Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
Bagaimana Cara Rubah Hidup Untuk Lebih Sehat?
Tidak ada waktu yang lebih baik selain memulainya dari sekarang.
20 September 2017 19:35
Text by Webmaster

Jadi anda ingin hidup lebih sehat namun tidak tahu harus memulai dari mana? Ahli kesehatan dan ahli nutrisi, Jan McLeod memiliki beberapa cara yang bisa anda lihat hasilnya, dimulai dari sekarang.


Jauhkan telepon genggam anda sebelum tidur

Menurut McLeod, telepon genggam dan komputer anda bisa memancarkan sinar biru yang bisa berbahaya untuk tubuh anda.

Cahaya tersebut bisa mempengaruhi keproduksian melatonin, sebuah hormon yang memiliki hubungan dengan kegiatan istirahat anda. Namun anda tidak perlu panik, salah satu caranya adalah dengan menjauhkan sinar dari komputer anda ketika anda akan pergi tidur.


Optimalkan makan pagi anda

Menurut McLeod, menukar roti panggang dengan makanan yang lebih sehat seperti roti dengan tomat dan telur atau semangkuk muesli dengan youghurt bisa memberikan makronutrisi pada tubuh anda. Pada akhirnya, anda akan merasa lebih puas dnegan menurunnya kebutuhan akan makanan manis di pagi hari. Dan jika anda memilih untuk mengkonsumsi bubur yang mengandung asam amino tryptophan pada serotonin, anda pun akan merasa lebih puas dan lebih berenergi.


Menghirup nafas

Stress bisa mempengaruhi kesehatan anda, membuat berat badan anda naik dan juga hal-hal lainnya. Menurut McLeod, cobalah untuk berhenti dan tarik nafas untuk sementara dalam beberapa kali. Taktik ini telah dibuktikan bahwa memiliki fungsi yang sangat optimal. Sebuah penelitian di Himalayan Institute of Medical Sciences menemukan fakta bahwa menahan nafas secara tidak teratur bisa menurunkan tekanan darah, jadi cobalah untuk tetap bernafas dengan teratur.


Perbanyak serat

McLeod mengatakan bahwa serat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan anda. Hal ini mempengaruhi pergerakan usus, membantu menghilangkan kolesterol, memperlama rasa kenyang setelah makan dan bahkan menumpulkan dampak glisemik makanan. Untuk bisa mendapatkan 25-30 gram perharinya, cobalah untuk menambahkan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam makanan anda atau coba cari siplemen yang mengandung serat. Psyllium adalah suplemen yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan serat dalam makanan anda jika anda makan lebih banyak sayuran.


Seimbangkan kadar kandungan

McLeod menyarankan bahwa pastikan apabila makanan anda 50% terdiri dari sayuran, 25% karbohidrat dan 25% protein. Tubuh manusia tentu saja ingin seimbang dalam beberapa hal. Agar bisa seimbang, anda harus terus diberi asupan makanan yang penuh dengan nutrisi. Pastikan dalam makanan anda terdapat keseimbangan kadar nutrisi yang bisa membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat.