Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Cara Alami Membersihkan Isi Perutmu
Lisa Guniardi membagikan beberapa tips untuk membersihkan perutmu.
23 October 2017 20:24
Text by Webmaster

(Q) CARA APA YANG PALING EFEKTIF UNTUK MEMBERSIHKAN USUS SECARA ALAMI? SAYA SUDAH MENGKONSUMSI SERAT NAMUN TIDAK  CUKUP BERPENGARUH UNTUK MEMBERSIHKAN PERUT.

(A) Untuk memaksimalkan kesehatan, penting sekali untuk menyeimbangkan kesehatan bakteri baik di dalam perut. Bakteri di dalam perut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan sistem pencernaan yang sehat.

Pertumbuhan hama buruk seperti bakteri, jamur dan parasite yang berlebihan di dalam perut biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, stress, penggunaan antibiotic, pil kontrasepsi atau konsumsi alkohol. Faktor-faktor tersebut dapat memproduksi racun yang menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran pencernaan yang dapat memicu kurangnya penyerapan nutrisi di dalam tubuh dan melemahkan sistem imun serta mengurangi kesehatan secara umum.

Ada banyak obat alami yang bisa membantu membersihkan usus dan hama yang mengganggu serta membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di dalam perut.

Dua jenis bahan herbal yang bisa digunakan untuk menghilangkan hama berbahaya dari usus adalah wormwood dan kenari hitam, yang memiliki sifat anti mikroba, akti bakteri dan anti jamur.

Makan bawang putih juga bisa membantu membersihkan parasite di dalam ususmu. Bawang putih mengandung zat anti bakteri, jamur dan virus. Bawang putih juga memiliki manfaat tambahan lain yang dapat membantu bakteri baik di dalam perut berkembang biak.

Kelapa juga bisa membantu membunuh parasite yang ada pada sistem pencernaan. Minyak kelapa yang diolah melalui cold pressing mengandung rantai asam lemak sedang (caprylic, capric, asam lauric) yang mengandung zat anti jamur dan bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur.

Jus lidah buaya memiliki efek membersihkan dan detoksifiksi alami di dalam usus sehingga dapat membantu memelihara kesehatan fungsi sistem pencernaan. Lidah buaya juga mengandung pencahar alami yang bermanfaat untuk mereka yang sering mengalami sembelit karena zat tersebut berkhasiat menghilangkan racun dan parasite dari usus secara efektif.

Mengkonsumsi serat juga tidak kalah pentingnya untuk membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik serta mencegah sembelit. Buah, sayur, kacang-kacangan dan gandum utuh adalah sumber serat terbaik. Cara mudah untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan mengkonsumsi psyllium husks atau slippery elm. Dua makanan yang kaya serat tersebut dapat dicampurkan pada sereal atau smoothie, yogurt dan juga jus buah.

Konsumsi probiotik juga penting untuk mengembalikan kesehatan bakteri baik di dalam usus. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi suplemen probiotik. Makanan yang kaya akan probiotik juga bisa dikonsumsi misalnya yogurt yang mengandung bakteri aktif, kefir dan miso.