Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
Cara Memulai Olahraga Setelah Menjalani Operasi Caesar
"Saya baru saja menjalani operasi Caesar bulan lalu, berapa lama saya harus menunggu sebelum saya mulai berolahraga?"
09 November 2017 13:47
Text by Astri Suciati

Operasi Caesar adalah operasi besar, yang melibatkan sayatan yang dalam melalui otot perut dan rahim Anda.

Anda seharusnya tidak melakukan pekerjaan mengangkat benda berat atau olah raga berat setidaknya 8 minggu sampai luka Anda sembuh.

Pada pemeriksaan enam minggu Anda dengan Dokter Ginekologi atau Dokter kandungan Anda, Anda dapat mendiskusikan apakah Anda dapat melakukan olah raga atau tidak.

Jika ada komplikasi, jangan patah semangat. Jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk sembuh bervariasi pada setiap orang.

Jika Anda memutuskan untuk segera berolahraga lagi tanpa sepengetahuan praktisi medis Anda atau memaksakan diri Anda terlalu keras, Anda dapat menyebabkan luka serius yang membahayakan pada tubuh Anda, seperti melonggarkan jahitan Anda atau merobek otot perut Anda lebih jauh.

Bersikaplah lembut pada tubuh Anda. Ingatlah, butuh sembilan bulan untuk menambah berat badan, maka Anda perlu memberi diri Anda setidaknya 12 bulan untuk menurunkannya.

Jika Anda masih merasa frustrasi atas kenaikan berat badan setelah melahirkan, berikut 5 alasan bagus mengapa Anda tidak perlu terburu-buru menurunkan berat badan setelah melahirkan.

1. Tahukah Anda bahwa kehilangan berat badan terlalu banyak melalui diet atau latihan intensitas tinggi dapat mempengaruhi suplai air susu Anda atau bahkan menghentikannya sepenuhnya!

2. Menghilangkan terlalu banyak kalori dari makanan Anda atau melalui olahraga berat juga dapat merugikan kesehatan mental dan emosional Anda, bila kadar hormon Anda masih ada di tempatnya. Tidak ada yang menginginkan ibu yang lebih pemarah, lelah, dan emosional di dalam rumah. Terutama bila hal itu mempengaruhi waktu ikatan Anda dengan si kecil. Ibu yang bahagia sama dengan rumah yang bahagia!

3. Kurang tidur di malam hari ditambah kelelahan yang amat sangat akibat olahraga dan mengikuti diet rendah kalori dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Kehilangan berat badan terlalu cepat juga bisa menyebabkan ekstra stretchmark atau selulit dan kulit kendur. Pikirkan berapa banyak kulit perut yang teregang saat Anda hamil, yang juga mempengaruhi pantat dan paha. Kulit Anda perlu mengisi ulang produksi kolagennya untuk mendapatkan kembali elastisitas dan kekencangannya.

5. Bagi para ibu yang habis menjalani operasi Caesar, dibutuhkan waktu 6 bulan agar tubuh Anda sembuh setelah melakukan operasi besar ini. Beberapa ibu juga perlu beberapa waktu untuk sembuh setelah vagina yang robek saat melahirkan. Sangat penting bahwa Anda memeriksakan diri dengan Dokter kandungan Anda sebelum memulai olahraga apa pun setelah melahirkan. Ingat setiap orang memiliki kemampuan untuk sembuh yang berbeda-beda.

Kuncinya adalah bersikap baik terhadap tubuh Anda dan ingat bahwa butuh waktu sembilan bulan untuk menambah berat badan sehingga Anda harus memberi diri Anda jumlah waktu yang sama untuk menurunkannya!