Training Tips | FITNESS | 2 weeks ago
Guru Milang: Personal Trainer Sekaligus Triathlete Dan Pelari
Di balik fitness & body goals para pegiat kebugaran, terdapat sosok yang berpengaruh terhadap kesuksesan mereka, tak lain adalah pelatih kebugaran pribadi alias personal trainer. Salah satunya adalah Guru Milang, spesialis functional strength & movement.
26 June 2019 17:11
Text by Astri Suciati

Personal trainer lazim dijumpai di pusat-pusat kebugaran atau gym. Profesi yang satu ini banyak dimanfaatkan jasanya oleh orang-orang yang serius menginginkan body goals tertentu, semisal menurunkan berat badan, membentuk massa otot, body building, persiapan kompetisi olahraga, atau hanya sekadar meningkatkan stamina dan kebugaran. Personal trainer-lah yang berperan mengantarkan mereka untuk melihat dan merasakan hasilnya.

Tugas seorang personal trainer tak hanya menyusun program yang sesuai dan membimbing klien semasa latihan, namun juga memotivasi agar klien tetap disiplin dan tak menyerah demi memperoleh tujuan yang diharapkan. Salah satu personal trainer berpengalaman yang kali ini kami tampilkan profilnya yaitu Guru Milang. Mungkin Anda pernah mengikuti kelasnya atau barangkali menjadi kliennya. 

Gugi, sapaan akrabnya adalah coach dengan spesialisasi functional strength & movement, yaitu berbagai gerakan yang melatih otot untuk bekerja bersama dan mempersiapkannya untuk tugas sehari-hari dengan mensimulasikan gerakan umum yang mungkin biasa Anda lakukan di rumah, di tempat kerja atau dalam olahraga. Selain sebagai pelatih kebugaran, ayah dua anak ini juga aktif sebagai pelari ultramarathon dan triathlete. Ia kerap mengikuti ajang kompetisi lari dan triathlon yang juga ia unggah di akun Instagram pribadinya @gurumilang. 

Brand ambassador Compressport Indonesia dan League Sportswear ini berbagi pengalaman dan tips seputar kebugaran dalam obrolan berikut.




Sejak kapan menjadi personal trainer? 

Sejak November 2007 menjadi Fitness Instructor di Fitness First Indonesia.


Bagaimana caranya seorang PT mengetahui bahwa program latihan / gerakan tertentu cocok atau tidak untuk kliennya?

Sebelum memulai program saya melakukan fitness test dan movement screening terlebih dahulu. Tujuannya agar mengetahui jelas goal dan kebutuhan calon klien, juga mengetahui kondisi kesehatan dari calon klien tersebut.


Apakah mengatur pola makan untuk klien juga bisa menjadi bagian dari tugas seorang PT? 

Sebenarnya tidak, karena ini adalah tugas ahli gizi dan nutrisi, tugas PT hanya mengarahkan pada pola hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk pola makan dapat menyarankan klien berkonsultasi langsung pada ahlinya.


Untuk yang doyan ngemil, apa sih pre workout snack yang paling baik? 

Saya dan juga terkadang menyarankan klien saya untuk snacking buah dan kacang kacangan.