Wellbeing | WELLBEING | 4 months ago
Apa Itu ESports?
"eSports" dinikmati oleh banyak anak dan orang dewasa yang menikmati persaingan dengan permainan komputer mereka. Bahkan, pertama kali dalam sejarah Asian Games, eSports akan mulai dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia tahun 2018 ini. Tapi apa sebenarnya eSports itu?
28 June 2018 19:38
Text by Astri Suciati

"eSports" dinikmati oleh banyak anak dan orang dewasa yang menikmati persaingan dengan permainan komputer mereka. Bahkan, pertama kali dalam sejarah Asian Games, eSports akan mulai dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia tahun 2018 ini. Tapi apa sebenarnya eSports itu?

"eSports" adalah kependekan dari electronic sports atau olahraga elektronik. Sama seperti pemain sepak bola yang bermain sepak bola bersama, pemain eSports bermain game komputer melawan satu sama lain. Tapi itu tidak hanya terjadi di ruang keluarga antara teman dan keluarga. Turnamen eSports besar kini berlangsung di seluruh dunia dalam arena besar dengan kerumunan yang sangat besar.

Untuk turnamen besar dengan para pemain yang terkenal, para penggemar dari seluruh dunia dapat menyaksikan aksi tersebut secara online, dan para pesaingnya bahkan dapat memperoleh bayaran untuk melakukannya. Mereka juga cenderung bermain dalam tim, daripada bermain sendiri. Pada kompetisi eSports, para gamer akan bertarung satu sama lain pada game tertentu, dengan para penggemarnya menonton di layar.

 

Dari mana eSports berasal?

Orang-orang yang bermain game komputer melawan satu sama lain bukanlah hal baru – para gamer telah melakukan ini selama lebih dari 30 tahun. Sekitar tahun 2000, komputer menjadi lebih murah dan internet menjadi lebih cepat, yang membuatnya lebih mudah bagi lebih banyak orang untuk terlibat dengan permainan komputer.

Ini juga menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan para gamer di seluruh dunia, sehingga orang bisa bermain melawan satu sama lain dan menonton yang lain. Sekarang, para pemain game ini telah menjadi sangat terampil, dan dalam beberapa kasus, mendapatkan jutaan penggemar. Game komputer kini telah menjadi terorganisasi, kompetitif, dan profesional. Hasilnya, ia telah diberi nama sendiri: "eSports".

Tidak semua orang setuju bahwa game komputer harus dianggap sebagai olahraga. Beberapa orang berpikir bahwa olahraga harus melibatkan kegiatan yang lebih aktif secara fisik. Tetapi yang lain berpikir bahwa meskipun mungkin tidak melibatkan aktivitas atletik secara fisik seperti tenis atau sepak bola, keterampilan yang terlibat berarti itu dapat dianggap sebagai olahraga.

 

Apakah itu mudah?

Bermain game komputer sebagai pekerjaan Anda mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan, dan bagi banyak orang itu akan menjadi kenyataan! Tapi jangan terkecoh, pemain eSports terbaik harus bekerja keras dan berlatih.

Beberapa pemain mungkin berlatih hingga 14 jam sehari untuk memastikan mereka memiliki refleks dan reaksi yang sangat cepat. Para pemain ini mungkin membuat lebih dari 300 "aksi" per menit, jadi mereka harus dapat melakukan banyak tugas dengan sangat baik.

Pemain profesional perlu berlatih selama berjam-jam. Jika ada pembaruan, mereka harus memastikan bahwa mereka telah menguasai perubahan apa pun, sehingga mereka tetap bisa menjadi yang terbaik.

 

Seperti apa masa depan eSports?

Tidak diragukan bahwa eSports sedang menanjak. Klub olahraga "tradisional", seperti tim sepak bola Premier League, mulai membeli pemain eSports untuk mewakili mereka dalam kompetisi. Sebelumnya pada tahun 2016, diumumkan bahwa eSports akan mendapatkan organisasi resmi, yang disebut World eSports Association, yang bertanggung jawab atas olahraga ini - sedikit seperti yang dilakukan FIFA untuk sepak bola.

Kemudian, di musim panas tahun lalu, terungkap bahwa Inggris akan mendapatkan saluran TV 24 jam pertamanya yang didedikasikan sepenuhnya untuk eSports. Tidak diragukan bahwa perubahan yang menarik sedang terjadi dan seiring dengan peningkatan teknologi, eSports dapat terus tumbuh.

Mungkinkah akan lebih besar dari sepak bola satu hari nanti? Hanya waktu yang akan menjawab.