How To Beauty | BEAUTY | 3 weeks ago
Cara Merawat Kulit Anda Selama Ramadan
Tips dan trik terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap bahagia dan sehat sepanjang Bulan Suci.
30 May 2018 15:24
Text by Astri Suciati

Breakout, bercak-bercak kulit kering dan kulit kusam adalah semua gejala dari dehidrasi yang terkait dengan puasa selama Ramadan. Tetapi Anda beruntung, kami telah mengumpulkan tips dan trik terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap bahagia dan sehat sepanjang Bulan Suci.

 

Minum banyak air

 

Selama Ramadan Anda perlu minum air sebanyak mungkin, idealnya setidaknya dua liter sehari, untuk menghindari dehidrasi kulit, terutama dalam cuaca panas. Sayangnya dehidrasi dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lelah dan kusam, yang bukan berita baik jika Anda sudah memiliki kulit kering secara alami. Pastikan Anda juga mengonsumsi jus buah alami dan teh herbal karena dapat membantu tubuh Anda tetap sejuk sepanjang musim panas. Jika Anda berpuasa, pastikan untuk minum air sebanyak mungkin saat berbuka puasa.

 

Melembabkan kulit dua kali sehari

 

Melembabkan kulit Anda selama Ramadan sangat penting. Anda harus memastikan bahwa Anda mengoleskan krim wajah dan losion tubuh yang menghidrasi setelah mandi dan sebelum tidur. Jika Anda hendak ke luar, cobalah mencari tempat teduh jika memungkinkan dan pilih krim siang yang mengandung SPF untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Anda juga disarankan untuk menyimpan facial mist (air mawar adalah pilihan yang bagus) karena ini akan membantu mendinginkan kulit dan memberikan hidrasi yang diperlukan sepanjang hari.

 

Menghindari make-up yang berat

 

Hindari memakai banyak make-up di siang hari saat Anda sedang berpuasa seperti foundation dan concealer tebal. Kombinasi panas, dehidrasi dan riasan berat dapat menyebabkan breakout. Sebaliknya pilih produk yang ringan dan melembabkan seperti BB cream dan lip balm dengan tambahan SPF.

 

Makan dengan sehat

 

Selama sahur dan berbuka puasa pastikan Anda memilih sayuran seperti wortel, brokoli, selada dan bayam karena mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan kulit Anda. Hal yang sama berlaku untuk kacang-kacangan dan buah-buahan seperti stroberi dan blueberry, yang mengandung antioksidan yang meningkatkan proses regenerasi sel kulit. Kurma merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalium, magnesium dan kalsium, sedangkan aprikot kering dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit Anda.