Training Tips | FITNESS | 3 months ago
Apa Itu VersaClimber Dan Bagaimana Anda Seharusnya Menggunakannya?
Mesin yang sangat populer ini menawarkan latihan kekuatan dan kardio yang unik.
07 August 2018 18:59
Text by Astri Suciati

Dari semua mesin cardio, VersaClimber — mesin yang tinggi dan kurus dengan pegangan dan pijakan — mungkin yang paling mirip perangkat penyiksaan Abad Pertengahan.

Tetapi mesin yang menjanjikan ini telah bermunculan di mana-mana mulai dari pusat kebugaran biasa hingga pilihan butik di Amerika sana, di mana selebritas seperti Jennifer Anniston dan Alison Bree menggunakannya untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

 

Apa itu VersaClimber?

Ketika digunakan dengan benar, VersaClimber adalah alat yang hebat untuk membangun kekuatan tubuh dan kardio secara total. Jika ini kali pertama Anda mencoba mesin ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan seorang pelatih untuk membantu Anda mengatur perangkat. Mencoba alat baru kadang-kadang bisa menjadi tantangan, dan gerakan yang berulang-ulang serta bergantian dapat terasa canggung pada awalnya, kata Julie Wandzilak, pelatih pribadi bersertifikat di Equinox di New York City.

Meskipun demikian, jika Anda tidak memiliki pelatih untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa panduan umum yang perlu diingat:

  • Sebelum memulai, atur pegangan ke pengaturan yang benar sesuai tinggi badan Anda: Berdiri di pedal kaki, dan posisikan genggaman tangan sehingga tingginya sebahu.
  • Atur tegangan pada layar sesuai keinginan Anda — Anda dapat melakukannya dengan menggunakan papan angka.
  • Injak pedal, dan kencangkan tali di atas kaki Anda.
  • Mulailah memanjat, regangkan lengan kanan dan kaki kiri Anda ke atas, lalu ulangi pada sisi yang satunya.

Seperti peralatan kardio lainnya, ada tingkat resistensi dan kecepatan yang berbeda yang dapat disesuaikan untuk memberi tubuh Anda berbagai manfaat. Tetapi jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba, memulai dengan resistensi sedang biasanya merupakan pilihan yang bagus. Semakin rendah resistensi, semakin banyak tantangan kardio yang akan Anda dapatkan, karena Anda perlu menjaga lengan dan kaki Anda terus bergerak. Mainkan resistensinya dan itu menjadi lebih dari latihan kekuatan.

 

Apa fungsinya?

Kecuali Anda melakukan banyak latihan rutin, VersaClimber membantu memanfaatkan otot yang biasanya tidak ditargetkan, jelas Wandzilak. Mengingat kita menghabiskan begitu banyak waktu bergerak dalam pola linier atau lateral, bergerak secara vertikal menantang kelompok otot baru.

Plus, "itu membutuhkan tubuh untuk bekerja dengan ekstremitas kontralateral-nya," kata Wandzilak. "Artinya, lengan kanan dan kaki kiri Anda harus bekerja sama dengan satu sama lain untuk dapat melewati latihan ini."

Penelitian menunjukkan bahwa VersaClimber benar-benar membakar lebih banyak kalori, meningkatkan detak jantung Anda, dan meningkatkan konsumsi oksigen jika dibandingkan dengan menggunakan mesin dayung dan berlari di atas treadmill. Peningkatan VO2 max, atau jumlah maksimum oksigen yang dapat Anda gunakan selama latihan, juga menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar setelah latihan Anda.

 

Bagaimana seharusnya Anda menggunakan VersaClimber dalam latihan?

Berikut beberapa ide, menurut Wandzilak:

  • Naiklah ke Versaclimber untuk sprint selama 10 hingga 20 detik untuk menyelesaikan kardio di akhir latihan Anda
  • Panjatlah selama 20 menit atau lebih untuk latihan kardio stabil (daripada menghabiskan waktu di atas treadmill atau elliptical)
  • Gunakan VersaClimber untuk latihan interval, bergantian antara sprint resistensi tinggi dan beberapa pemulihan resistensi rendah 

Seperti halnya mesin cardio lainnya, VersaClimber hadir dengan beberapa program yang sudah diinstal sebelumnya, sehingga Anda dapat menggulirnya dan memilih yang mana yang ingin Anda lakukan jika Anda belum siap untuk mencari tahu rencana latihan Anda sendiri.

Ingat: "Santai saja dan lakukan pelan-pelan," kata Wandzilak. "Tidak perlu naik ke VersaClimber dan mengira seperti mendaki Gunung Everest. Berfokuslah untuk merasa nyaman saat menggunakannya. Kemudian, Anda bisa bermain-main dengan langkah per menit dan resistensinya."

Namun, seberapa pun mahirnya Anda, itu mungkin masih terasa seperti Anda berada di perangkat penyiksaan, tetapi sekarang Anda tahu betapa bakal berharganya penyiksaan itu!