Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Cara Berenang Lebih Cepat Dan Lebih Lama
BAGAIMANA JIKA KAMI MEMBERITAHU BAHWA ANDA DAPAT BERENANG DENGAN KECEPATAN TINGGI TANPA MEMBUTUHKAN TEKNIK YANG SEMPURNA?
06 November 2017 21:13
Text by Webmaster

Jika Anda menonton 20 atlet renang terbaik di dunia dalam kolam berenang yang sama, Anda akan melihat 20 gaya berenang yang berbeda. Mereka dapat berenang dengan cepat di mana kebanyakan dari kita hanya bisa melakukannya dalam mimpi. Gaya yang mereka gunakan sempurna, namun faktor umumnya adalah bahwa mereka berenang selama 90 menit perhari dan telah melakukannya selama bertahun-tahun.

DUA HAL SEDERHANA

Atlet profesional James Cunnama, juara renang jarak jauh Challenge Roth 2012, mengatakan, “Pelatih saya mengatakan gaya saya ‘seperti sebuah lukisan’. Satu-satunya masalah adalah bahwa saya tidak cepat. Saya hanya perlu berlatih lagi untuk meningkatkan kebugaran.”

“Beberapa orang dalam timnya tidak terlihat seperti perenang hebat, tapi mereka berenang dengan kecepatan yang tidak bisa dipercaya.” Dari pengalamannya, Cunnama berpendapat bahwa gaya berenang yang indah tidak penting. Dari segala kerumitannya, seni dari berenang sesungguhnya membutuhkan dua hal sederhana ini:

  1. Jumlah kayuhan: berapa kayuhan yang bisa dilakukan dalam 1 menit.
  2. Jarak kayuhan: seberapa jauh jarak yang tercapai dalam satu kayuhan.

TINGKATKAN JUMLAH KAYUHAN

Perenang kelas elite memiliki kecepatan 75-90 kayuhan permenit, sementara kelas triathlon 50-60 kayuhan permenit. Jika Anda dapat meningkatkan jumlah kayuhan Anda, tanpa mengurangi jarak kayuhan, Anda akan berenang lebih cepat.

Jumlah kayuhan Anda tergantung pada kebugaran Anda, semakin bugar Anda, semakin cepat dan bertenaga gerakan tangan Anda di dalam air. Sementara itu, jarak kayuhan tergantung pada teknik yang Anda miliki, semakin baik teknik yang Anda miliki, semakin efisien Anda bergerak di dalam air. Ada keterkaitan antara keduanya karena jumlah kayuhan akan meningkat sejalan dengan peningkatan teknik, dan jarak kayuhan akan meningkat ketika Anda lebih bugar dan kuat.

KONSISTENSI DAN PELATIHAN

Kesimpulannya adalah bahwa Anda harus melatih dua hal ini saat Anda berenang. Yang pertama adalah berenang secara teratur dan progresif, sama seperti berlatih lari atau bersepeda. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih bugar, memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah kayuhan.

Hal kedua adalah mencari bantuan pelatihan untuk meningkatkan teknik Anda agar gerakan Anda di dalam air menjadi lebih efisien (jarak kayuhan). Sebagai hasil dari latihan yang teratur, Anda juga akan meningkatkan sentuhan atau sensitifas saat berada dalam air. Dengan kata lain, Anda dilatih untuk mengetahui apakah Anda bergerak dengan baik atau tidak saat berada di dalam air, dan cara membetulkannya.

Namun jika Anda tidak bisa mendapatkan pelatihan secara teratur, Anda masih dapat fokus untuk meningkatkan jumlah kayuhan. Hal ini membutuhkan kerja keras dan latihan yang konsisten agar kebugaran dan sentuhan Anda meningkat. Memiliki cara untuk mengukur jarak kayuhan Anda cukup penting sehingga Anda tahu kemampuan Anda berkembang.