Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Apakah Parfum Alami Lebih Baik Bagi Anda?
MENGGANTI PARFUM YANG BIASA ANDA PAKAI DENGAN WANGI-WANGIAN YANG DIPEROLEH DARI ALAM DAPAT MENGURANGI KIMIA DALAM TUBUH.
24 October 2017 16:13
Text by Webmaster

Oleh: Libby Hakim

Sebagai penulis kecantikan, saya diminta untuk menulis banyak hal berbeda, perawatan, ramuan, prosedur kosmetik, formula produk, dan masih banyak lagi. Satu topik yang selalu membuat saya agak bingung adalah parfum. Saya sungguh tidak mengerti sama seperti saya tidak mengerti tentang ramuan awet muda atau keuntungan pijat untuk mengurangi getah bening.

Mungkin ini berkaitan dengan teka-teki dari sifat dasar wangi-wangian. Anda tidak bisa melihatnya, namun dengan cepat menyadari efeknya dalam pikiran, suasana hati, dan jiwa. Tidak bisa diraba, namun saat Anda mencium sedikit saja wangi sari tumbuhan tertentu dapat mengantar Anda ke sebuah tempat dan waktu yang berbeda, menenangkan, menyenangkan, atau membuat Anda bersemangat.

“Bahasa misterius dari wewangian akan sangat baik jika selalu diungkapkan dengan metodologi asli dari intisari alam,” menurut seorang ahli parfum, Janie Dallas-Kelly, pendiri French Kiss Fragrances (FKF). “Itu adalah atom terkecil dari wangi-wangian.”

“Minyak terapi yang memiliki harum alami memiliki elemen yang dapat bermanfaat bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Elemen tersebut meningkatkan kesehatan mental, membuat perilaku menjadi baik, dan menghidupkan pikiran.”


MANFAAT ALAMI

Ketika Dallas-Kelly meluncurkan FKF pada tahun 2008, dia memilih parfum berbahan alami daripada parfum komersil. Padahal prosesnya lebih sulit dan keuntungan yang didapat lebih sedikit. Lalu mengapa ia lebih memilih parfum alami?

“Saya adalah seorang naturopath dan ahli parfum, dan saya ingin tetap berada di jalur tersebut,” katanya. “Parfum-parfum komersil pastinya memiliki tempat mereka sendiri, tapi ada banyak hal atau sifat positif dari minyak terapi alami, salah satunya adalah fakta bahwa ia memiliki reaksi alergi jauh lebih kecil.”

“Pada parfum komersil, seringkali ditemukan ribuan bahan kimia sintetis, tidak diperoleh dari bunga atau benih, namun dibuat di pabrik. Bahan sistetis ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, perasaan yang labil, atau iritasi kulit.”

Menyebabkan alergi ataupun tidak, kita akan mendapatkan manfaat dari parfum alami dan dari bahan bahan yang digunakan.

“Lavender telah terbukti dapat menenangkan dan baik untuk meredakan sakit kepala,” tutur Dallas-Kelly. “Banyak wewangian lainnya yang terbukti dapat menyejukkan dan mengurangi stress.”


DAYA TAHAN

Karena formulanya yang berbahan tumbuh-tumbuhan, wangi-wangian alami memiliki daya tarik yang lebih besar untuk kulit dan cenderung lebih baik digunakan.

“Wewangian ini tetap hidup di kulit,” kata Dallas-Kelly. “Mereka dikemas dengan tangan dan bukan di pabrik. Mereka juga tidak tengik sehingga meningkatkan daya tahan.”

Cara Menggunakannya

Parfum alami kebanyakan berbahan dasar minyak, hingga cara mengunakannya dapat menjadi sebuah ritual yang cantik.

Untuk menggunakanya, oleskan atau semprotkan dengan perlahan ke kulit yang sudah dibersihkan – antara dada, lipatan sikut, pergelangan tangan, tengkuk leher, dan belakang telinga. Saat darah mengalir di bawah kulit, kehangatannya mendorong parfum tersebut untuk bekerja secara maksimal.