How To Beauty | BEAUTY | 1 year ago
Berapa Kali Rambut Harus Dicuci?
Menurut  beberapa ahli, tidak ada aturan yang pasti. Semua tergantung jenis sampo  yang digunakan, jenis rambut dan berapa sering rambut terpapar matahari  dan kotoran.
30 August 2017 17:16
Text by Astri Suciati

Pertanyaan mengenai kecantikan yang paling tahan lama: mencuci rambut, penting atau tidak?

Menurut beberapa ahli, tidak ada aturan yang pasti. Semua tergantung jenis sampo yang digunakan, jenis rambut dan berapa sering rambut terpapar matahari dan kotoran.


Jenis Sampo yang Tepat

Ada dua jenis sampo – yang berbasis asam dan berbasis alkalin. Biasanya sampo beralkaline lebih murah dan dapat dengan mudah ditemukan di supermarket dan dibuat dengan bahan SLES atau sodium lauryl sulphate. Bahan inilah yang membuat sampo berbusa. Sebaliknya, sampo berbasis asam kebanyakan dijual di salon dan tidak mengandung SLES sehingga lebih lembut saat digunakan. Kamu bisa sering-sering keramas jika menggunakan sampo berbasis asam karena penggunaan sampo berbahan alkaline yang terlalu banyak dapat merusak rambut.


Produksi Minyak

Salah satu alasan kenapa Kamu perlu mencuci rambut adalah untuk menghilangkan minyak berlebih. Sebenarnya rambut punya minyak alami sendiri, tapi jika terlalu banyak justru bisa membuat rambut licin dan lengket. Menariknya, rambut Kita memproduksi jumlah minyak yang berbeda-beda. Jadi seberapa sering Kamu mencuci rambut harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Beberapa orang mengalami rambut lepek karena minyak hanya dalam hitungan jam saja sedangkan yang lain mungkin bisa bertahan beberapa hari tanpa keramas.

Jenis rambut juga harus disesuaikan dengan intensitas keramas. Rambut yang tebal dan keriting tidak perlu terlalu sering dikeramas seperti rambut yang tipis dan rapuh karena semakin tipis rambut maka semakin mudah pula menyerap minyak. Jadi kalau rambutmu tipis, cucilah setiap hari untuk menghilangkan minyak berlebih dan pilih sampo berbasis asam.


Berapa Banyak Sampo yang Digunakan?

Ukuran lubang pada botol sampo merupakan pengukur berapa banyak sampo yang perlu digunakan. jika lubangnya besar, berarti sampo mengandung banyak air sehingga Kamu perlu menggunakan lebih banyak. Kalau lubangnya kecil, biasanya shamponya padat. Jadi cukup ambil sedikit saja untuk digunakan.


Kapan Kamu Tidak Perlu Sampo

Berhenti menggunakan sampo sama sekali tentu saja tidak mungkin, tapi ada waktu dimana Kamu tidak perlu mencuci rambutmu dan menggantinya dengan pembersih yang lebih alami dan aman. Sesekali berikan jeda agar rambut tidak terus menerus terpapar bahan kimia pada sampo. Kamu bisa mencuci rambut menggunakan air saat waktu jeda tersebut namun jangan berhenti menggunakan sampo karena kotoran dan minyak pada rambut tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan air.