Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Bagaimana Cara Menghilangkan Stress
TENTU SAJA KITA SEMUA PERNAH MERASAKAN STRESS DALAM HIDUP. BERIKUT, ANNE SELBY MEMBERIKAN BEBERAPA SARAN YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MENGHILANGKAN STRESS.
23 October 2017 15:47
Text by Webmaster

MEDITASI DI PAGI HARI

Cobalah untuk duduk dengan posisi senyaman mungkin, biarkan tangan Anda lemas di atas paha Anda dan nyamankan wajah Anda, leher dan juga bahu. Cobalah tarik nafas secara perlahan dengan sesantai dan senyaman mungkin. Jauhkan segala kekhawatiran yang Anda miliki dalam hidup. Perhatikan beberapa bagian tubuh yang Anda pikir sedang dalam keadaan tegang dan coba untuk membuatnya nyaman berbarengan dengan hembusan nafas Anda.

Tutup mata Anda dan rasakan setiap hembusan nafas Anda. Mulailah untuk menghitung setiap pernafasan Anda: hirupan pertama, hembusan kedua, hirupan ketiga dan seterusnya. Cobalah untuk tetap membuat pernafasan Anda stabil. Sementara Anda menghitung pernafasan,coba alihkan perhatian Anda pada sensasi keluar masuknya udara melalui hidung Anda.

Jika Anda gagal dalam menghitung pernafasan tersebut, cobalah lagi dari awal. Hitung pernafasan Anda sekitar 5 menit,lalu buka mata secara perlahan,hirup nafas kembali sedalam mungkin lalu regangkan badan Anda.


SEGARKAN DIRI ANDA DI DALAM MOBIL

Cobalah meditasi ini dikala Anda terjebak kemacetan atau dikala stress datang dalam perjalanan Anda. Duduk tegak dan biarkan pandangan Anda tetap lurus ke depan. Biarkan lengan Anda bergantung lemas di sisi tubuh Anda. Angkat bahu setinggi mungkin, lalu lepaskan secara perlahan, lakukan kegiatan ini kurang lebih 9 kali.

Setelah bahu Anda turun ke posisi semula, cobalah putar bahu Anda ke depan namun pastikan posisi kepala tidak berubah. Secara otomatis bentuk lengan Anda akan berubah dimana bagian belakangnya kini mulai menuju ke depan, tetapi pastikan Anda melakukan ini secara tidak sadar. Setelah itu, cobalah untuk mengangkat pundak Anda lagi hingga hampir menyentuh telinga, lalu putarkan ke belakang agar tulang belikat Anda teremas secara bersamaan.

Berhati-hatilah agar tulang punggung Anda tidak terlalu melengkung, karena akan berbahaya.

Lalu jatuhkan bahu Anda ke posisi semula. Ulangi sebanyak 9 kali, putarkan bahu ke depan 4 kali, lalu kembalikan sebanyak 4 kali, lalu ke depan lagi sebanyak 5 kali dan seterusnya. Jika terjadi ketegangan pada leher Anda, jatuhkan kepala Anda selemas mungkin ke posisi depan untuk kembali membuatnya nyaman.


MEREDAKAN SAKIT KEPALA

Pilihlah kamar tidur yang benar-benar tenang. Tutup tirai jendelanya dan jika diperlukan, Anda bisa memainkan beberapa music santai. Masukan 8 tetes lavender atau minyak esensial berbau mawar ke dalam semangkuk air. Rendam handuk wajah Anda ke dalam mangkuk tersebut beberapa saat.Peras handuk tersebut, berbaringlah dan tutup badan Anda dengan selimut. Letakan handuk tadi tepat di atas dahi Anda lalu tutup mata Anda. Bersantailah sekitar 5 menit. Fokuskan diri Anda dalam bernafas dan lemaskan semua otot pada tubuh Anda. Jika ada pemikiran yang mengganggu dalam otak Anda, segera hilangkan pemikiran tersebut agar tetap bisa fokus dalam bersantai.


TENANGKAN JANTUNG

Duduklah dengan nyaman di sebuah kursi atau bersila dengan punggung yang menempel di dinding. Regangkan tangan Anda ke atas lalu biarkan kedua tanga tersebut jatuh ke sisi Anda dengan lemas. Menguaplah sebesar mungkin dan biarkan diri Anda tetap dalam keadaan santai. Tutup mata Anda.

Biarkan kesadaran Anda untuk bergerak di setiap bagian tubuh Anda, periksa setiap tubuh yang Anda resa sedang dalam perasaan tegang lalu buatlah bagian tubuh tersebut hingga menjadi lemas. Sekarang, fokuskan diri Anda dalam pernafasan, rasakan naik turunnya nafas di sekitar perut Anda. Bernafas lah sedalam mungkin selama 1 menit dan rasakan sensasi santai yang Anda buat.

Cobalah untuk tertawa selebar mungkin hingga gerakan mulut Anda menyebar ke seluruh bagian tubuh, termasuk bagian perut. Walaupun tawa yang Anda buat terlihat sangat palsu, cobalah untuk membiarkannya dan tetap membuat tawa tersebut mengambil alih bagian dari tubuh Anda.

Mulailah untuk menikmati setiap tawa yang Anda lakukan dan rasakan pengaruhnya pada sisi emosional diri Anda. Tertawalah selama 1 menit penuh. Kemudian tenangkan kembali diri Anda dan lihat perubahannya pada tubuh Anda. Anda akan terkejut setelah melihat hasilnya dimana Anda akan merasa sangat santai dan nyaman.


MEDITASI TIDUR SANTAI

Berbaringlah di lantai dengan ditutupi oleh selimut. Rasakan setiap bagian pada kaki kiri Anda: tumit, jari kaki, telapak kaki dan bagian atas kaki. Secara sadar, berbicaralah pada diri Anda sendiri: “kini kaki kiri saya dalam keadaan santai. Kaki kiri saya santai.” Bawa hal tersebut ke alam sadar Anda dan ulang lah percakapan tadi: “kaki kiri saya santai dan kaki kiri saya kini telah benar-benar santai dan nyaman.”

Ulangi meditasi tadi pada bagian kaki kanan Anda. Terus lakukan hal ini pada seluruh bagian tubuh Anda seperti perut, punggung, lengan, tangan dan wajah (rahang, dagu, pipi, hidung, bibir, mata, alis, dahi, telinga) dan pada akhirnya termasuk juga seluruh kepala Anda.

Ketika Anda fokus pada beberapa bagian tubuh, cobalah untuk menggunakan dialog yang relevan dengan kondisi bagian tubuh Anda. Rasakan bagian tubuh Anda mengambang bebas dari segala ketegangan, pikiran yang santai namun tetap sadar akan keadaan sebenarnya.