Training Tips | FITNESS | 4 months ago
Cara Baru Untuk Tetap Aktif Bergerak Dan Bugar Bersama MoveFIT By 20FIT
Satu lagi studio kebugaran di bawah payung The FIT Company yang terintegrasi dengan 20FIT: moveFIT by 20FIT. Masih berada satu atap dengan 20FIT, studio baru ini menampilkan kelas-kelas yang ditargetkan untuk peserta dengan kondisi khusus seperti ibu hamil, habis melahirkan, peserta usia senior, atau untuk orang-orang yang tidak bisa mengikuti olahraga intensitas tinggi.
25 April 2019 22:21
Text by Astri Suciati


The FIT Company baru saja meluncurkan studio baru yakni moveFIT by 20FIT. Ya, studio ini memang menyatu dengan 20FIT dan menjadi bagian dari program latihan di studio berteknologi EMS tersebut. Berbeda dari kelas-kelas yang umumnya ada di studio kebugaran biasa, moveFIT by 20FIT menyuguhkan kelas yang didesain khusus untuk meningkatkan stamina, fleksibilitas dan ketahanan tubuh, dengan mengombinasikan beberapa gerakan yoga, mobility workout dan stretching sebagai fondasi gaya hidup aktif.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Prianka Bukit, Managing Director dan Co-founder The FIT Company kepada kami beberapa waktu lalu, moveFIT adalah studio untuk orang-orang 'berkebutuhan khusus' agar dapat terus bergerak secara aktif dan sehat. Berkebutuhan khusus ini maksudnya orang-orang dengan kondisi seperti ibu hamil, yang tidak bisa berolahraga ala 20FIT namun tetap harus menjaga kesehatannya, maka telah disiapkan kelas Pre-Maternity dan Post-Maternity. Lalu untuk orang-orang yang tidak bisa berolahraga high intensity, mereka siapkan kelas-kelas low intensity seperti kelas Mobility dan Advanced Motion. 

Menariknya lagi, program di moveFIT ini akan diintegrasikan juga dengan program personalized diet plan yang disediakan oleh Slim Gourmet, salah satu unit bisnis The FIT Company yang bergerak di bidang katering sehat. Jadi tak sekadar menawarkan program olahraga saja namun juga berikut pengaturan nutrisi melalui paket menu sehat yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu. Dengan demikian misi sehat atau body goals yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal, entah itu menurunkan berat badan, mempertahankan, atau menaikkannya.

Ada enam kelas baru yang telah disiapkan, yaitu:


Active Recovery Training

Ini adalah latihan intensitas rendah yang membantu pemulihan tubuh, dengan menggabungkan relaksasi dan peregangan lembut sehingga Anda akan merasa tenang dan rileks sesudahnya.


Stretch & Flexi

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko otot tertarik serta membantu pemulihan cedera punggung. Bisa juga dilakukan setelah sesi EMS karena dapat mengurangi ketegangan otot.


Pre-maternity FIT

Latihan ini ditujukan bagi wanita yang ingin tetap fit semasa kehamilan.


Post-maternity FIT

Latihan ini bertujuan membantu wanita untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh dan energi setelah melahirkan.


Advanced Motion

Latihan ini menantang penggemar yoga dengan pose-pose yang lebih sulit.


Mobility Class

Latihan ini dirancang untuk Anda yang suka bergerak bebas dan memacu stamina.


Saya mendapat kesempatan untuk hadir di acara open house moveFIT yang bertempat di 20FIT Sinabung (Senayan), sekaligus mencoba sesi kelas yang ditampilkan saat itu, di antaranya Active Recovery, Mobility, dan Stretch & Flexi. Sayangnya saya tidak mencoba Mobility karena kelasnya sudah penuh. 

Kelas pertama adalah Active Recovery. Latihan ini memiliki ritme gerakan yang cukup pelan karena memang jenis latihan intensitas rendah. Didominasi banyak gerakan peregangan ringan namun sungguh-sungguh yang melibatkan lengan, badan dan kaki, misalnya meregangkan salah satu kaki ke belakang sejauh mungkin dengan salah satu lutut ditekuk, duduk sambil melebarkan kaki kemudian salah satu tangan menyentuh ujung jari kaki, dan beberapa gerakan lainnya. 




Saya sempat mengobrol dengan trainernya, ia mengatakan bahwa pada dasarnya latihan ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan tubuh sebelum masuk ke olahraga berikutnya. Jadi memang semacam pemanasan agar otot-otot tubuh menjadi lemas dan rileks hingga siap menerima pergerakan dengan intensitas yang lebih tinggi. Karena bertujuan untuk relaksasi dan tidak melibatkan gerakan-gerakan yang menghentak dengan ritme yang cepat, maka jangan mengharapkan untuk mandi keringat di kelas latihan ini. 

Berikutnya kelas yang saya ikuti adalah Stretch & Flexi. Sebenarnya agak mirip dengan Active Recovery dari segi gerakan, yakni banyak gerakan peregangan / stretching namun lebih menantang kemampuan, dengan ritme yang jauh lebih pelan lagi, seperti yoga dan meditasi. Salah satu gerakan yang berfungsi membantu memulihkan nyeri punggung misalnya menekuk salah satu lutut ke depan dada dan kaki yang satunya lurus ke belakang sambil tubuh tertelungkup sejajar dengan lantai serta kedua tangan direntangkan lurus ke depan. Bahkan beberapa gerakan lainnya juga serupa dengan pose yoga seperti child’s pose (balasana), corpse pose (shavasana) dan lain-lain. Semua pose atau gerakan dilakukan dalam sepuluh hitungan. Diiringi musik lembut yang mengalun, kelas ini juga cocok untuk pekerja kantoran yang kesehariannya banyak duduk sehingga mengakibatkan otot pinggang dan punggung menjadi kaku dan tegang.

Semua kelas ini berdurasi 45 menit dengan trainer yang komunikatif dan perhatian. Setelah sesi latihan selesai, kami disuguhi beberapa jenis finger food yang telah disiapkan oleh Slim Gourmet yaitu Broccoli Patties dengan jumlah kalori 45.8 / pcs, Albondigas Vegetarian Croquette dengan kalori 91.8 / pcs, dan Fresh Spring Roll yang mengandung 65.1 Kalori / pcs. Tak ketinggalan sebuah jar besar berisi lemon infused water tersedia di salah satu meja, didampingi sekotak produk healthy snack bar, semuanya disediakan untuk para peserta open house moveFIT by 20FIT.