yang bikin minder, aroma kompetisi yang kental, personal trainer yang galak, atmosfer studio yang membuat Anda serasa berada di arena peperangan ketimbang latihan di sebuah ruangan yang menyenangkan? Mungkin sebagian besar gym memiliki reputasi seperti itu, tapi tidak di Alder Fitness Boutique. 

Dari luar, Alder tak tampak seperti studio kebugaran. Lebih seperti café dan butik yang cozy. Begitu masuk pun tak ada aksesoris macam dumbbell atau barbell dan lain-lain yang menghiasi tiap sudut ruangan layaknya tempat-tempat fitness. Suasana yang terkesan ramah ini pun langsung membuat nyaman siapapun yang datang. Tak hanya suasananya saja yang ramah, namun para staf front desk pun tak kalah ramah dalam melayani pengunjung dan peserta kelas olahraga di Alder. Konsep studio kebugaran seperti ini memang sengaja diusung oleh para founder Alder, yaitu tiga bersahabat Gisela Ruslim, Nadya Yapari dan Adeline Cherissa.

Berawal dari kegemaran mereka bertiga berolahraga dan mencoba berbagai studio kebugaran saat masih berkuliah di Amerika Serikat, Gisela dan Nadya di Los Angeles dan Adeline di Boston, mereka merasa mudah sekali menemukan studio kebugaran yang nyaman di sana. Disamping itu budaya sehat dan bugar juga terlihat di mana-mana seperti sudah menjadi hal yang biasa, misalnya orang-orang yang memakai yoga pants ke mana-mana, atau makan buah dan salad yang sudah menjadi pemandangan umum. Hal itulah yang menjadi buah pikiran ketiga sahabat ini saat kembali ke tanah air, dimana saat di negeri Paman Sam mereka melihat bagaimana orang yang tadinya tidak suka berolahraga kemudian menjadi suka karena terpengaruh gaya hidup sehat orang-orang di sekitarnya. Dari situlah mereka ingin menciptakan kembali budaya sehat tersebut di sini. Meskipun Gisela dan kawan-kawan tak memiliki latar belakang personal trainer, namun mereka mantap mendirikan Alder yang resmi dibuka pada bulan April 2017.

Berlokasi di selatan Jakarta, bangunan tiga lantai yang tadinya sebuah kantor ini pun disulap menjadi studio kebugaran yang menyenangkan dan tentunya, Instagrammable, karena ada beberapa ornamen dan detail di area tertentu yang cocok dijadikan spot untuk berselfie ria. Contohnya di lantai 2, di luar ruangan kelas high impact workout ada satu dinding yang dipenuhi gantungan kunci bertema fitness, dengan sebuah cermin bundar di tengahnya. Ada lagi yang unik di Alder. Lokernya bertuliskan nama-nama seleb / tokoh dunia seperti Beyonce, (John) Lennon, Elvis, Oprah, bahkan ada (Bung) Hatta!