Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Berapa Banyak Cemilan Yang Bisa Dimakan Dalam Sehari Untuk Menurunkan Berat Badan?
Ngemil itu baik atau buruk? Bisakah ngemil setelah makan membantu mengendalikan berat badan atau justru malah membuatmu ingin makan lebih banyak?
17 October 2017 14:41
Text by Webmaster

Gagasan mengenai makan dengan porsi yang kecil tapi lebih sering itu sebenarnya sederhana: cukup jumlahkan keseluruhan asupan kalori dalam sehari dan bagi menjadi beberapa porsi kecil dalam makanan bisa membantu mengendalikan rasa lapar, meningkatkan asupan nutrisi, meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengontrol insulin dan gula bahkan dapat menstimulasi daya tahan tubuh. Banyak yang berpendapat bahwa ngemil bisa membantu menahan rasa lapar dan mengendalikan emosi.

Tapi semua itu tergantung dari jenis cemilan yang dikonsumsi.

Di zaman sekarang ini, dimana banyak perusahaan yang memproduksi cemilan untuk para konsumen yang sebagian besar terobsesi dengan kebiasaan ngemil, banyak jenis makanan ringan yang kaya akan energy dan kalori. Oleh karena itu perlu diperhatikan berapa banyak Kamu makan cemilan tersebut tergantung dari jenisnya.


Berapa banyakkah porsinya?

Berdasarkan sebuah penelitian baru, makan tiga kali sehari itu hanyalah mitos. Faktanya manusia makan sepanjang waktu!

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui apakah membatasi waktu makan dapat membantu menurunkan berat badan. Ada sebanyak 156 peserta dalam penelitian tersebut dan hasilnya memperlihatkan bahwa lebih dari sebagian peserta tersebut makan selama 15 jam atau bahkan lebih dalam sehari. Ini berarti mengurangi waktu makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Akan tetapi dibandingkan dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Dietetic, penelitian ini terbilang kecil. Dalam jurnal tersebut dibuktikan secara ilmiah hubungan antara frekuensi makan dalam sehari dalam mempengaruhi berat badan dan kesehatan. Makan lebih sering ternyata tidak membantu meningkatkan metabolism, namun ini semua lebih berkaitan dengan jumlah yang dimakan setiap harinya, bisa tiga hingga enam kali sehari dalam porsi yang kecil. Dengan kata lain ngemil bisa membantu mengontrol berat badan selama itu dilakukan untuk menambah makanan diluar porsi normal yang biasa dikonsumsi dalam sehari, bukan untuk menyeimbangkan jumlah porsi makanan yang dikonsumsi.


Bagaimana dengan anak-anak?

Makanan ringan cukup penting untuk dikonsumsi anak-anak karena mereka membutuhkan nutrisi yang cukup dalam sehari untuk memenuhi tingkat metabolisme dan pertumbuhan mereka yang cepat. Terlebih lagi, anak-anak tidak mudah merasa lapar seperti orang dewasa. Porsi yang mereka makan pun lebih sedikit. Jadi makan setiap beberapa jam sekali dapat membantu meningkatkan energy mereka.

Anak-anak sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti susu, yogurt dan susu serta sayuran dan buat. Batasi cemilan yang kaya akan energy seperti biscuit, kue dan minuman yang mengandung banyak gula.


Seperti apa cemilan yang sehat itu?

Kuncinya adalah dengan mendapatkan kombinasi berbagai macam nutrisi dari setiap cemilan. Makan cemilan yang hanya mengandung karbohidrat halus seperti krakers tidak akan memberikan banyak manfaat. Kadar gula dalam darah akan naik, kemudian turun lagi. Pilihlah makanan yang kaya akan serat dan protein sebagai cemilan, misalnya:

  • Buah segar
  • Kacang-kacangan (porsi kecil)
  • Yogurt alami (150 gram) dicampur dengan kayu manis dan buah sebagai pemanis
  • Smoothie buah (porsi kecil) – batasi penggunaan susu dan bahan lainnya
  • Trail Mix (satu kotak kecil)
  • Popcorn plain (satu cup)
  • Dua kraker gandum dengan keju, hummus atau alpukat
  • Stik sayur dengan saus yang kaya protein


Yang perlu diketahui

Tidak ada aturan pasti mengenai pola makan yang ideal. Seberapa banyak jumlah makanan dan perlukan mengkonsumsi cemilan, semua itu tergantung selera pribadi masing-masing. Jika pola makan yang sekarang dilakukan bisa membantu mengurangi berat badan, bahkan menghentikan penambahan berat badan, maka gunakanlah pola tersebut meskipun Kamu hanya sekedar iseng mencoba.

Kalau Kamu sulit menghindari cemilan, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dan konsumsi dalam jumlah yang sedikit.

Sederhana bukan? Ngemil bisa membantumu tetap berenergi, mengisi kekurangan nutrisi dalam makananmu dan membuatmu tidak mudah merasa lapar.

Jadi, bagaimana, Kamu ngemil atau tidak?