Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Aman Di Bawah Sinar Matahari
Agar aman di bawah sinar matahari kita harus memiliki pemahaman tentang bagaimana mencegah kanker kulit. Penting juga mengetahui tanda-tanda awal kanker kulit.
26 October 2017 16:09
Text by Astri Suciati

Jika Anda berencana liburan ke pantai, menghabiskan waktu di pulau, atau di tempat-tempat tropis lainnya yang memiliki sinar matahari yang berlimpah, jangan lupa untuk mempersiapkan perlindungan bagi kulit Anda. Karena meskipun kita tinggal di negara tropis, sinar matahari yang menyengat tidak selalu ramah bagi tubuh kita.


Memahami suncream

Suncream sering dioleskan terlalu tipis. Untuk menutupi keseluruhan tubuh, dibutuhkan jumlah sekitar satu cup wadah telur dan diaplikasikan setiap 2-3 jam. Ini juga harus diaplikasikan minimal 30 menit sebelum pergi keluar dan terpapar matahari. Anda sebaiknya jangan pernah berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang terlalu lama. Suncream tidak menawarkan perlindungan tak terbatas.

Semakin tinggi faktor SPF pada krim Anda, semakin besar perlindungan terhadap sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar. Suncream harus digunakan secara teratur dan dalam ukuran serta jumlah yang tepat, terutama di iklim tropis. Faktor SPF tinggi hanya akan membantu mencegah kulit terbakar, tapi tidak akan selalu melindungi terhadap sinar UVA, yang tidak diperhitungkan saat menentukan SPF. Perlindungan UVA biasanya dinilai secara terpisah antara 2 dan 4.


Menggunakan pakaian untuk melindungi Anda di bawah sinar matahari

Penting saat bepergian untuk memahami risiko yang terkait dengan terlalu banyaknya paparan sinar matahari. Hal ini berlaku tidak hanya di pantai. Salju, pasir dan air juga akan memantulkan sinar matahari. Pilihan pakaian kita bisa berperan dalam melindungi tubuh kita.

Kenakan pakaian yang akan melindungi Anda di bawah sinar matahari. Kacamata hitam, pakaian dari kain berserat rapat dan topi pelindung matahari yang menutupi leher, telinga dan belakang leher.


Perlindungan melalui gaya hidup

Banyak orang masih menganggap kulit coklat yang eksotik itu "modis". Ini terutama bagi orang-orang Caucasian atau orang Asia berkulit putih yang menginginkan kulit coklat. Mereka senang jika sudah berhasil memiliki kulit coklat menawan. Namun perubahan gaya hidup sederhana dan juga segala sesuatu yang sedang-sedang saja dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit.

Berada di tempat teduh antara pukul 11.00 dan 15.00, Anda dapat mencegah kulit terbakar dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Terlalu banyak paparan pada akhirnya bisa menyebabkan kanker kulit, penuaan, keriput atau terbakar sengatan sinar matahari. Ketika Anda tiba di tempat tujuan Anda, jangan duduk berpanas-panasan di luar sepanjang waktu pada hari pertama. Paparan sinar matahari secara bertahap jauh lebih aman, meningkatkan waktu penyesuaian tubuh Anda sampai Anda terbiasa dengan sinar matahari.

Minumlah banyak minuman non-alkohol untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda sedang dalam pengobatan, tanyakan kepada dokter Anda sebelum Anda pergi karena beberapa obat dapat membuat Anda lebih peka terhadap sinar matahari.


Perhatikan tahi lalat atau noda gelap yang muncul saat Anda habis berada di bawah sinar matahari

Selalu berkonsultasi dengan Dokter atau Perawat Anda jika Anda melihat ada perubahan yang tidak biasa pada kulit atau tahi lalat Anda. Setiap tahi lalat dan noda gelap yang menjadi gatal atau berdarah, atau berubah warna, bentuk atau ukuran juga harus dilaporkan ke dokter Anda.