Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Anda Percaya 5 Mitos Fitness Ini? Pikir Lagi!
Ingin hidup sehat dan bugar dengan Fitness? Untuk pemula, dunia fitness memang sangat sulit untuk dikuasai.
04 September 2017 15:46
Text by Astri Suciati

Ingin hidup sehat dan bugar dengan Fitness? Untuk pemula, dunia fitness memang sangat sulit untuk dikuasai. Hal ini menjadi sangat sulit jika anda ingin lebih sehat dan bugar namun terus diberi informasi yang tidak tepat. Oleh karena itu, marilah kita pahami dengan lebih jelas dengan berhenti mempercayai kelima mitos ini dalam dunia fitness.


MITOS 1: Otot yang lebih berat dari pada lemak.

Mari perjelas bahwa 1 kilo otot tidak lebih berat dari 1 kilo lemak di dalam tubuh kita. 1 kilo akan selalu sama beratnya dengan 1 kilo. Hal yang membedakan dari kedua hal tersebut adalah bahwa otot jauh lebih padat dari pada lemak, dimana 1 pound otot akan menghabiskan ruang yang lebih banyak dibandingkan 1 pound lemak. Jika volume dari otot disamakan dengan volume dari lemak, tentu saja otot akan jauh lebih berat, tetapi hal ini masih menjadi perbincangan hangat dalam penurunan berat badan. Pada awal program pengkonsumsian nutrisi dan juga menjalankan program fitness, skala perubahan yang terjadi pada tubuh anda memang tidak akan langsung terealisasi seperti yang anda harapkan, dan hal ini terjadi karena peningkatan otot dan penurunan jumlah pada lemak. Lalu bagaimana caranya untuk bisa membuat bentuk tubuh yang bagus? Berhentilah untuk merasa bahwa diri anda berat. Berat hanyalah masalah angka. Jika kamu tetap memakan banyak sekali makanan sehat namun diiringi dengan program latihan yang teratur, anda tidak perlu lagi khawatir tentang skala jumlah pada tubuh anda dan anda sudah berada di tahap yang benar.


MITOS 2: Lakukan cardio untuk membakar lemak.

Tentu saja latihan cardio akan membakar lemak anda, namun beberapa orang masih lebih memilih latihan berat. Beberapa orang masih lebih memilih latihan berat, karena manfaatnya yang lebih banyak, yaitu salah satunya adalah memperkuat tulang. Dalam hal ini, latihan berat sebenarnya akan meningkatkan volume otot anda. Otot yang membesar berarti akan ada peristirahatan jumlah metabolik yang berarti anda membakar lebih banyak kalori dengan hanya duduk saja dibandingkan dengan melakukan hal-hal tersebut. Pada intinya, baik cardio ataupun latihan berat, keduanya bisa membakar lemak anda. Tidak ada yang lebih baik, ataupun lebih penting.


MITOS 3: Anda perlu satu jam untuk mendapatkan manfaatnya.

Hal ini tidak benar. Pada faktnya, semua bergantung pada jenis dari latihan yang anda lakukan. High Intersity Interval Training (HIIT) telah membuktikan untuk meningkatkan metabolisme anda membutuhkan beberapa jam sesudah melakukan sebuah latihan. Disisi lain, latihan ringan jogging dengan waktu yang sebentar pun memiliki manfaat untuk kesehatan jantung anda. Jadi, mau itu anda seorang yang sangar rutin latihan dalam waktu lama, atau latihan seperti jogging dengan waktu sebentar namun teratur, semuanya masih sangat berguna dengan kisaran waktu 10 menit sampai 2 jam. Bahkan jika anda hanya sanggup melakukan 20 squat atau latihan selama 10 menit saja, hal ini masih sangat bermafaat untuk tubuh anda,


MITOS 4: Wanita menjadi lebih besar ketika mengangkat beban.

Mari kita perjelas permasalahan ini secara mendetail. Mengangkat beban sangatlah bermanfaat untuk semuanya. Otot wanita tidak akan tumbuh menjadi besar, sebesar otot yang tumbuh pada pria. Hal ini dikarenakan wanita memiliki level testosterone yang lebih kecil dari pada pria, yang berarti otot pada wanita tidak akan tumbuh dengan besar sepesat otot pada pria. Hal ini tentu saja membuat wanita bisa lebih kuat namun tetap ramping, dimana hal ini sangatlah penting untuk wanita.


MITOS 5: BMI adalah standar untuk fitness.

Jika skala BMI anda di atas 24.9, faktanya hal ini tidak berarti bahwa anda tidak fit ataupun tidak sehat. Body Mass Index sangatlah realtif dalam menebak kesehatan anda. Banyak sekali orang dengan otot yang sangat besar memiliki skala BMI yang sangat besar dan tinggi, namun mereka sangat sehat dan juga fit. Oleh karena itu, berhentilah untuk terpatok dengan perhitungan BMI dan camkan pada diri anda bahwa tujuan dari fitness adalah diri anda sendiri bukan pada jumlah angka dari BMI tersebut.


Menjadi fit memang membutuhkan banyak sekali usaha, namun tentu saja hal ini masih sangatlah memungkinkan untuk dilakukan. Berhentilah meragukan diri anda sendiri! Berhentilah untuk mendengarkan omongan-omongan tidak jelas dan cobalah untuk fokus pada program dan latihan yang membuat tubuh anda menjadi lebih fit dan sehat. Sangat simpel untuk dilakukan.


Lalu mitos apa lagi yang bisa menjadi masalah untuk kegiatan fitness anda?