Training Tips | FITNESS | 9 months ago
Aqua Zumba: Fit Dan Fun Di Dalam Air
Aqua Zumba membawa makna baru terhadap gagasan olahraga yang menyegarkan. Ini menggabungkan irama Zumba dan tarian Amerika Selatan dengan pool party, menawarkan olahraga yang menyenangkan sekaligus menantang karena dilakukan di dalam air, serta mengencangkan tubuh. 
14 December 2018 16:24
Text by Astri Suciati

Aqua Zumba membawa makna baru terhadap gagasan olahraga yang menyegarkan. Ini menggabungkan irama Zumba dan tarian Amerika Selatan dengan pool party, menawarkan olahraga yang menyenangkan sekaligus menantang karena dilakukan di dalam air, serta mengencangkan tubuh.

Meskipun cuaca mungkin dingin selama musim hujan ini, tapi keadaan masih tetap hot di kolam (kami tidak berbicara tentang suhu air). Yang kami maksud adalah beberapa kelas kebugaran baru yang menyenangkan yang membuat kehebohan di dalam kolam, seperti Aqua Zumba ini.

 

Apa itu Aqua Zumba?

Aqua Zumba menggabungkan beberapa elemen tradisional kelas kebugaran dalam air (seperti jumping jacks dan ski lintas alam) dengan gerakan tarian Latin dan musik Zumba yang terkenal bersemangat.

 

Apa yang diharapkan di kelas Aqua Zumba?

Dikenal sebagai Zumba ‘pool party’, kelas Aqua Zumba berlangsung sekitar satu jam lamanya dan dipandu oleh instruktur. Irama cepat dan lambat dikombinasikan dengan latihan ketahanan untuk membuat Anda berkeringat. Seperti tarian Latin di air Anda akan menari dan lebih bugar dengan gaya Zumba seperti salsa, mambo, chachacha, soch, dan samba.

Tapi jangan berharap untuk melakukan gerakan tarian yang berlebihan. Temponya lebih lambat dari Zumba biasa dikarenakan ketahanan airnya. Anda akan melakukan gerakan otot besar seperti:

  • Merentangkan tangan Anda ke atas dan mengangkat kaki Anda di air.
  • Memutar pinggul dan bahu Anda dengan lambat namun sungguh-sungguh.

Aqua Zumba berbeda dengan aerobik aqua. Aerobik berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Zumba membuat Anda melakukan sesuatu yang berbeda sesuai dengan verse, chorus dan bahkan bridge dari sebuah lagu.

Jika Anda ingin sedikit lebih bugar dan merupakan tipe orang yang harus mengayunkan pinggul sesuai lagu yang tepat, maka Aqua Zumba adalah olahraga untuk Anda. Anda juga akan membakar sekitar 350 kalori per kelas.

 

Apa manfaatnya?

Karena kelas kebugaran Aqua Zumba ini membuat kita terus bergerak tanpa henti selama 55 menit penuh, olahraga ini memberikan latihan kardio low-impact yang sangat baik, dengan gerakan yang terinspirasi tarian Latin yang benar-benar fokus pada otot-otot inti yang dikombinasikan dengan latihan penguatan otot yang bekerja baik di tubuh bagian atas dan bawah untuk rutinitas olahraga total-body yang menyenangkan.

 

Siapa yang paling cocok mengikuti Aqua Zumba?

Mengingat sifat low-impact dari kelas ini, Aqua Zumba cocok untuk pemula dan penggemar fitness Zumba. Karena gerakannya dilakukan pada kecepatan yang lebih lambat daripada di darat (yang sering disebut sebagai "aqua tempo"), Anda tidak harus menjadi penari untuk bisa sukses di kelas ini karena gerakan kaki yang terampil dijaga seminimal mungkin. Tapi jangan biarkan kecepatan yang lebih lambat di kelas olahraga air ini membuat Anda terlena. Anda masih akan mendapatkan latihan yang sangat baik karena viskositas air (resistensi yang kita rasakan saat bergerak di air), yang membuat gerakan semakin menantang bahkan ketika gaya tumbukan pada persendian Anda berkurang secara signifikan.

 

Hal yang perlu diingat

Seperti halnya kelas kebugaran kelompok apapun, penting untuk mencari instruktur yang berkualifikasi, idealnya seseorang yang saat ini memegang sertifikasi instruktur kebugaran kelompok atau, paling tidak, sertifikasi khusus yang komprehensif, disamping menyelesaikan pendidikan lanjutan yang berhubungan dengan aqua fitness tertentu, termasuk kursus pelatihan instruktur Aqua Zumba.