Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
Cara Melindungi Mata Anak
Pemeriksaan yang Anda lakukan hari ini dapat menyelamatkan penglihatan anak Anda saat menjadi dewasa.
20 September 2017 17:36
Text by Astri Suciati

Banyak gangguan penglihatan yang dimulai sejak kanak-kanak, ketika mereka lebih mudah disembuhkan.

Pemeriksaan yang Anda lakukan hari ini dapat menyelamatkan penglihatan anak Anda saat menjadi dewasa. Itulah pesan dari RANZCO Eye Foundation of The Royal Australian and New Zealand College of Ophthalmologists, yang menjelaskan bahwa delapan tahun pertama dalam kehidupan anak adalah waktu yang penting bagi perkembangan mata dan penglihatan.

Yang membuat delapan tahun pertama ini penting adalah bahwa gangguan mata tertentu dapat disembuhkan jika dimulai dari dini. “Jika masalah ini tidak diperhatikan, kerusakan dan kehilangan penglihatan dapat menjadi permanen,” kata Profesor Frank Martin, seorang ahli mata dan anggota dari RANZCO.


Mata malas dan juling

Kebanyakan orang mengingat teman sekelas saat masih kecil yang mengenakan kacamata dengan panggilan “mata malas” atau “juling”. Istilah medis untuk kondisi seperti ini adalah amblyopia dan strabismus, dan mereka perlu diobati saat usia anak masih dini.

Strabismus adalah gangguan mata yang paling umum dan terjadi ketika mata melihat ke arah yang berbeda. Amblyopia adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi cara mata menyampaikan pesan ke otak. Pengobatan untuk kedua kondisi ini biasanya melibatkan kacamata, patch mata dan latihan, dan harus dimulai sebelum usia delapan tahun agar bisa sembuh. Menurut RANZCO, “seorang anak tidak akan mengatasi mata juling”.

Jika Anda melihat adanya perubahan dalam penglihatan anak Anda atau kebiasaan seperti menggosok mata, sakit kepala atau konsentrasi yang buruk, periksakan matanya secepat mungkin,” kata Martin.


Hal yang dapat dilakukan orangtua

Ajak anak-anak keluar:

Penelitian dari Inggris telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah pada usia delapan sampai sembilan tahun lebih kecil kemungkinannya untuk terkena rabun ayam pada usia 15.


Makanan untuk mata:

Studi yang berhubungan dengan diet yang tinggi asam lemak omega-3 (seperti yang ditemukan dalam ikan dan sayuran hijau) dan antioksidan dapat membantu menjaga penglihatan.


Periksakan mata anak Anda:

Anak-anak harus diperiksakan matanya sebelum mereka mulai sekolah karena gangguan penglihatan awal dapat berdampak besar pada saat belajar dan pada perilaku mereka.


Berikan kacamata:

mata anak-anak dianggap lebih rentan terhadap kerusakan UV, tapi kacamata dapat membantu untuk menghentikan kerusakan mata di saat dewasa.