Training Tips | FITNESS | 3 weeks ago
Andry Perdana Wijaya: Dari Cristiano Ronaldo Hingga L-Men Of The Year
Bagi yang rajin mengikuti perkembangan ajang L-Men of The Year tentu tak asing dengan sosok pria bertubuh atletis ini: Andry Perdana Wijaya. Grand Finalist L-Men of The Year 2013 ini sekarang aktif sebagai fitness coach sekaligus pemilik layanan penyedia makanan diet sehat yang dirancangnya sendiri. Berikut wawancara kami dengan Andry.
25 March 2019 16:06
Text by Astri Suciati

Dari sekian banyak deretan fitness influencer yang memenuhi media sosial khususnya Instagram, salah satunya adalah Andry Perdana Wijaya. Untuk yang gemar mencari inspirasi seputar tips dan motivasi fitness atau online coaching pastinya mengenal pria berotot kekar ini. Melalui penampakan fisik ala binaragawan yang kerap diunggahnya di akun Instagram pribadinya, mungkin ada yang penasaran siapa dia sebenarnya dan bagaimana serta berapa lama untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh seperti itu. 

Pria yang dulunya pernah masuk dalam jajaran Grand Finalist L-Men of The Year 2013 ini mengawali kegemarannya mengolah tubuh karena terinspirasi oleh Cristiano Ronaldo, pesepakbola Portugal yang terkenal dengan kelincahan dan tubuhnya yang atletis. Inilah yang memotivasinya untuk memiliki tubuh yang lebih baik dari sebelumnya dengan latihan-latihan dan asupan nutrisi yang teratur, hingga membawanya ke berbagai ajang body contest nasional maupun internasional. Bahkan kini ia pun memiliki bisnis makanan sehat yang disebutnya sebagai diet cerdas bernama Nutrisiku. Andry membagikan cerita perjalanannya mengadopsi gaya hidup sehat dan fitness kepada kami berikut ini.




Sejak kapan tertarik dengan dunia fitness dan apa yang memotivasi kamu?

Sejak kuliah, awalnya saya tertarik untuk memiliki tubuh yang lebih kuat dan atletis seperti atlet sepak bola Cristiano Ronaldo. Selain itu saya juga termotivasi untuk selalu menjadi versi terbaik dari diri saya sebelumnya, saya sangat menikmati setiap sesi berlatih beban maupun mengatur asupan nutrisi harian saya. Sampai akhirnya dunia fitness menjadi gaya hidup yang melekat erat di diri saya.


Berapa lama proses perjalanan kamu untuk membentuk tubuh hingga jadi seperti sekarang dan adakah kesulitan yang kamu alami untuk mencapainya? 

Kurang lebih sudah 7 tahun saya tekun berlatih beban, belajar dan memperhatikan nutrisi bagi tubuh saya. Saya bisa katakan bahwa saya tidak pernah melihat tantangan sebagai sebuah kesulitan. Karena saya bersyukur bisa menjalani gaya hidup seperti ini sebagai hal yang menyenangkan, sehingga saya melihat setiap tantangan yang ada sebagai sebuah proses pembelajaran untuk terus berkembang. 


Ceritakan dong pengalaman kamu hingga bisa mengikuti L-Men of The Year 2013.

Pada waktu itu, sebelum ajang L-Men of The Year saya memiliki keinginan menguji diri untuk menilai kerja keras saya dalam berlatih dan berdiet pada ajang body contest lokal yang diadakan di daerah. Dengan waktu berlatih dan berdiet yang masih muda alias singkat, waktu itu saya berhasil lolos sampai babak semifinal pada kelas pemula, dari situ memunculkan semangat yang lebih besar untuk menjadi lebih baik dari diri sebelumnya. Pantang menyerah, akhirnya setahun kemudian saya pun mengikuti ajang Audisi L-Men of The Year dan berhasil lolos hingga ke babak Grand Final di Jakarta. Puji Tuhan di ajang itu pun saya berhasil mendapatkan gelar (The Best Body LOTY 2013).


Prestasi apa lagi yang kamu raih dari memiliki tubuh atletis dan mana yang paling berkesan atau membanggakan? 

Saya berhasil menjuarai beberapa ajang Body Contest dan Men's Physique nasional juga internasional. Dan yang paling berkesan adalah di ajang kompetisi Men's Physique International yang diadakan oleh Organisasi fitness dari INBA (International Natural Bodybuilding Association) Australia dan diselenggarakan di Bali pada tahun 2016. Ajang itu adalah ajang fitness internasional yang bersifat natural dan diadakannya sistem test doping / drug. Puji Tuhan waktu itu saya berhasil menempati juara 3 di kelas Men's Physique Open. Bertanding dengan peserta dari berbagai negara dengan sportivitas natural merupakan pengalaman yang sangat mengesankan bagi saya.


Kamu juga punya bisnis lain yaitu Nutrisiku. Bisa dijelaskan apa itu? 

Nutrisiku merupakan sebuah jasa layanan penyedia makanan sehat / makanan diet yang saya rancang dengan visi: menjadi solusi terbaik untuk semua orang dalam hal berdiet, menurunkan atau menaikkan berat badan. 

Dan misinya adalah: menyajikan makanan dengan standar perhitungan makronutrisi, sehingga menghasilkan makanan dengan gizi yang seimbang dengan menu yang variatif.


Apakah kamu juga belajar khusus mengenai nutrisi seperti menempuh pendidikan ahli gizi misalnya, dan apakah kamu juga ikut turun tangan untuk memasak sendiri semua menu?

Ya, selain tentang latihan beban saya juga belajar secara khusus dalam hal nutrisi melalui seminar di dalam negeri maupun luar negeri secara online dan pada bagian dapur saya tidak turun langsung dalam hal memasak semua menu yang ada di Nutrisiku, saya memiliki tim khusus yang bekerja sesuai SOP / Standar Operasional Prosedur.